img_title
Foto : Wonosobo Zone

IntipSelebWonosobo memang terkenal sebagai daerah yang kerap dijadikan sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya. Tapi jangan salah, kuliner Wonosobo juga nggak kalah menarik buat ditelusuri. Bahkan, masih ada banyak tempat makan hidden gems di Wonosobo.

Nah, buat kamu yang berencana untuk liburan ke Wonosobo, Jawa Tengah, nggak ada salahnya kalau kamu berwisata kuliner untuk menjelajahi sederet tempat makan hidden gems di Wonosobo agar liburanmu semakin lengkap.

Penasaran apa saja? Yuk langsung saja simak sederet rekomendasi tempat makan hidden gems di Wonosobo berikut ini!

Nasi Megono Bu Murni

Babad.id
Foto : Babad.id

Tempat makan hidden gems di Wonosobo yang pertama adalah Nai Megono Bu Murni. Warung makan ini berlokasi di berada di dalam gang dengan tempatnya yang terbilang sangat sederhama. Tempat makan dan dapur masaknya menjadi satu, sehingga kesan rumahan pun sangat kental terasa.

Warung makan ini menyediakan dua menu spesial, yaitu Nasi Megono dan Tempe Kemul. Semua makanan tersaji dalam kondisi panas sehingga cocok untuk udara Dieng yang dingin. Harga makanan di tempat ini juga cukup murah, sebab seporsi nasi megono hanya Rp3 ribu saja.

Alamat: Jl. KH. Abdurrahman Wahid No. Km. 1, Anget, Kalianget, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu pukul 16.00 – 18.00 WIB

Harga: Rp 3 ribu – Rp10 ribu per orang

Mie Ongklok Longkrang

Nawacita Post
Foto : Nawacita Post

Rekomendasi tempat makan hidden gems di Wonosobo selanjutnya adalah Mie Ongklok Longkrang. Seperti diketahui, Mie Ongklok merupakan salah satu makanan khas Wonosobo, jadi kamu akan menemukan banyak sekali penjual mie ongklok. Tapi, jika kamu mencari warung makan mie ongklok yang hidden gems dan lezat, kamu bisa mengunjungi tempat ini.

Kamu bisa menikmati mie ongklok legendaris tersebut dengan berbagai menu tambahan lainnya, termasuk sate daging yang paling diminati. Warung makan ini berlokasi di pinggir jalan dan cocok dikunjungi oleh wisatawan yang hendak ke arah Dieng.

Alamat: Longkrang, Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wnosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 06.00 – 20.00 WIB

Harga: Rp10 ribu – Rp30 ribu per orang

Warung Entok Bu Siti

Wonosobo Zone
Foto : Wonosobo Zone

Jika berkunjung ke Wonosobo, wajib hukumnya makan di Warung Entok Bu Siti. Tempat makan di Wonosobo yang satu ini mengusung tema prasmanan, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan seleramu. Tapi, menu terfavorit di sini adalah Opor Entok.

Suasana tempat makan ini seperti berada di dapur pedesaan yang sangat tradisional dan bahkan masaknya masih menggunakan kayu bakar. Rasa daging entok yang lembut dan tidak amis serta suasana yang tradisional menjadikan para pengunjung betah makan di sini.

Alamat: Ngadiwongso, Kalikajar, Kec. Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 – 19.00 WIB

Harga: Rp25 ribu – Rp50 ribu per orang

Ayam Goreng Lumpang

Suarabaru.id
Foto : Suarabaru.id

Rekomendasi tempat makan hidden gems di Wonosobo selanjutnya adalah Ayam Goreng Lumpang. Menu favorit di sini adalah ayam dengan kremesan yang nikmat. Tipikal sambal yang digunakan di sini adalah sambal korek yang pedas dan gurih.

Tempat makan di Wonosobo ini masuk ke dalam gang dan masih dekat dengan terminal bus Wonosobo. Dengan warung yang tak terlalu luas, maka kebanyakan pengunjung membeli untuk dibawa pulang ke rumah.

Alamat: Jl. Perum Purnamandala, Jl. Terminal Wonosobo, Perum Purnamandala, Bumireso, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 08.00 – 20.00 WIB

Harga: Rp20 ribu – Rp40 ribu

Polaris Sea Food

Restaurant Guru
Foto : Restaurant Guru

Bagi pecinta seafood jangan khawatir, sebab di Wonosobo juga ada lho tempat makan seafood, yaitu Polaris Seafood. Kuliner di Wonosobo ini menyediakan aneka olahan laut yang nikmat.

Walaupun lokasi tempat makan hidden gems di Wonosobo yang satu ini masuk ke dalam gang di jalan Mataraman, Wonosobo. Tapi, soal rasa jangan diragukan, ya!

Ada banyak menu yang bisa kamu coba di Polaris Seafood, tapi olahan ikan bakar jadi menu terfavorit yang wajib kamu coba di sana.

Alamat: Mataraman rt 01 rw 05 no 69, Jl. Mataraman, Wonosobo Timur, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 16.00 – 21.00 WIB

Harga: Rp100 ribu – Rp125 ribu per orang

Nasi Goreng Pertelon

Horego.com
Foto : Horego.com

Rekomendasi tempat makan hidden gems di Wonosobo selanjutnya adalah Nasi Goreng Pertelon. Dulu, warung makan ini berada di pertigaan jalan namun sekarang pindah ke samping Puskesmas Kejajar dekat dengan Rest Area Dieng.

Menu makanan di sini hanya Nasi Goreng saja yang bercita rasa gurih, enak dan tentunya nikmat disantap panas-panas.

Nasi goreng di sini cukup unik karena tidak seperti kebanyakan nasi goreng yang menggunakan ayam suwir. Sebab, di sana nasi goreng disajikan dengan ayam asam manis dan telur ceplok.

Alamat: Jl. Telaga Warna, Kalilembu, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 17.00 – 22.00 WIB

Harga: Rp15 ribu – Rp30 ribu

Empal Bu Sri

Wonosobo Zone
Foto : Wonosobo Zone

Empal Bu Sri merupakan tempat makan legendaris di Wonosobo yang telah bertahan selama 3 generasi dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke Wonosobo. Di sini, menu utamanya adalah nasi pecel sayur kluban sawah khas Wonosobo dengan lauk empal.

Nggak cuma empal daging, ada berbagai macam pilihan jeroan yang tersedia di warung makan ini. Walaupun tempatnya sederhana, tapi menu yang disajikan sangatlah istimewa.

Alamat: Jl. Bhayangkara, Ngepelan, Wonosobo Bar., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 07.15 – 14.00 WIB

Harga: Rp25 ribu – Rp50 ribu

Lontong Tetel

Rekomendasi tempat makan hidden gems di Wonosobo selanjutnya adalah Lontong Tetel. Warung makan ini cukup strategis dan mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan besar.

Menu utama dari tempat makan ini adalah lontong tetel dengan berbagai pilihan dagingnya. Ada dua kuah yang bisa kamu pilih, yaitu kuah segar untuk yang tidak pedas dan kuah kemlecer untuk kuah yang pedas.

Alamat: Jl. Sabuk Alu No. 39, Wonosobo Timur, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 – 21.30 WIB

Harga: Rp15 ribu – Rp25 ribu

Warung Bobor Mbak Pawit

Story & Laugh
Foto : Story & Laugh

Walaupun sayur bobor menjadi menu yang difavoritkan di warung ini, tapi Warung Bobor Mbak Pawit nggak hanya menyediakan sayur bobor saja lho, melainkan ada beragam menu makanan Jawa tradisional lainnya.

Warung makan ini termasuk legendaris karena sudah berdiri sejak puluhan tahun silam dan masih mempertahankan cita rasanya. Selain itu, harga makanannya masih cukup terjangkau.

Alamat: Jl. Angkatan 45 No.15, Wonosobo Timur, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam buka: Senin – Minggu, 08.00 – 16.00 WIB

Harga: Rp15 ribu – Rp25 ribu

Nah, itulah sederet rekomendasi tempat makan hidden gems di Wonosobo yang bisa kamu coba ketika sedang berkunjung ke kota di atas awan tersebut. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait