img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Belakangan ini, pilates sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Banyak orang yang mencoba menjajal jenis olahraga yang ini sebagai rutinitas kebugarannya, entah itu melakukannya di tempat gym, maupun di rumah.

Pilates sendiri merupakan metode latihan yang dikembangkan oleh Joseph Pilates, berupaya memperkuat inti, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental secara umum.

Pilates dipraktikkan dengan peralatan khusus (kereta atau matras) yang dirancang untuk menargetkan otot-otot dalam di perut, punggung, dan panggul. Ini membantu meningkatkan pernapasan dan konsentrasi serta membangun koordinasi dan keselarasan.

Manfaat Pilates

Pinterest
Foto : Pinterest

Manfaat pilates bagi kesehatan dan kebugaran juga tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Yuk simak selengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas

Fleksibilitas adalah jumlah regangan pasif pada otot. Mobilitas adalah rentang gerak pada suatu sendi. Meskipun mobilitas yang baik membutuhkan fleksibilitas, namun juga membutuhkan kekuatan. Mobilitas adalah sesuatu yang harus dikejar.

Fleksibilitas mungkin memungkinkanmu untuk mencapai batas yang dalam dalam suatu peregangan, tetapi itu bukanlah fleksibilitas fungsional. Latihan pilates terus bergerak cepat, dengan transisi yang lancar antara tindakan yang tepat, lambat, dan dipantau.

Kebanyakan gerakan Pilates merupakan latihan integrasi dan bukan sekadar peregangan. Selain itu, latihan yang memungkinkanmu untuk memperkuat, meregangkan, dan mengontrol tubuh Anda dengan hati-hati, meningkatkan otot sekaligus meningkatkan kelenturan.

2. Meningkatkan stabilitas inti

Pilates menekankan dan memperkuat otot inti, yang membantu mengurangi nyeri punggung dan pinggul, serta disfungsi dasar panggul, dan merupakan sumber gerakan eksplosif. Dengan berfokus pada otot-otot ini, Pilates membantu meningkatkan pergerakan tubuh secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Pilates memiliki beberapa manfaat kesehatan mental yang dapat dicapai dengan mengembangkan fokus dan konsentrasi. Pilates mengatasi kecemasan dan depresi dengan mendorong relaksasi dan memfasilitasi produksi endorfin melalui penciptaan kesadaran akan gerakan dan pernapasan.

Selain itu, saat kamu menjadi lebih bugar, postur tubuh, mobilitas, dan kekuatanmu meningkat, membuatmu lebih percaya diri, yang berdampak positif pada pikiranmu.

4. Meningkatkan kualitas hidup

Pilates memiliki potensi untuk meningkatkan kehidupanmu secara luar biasa. Kamu bisa menjadi lebih fleksibel, lebih kuat, dan lebih sadar akan tubuh. Pilates juga meredakan sakit punggung sekaligus meningkatkan mobilitas sendi, keseimbangan atau koordinasi.

Pilates juga mengajari seseorang bagaimana seharusnya bernapas untuk mengurangi tingkat kecemasan sehingga meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan kesehatan mental.

Dengan demikian, vitalitas fisik dan kualitas tidur yang prima serta rasa percaya diri yang lebih kuat dapat ditingkatkan menuju taraf hidup yang lebih baik.

5. Peningkatan energi dan vitalitas

Pilates adalah cara yang bagus untuk meningkatkan suasana hati dan merevitalisasi tubuh agar terasa segar. Ini membantu meningkatkan sirkulasi, oksigenasi, dan drainase limfatik untuk mengisi ulang pikiran dan tubuhmu yang memberikan dorongan energi alami yang bertahan selama berjam-jam.

Tips Pilates untuk Pemula

Pinterest
Foto : Pinterest

Berikut beberapa tips pilates untuk pemula yang mempermudah praktik gerakan pilates, terlebih saat melakukannya pertama kali.

1. Instruktur yang berkualifikasi

Pilates berfokus pada gerakan tubuh yang tepat dan menyewa instruktur berkualifikasi yang dapat memandumu menjalani latihan dapat membantumu mencapai hasil yang diinginkan.

2. Mulailah dengan dasar-dasar, lalu naikkan level secara bertahap

Mulailah dengan kelas tingkat pemula untuk mempelajari dasar-dasarnya. Pilates melibatkan teknik dan prinsip khusus yang paling baik dipahami sejak awal.

3. Fokus pada bentuk dan pernapasan yang benar

Pilates melibatkan gerakan tubuh yang tepat dan pola pernapasan yang terkoordinasi untuk melatih otot yang benar, oleh karena itu penting untuk hadir dan fokus sepenuhnya.

4. Dengarkan tubuhmu

Pilates bisa menjadi hal yang intens, terutama bagi pemula. Dengarkan tubuhmu dan mulai dari dasar, lalu naikkan levelmu secara bertahap seiring dengan meningkatnya kekuatan dan fleksibilitasmu.

5. Konsistensi adalah kuncinya

Seperti rutinitas kebugaran lainnya, konsistensi adalah kuncinya jika kamu ingin mencapai hasil yang diinginkan. Bertujuan untuk konsistensi untuk membangun kekuatan dan meningkatkan fleksibilitas.

6. Tetap mindfull

Pilates adalah latihan fisik dan mental. Tetap mindfull selama sesimu, dan fokus pada setiap gerakan tubuh, dan pernapasan sangat penting untuk latihan khusus ini.

Jika kamu ingin membangun kekuatan, meningkatkan fleksibilitas, atau sekadar meningkatkan kesehatan fisik dan mental, Pilates memiliki sesuatu untuk semua orang. Kamu bisa memulai perjalanan menuju dunia Pilates, dan temukan efek transformatifnya pada tubuh dan pikiranmu. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait