img_title
Foto : Freepik/poringdown

IntipSeleb – Pernahkah kamu mendengar istilah you are what you eat? Istilah tersebut memiliki makna bahwa apa yang kita makan akan sangat berpengaruh pada kondisi kita. Lebih detailnya, penting untuk memiliki usus yang lebih sehat agar dapat menjalani hidup yang bersih dan sehat.

Usus yang bersih penting untuk fungsi kekebalan tubuh karena dinding usus menjadi penghalang bagi berbagai virus, jamur, dan bakteri jahat untuk memasuki aliran darahmu. Ini juga menyebabkan kulit lebih sehat dalam jangka panjang.

Ada banyak manfaat menjaga kesehatan usus, termasuk dari segi penampilan kita. Dengan memperhatikan apa yang kita makan dan menjaga kebersihan usus kita, maka perut pun akan tampak langsing dan tidak buncit.

Nah, berikut ini IntipSeleb menyediakan sederet cara mengatasi perut buncit dan meningkatkan kesehatan usus dirangkum dari Lifestyleasia.

Cara Mengatasi Perut Buncit dan Meningkatkan Kesehatan Usus

Pinterest
Foto : Pinterest

Perut buncit adalah musuh banyak orang. Bahkan, perut bncit bisa mengindikasikan kondisi kesehatan seseorang, lho. Makanya, banyak orang berlomba-lomba untuk mencari tahu cara mengatasi perut buncit. Berikut ini cara mengatasi perut buncit yang bisa kamu praktikkan.

1. Mengunyah makanan sampai halus

Cara kita mengonsumsi makanan sama pentingnya dengan apa yang kita makan. Mengunyah makanan dengan benar sampai semuanya rusak membantu dan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan usus kita.

Semakin banyak makanan dipecah, semakin mudah dicerna dan memudahkan penyerapan semua nutrisi dengan lebih baik. Mengunyah makanan secara menyeluruh adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari rasa kembung.

2. Membatasi asupan kafein

Meskipun kamu tidak dapat sepenuhnya menghilangkan asupan kafein, kurangi saja. Kafein memiliki efek langsung pada sfingter esofagus bagian bawah (LOS), yaitu sekelompok otot kecil yang berada di antara esofagus dan lambung, sehingga menyebabkannya rileks. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan makanan bergerak mundur, sehingga memicu gangguan pencernaan dan mulas pada beberapa orang.

3. Mengonsumsi probiotik dan makanan fermentasi

Bakteri menguntungkan di usus yang disebut probiotik dapat ditingkatkan dengan konsumsi probiotik dan makanan fermentasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik menghasilkan mikrobioma usus yang sehat, dan dapat mencegah peradangan usus dan masalah usus lainnya.

Makanan seperti sayuran yang difermentasi, kefir, kimchi, kombucha, miso, asinan kubis, dll merupakan sumber probiotik yang baik dan sangat bermanfaat jika kamu mencari cara untuk meningkatkan kesehatan usus dan cara mengatasi perut buncit yang membandel.

4. Mengurangi gula dan pemanis tambahan

Makan banyak gula dan pemanis menyebabkan disbiosis usus, ketidakseimbangan mikroba usus. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pola makan tinggi gula memengaruhi mikrobioma usus, yang berdampak pada otak dan perilaku.

Penggunaan pemanis buatan juga telah terbukti berdampak negatif pada kadar glukosa darah karena pengaruhnya terhadap flora usus. Oleh karena itu, pemanis buatan dapat meningkatkan gula darah dan tidak sehat bagi ususmu.

5. Mengurangi stres

Mengelola stres memiliki banyak manfaat, termasuk usus yang lebih sehat. Faktor stres seperti stres psikologis, stres lingkungan, kurang tidur, dll. dapat berdampak negatif terhadap kesehatan usus. Beberapa cara tepat untuk mengurangi stres guna meningkatkan kesehatan usus adalah meditasi, latihan pernapasan dalam, dan relaksasi otot progresif.

6. Olahraga dan latihan fisik secara teratur

Kita bahkan tidak bisa mulai menyangkal betapa pentingnya latihan fisik sebagai salah satu cara meningkatkan kesehatan usus. Pada tahun 2014, sebuah penelitian menunjukkan bahwa atlet memiliki variasi flora usus yang lebih banyak dibandingkan orang biasa.

Untuk menjaga kesehatan usus dan gaya hidup sehat secara keseluruhan, orang dewasa disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit dalam seminggu.

7. Mengonsumsi kismis yang direndam

Kismis yang direndam bisa sangat baik untuk kesehatan ususmu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah merendam seikat kismis semalaman, saring dan keesokan paginya, lalu panaskan airnya.

Minuman ini dikenal dapat melancarkan pencernaan, mengeluarkan racun dari tubuh, dan kaya akan berbagai nutrisi penting dan antioksidan. Apa yang kamu perlukan jika kamu sedang mencari cara untuk meningkatkan kesehatan ususmu.

8. Tidur cukup

Cara mengatasi perut buncit selanjutnya yang cukup mendasar namun kerap diabaikan adalah tidur cukup. Kebiasaan tidur yang tidak teratur dan gangguan tidur dapat berdampak buruk pada flora usus. Kurang tidur juga menyebabkan peningkatan tingkat stres, seperti yang disebutkan sebelumnya, sehingga berdampak negatif secara keseluruhan pada kesehatan usus.

Singkatnya, jika kesehatan adalah kekayaan, sebagian besarnya disebabkan oleh kesehatan usus. Mengembangkan kebiasaan gaya hidup yang sederhana namun sehat dapat sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan usus dan dengan demikian berbagai masalah pun bisa teratasi, seperti mengatur berat badan, masalah kulit, masalah pencernaan, mengatasi perut buncit dan banyak lagi.

Topik Terkait