img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Selain membekali diri dengan kemampuan akademik, banyak calon mahasiswa baru yang mencari tahu cara jadi populer di kampus. Hal ini cukup penting dilakukan bagi mereka yang ingin menjaring relasi yang baik.

Dengan menjadi populer di kampus, seorang mahasiswa akan dikenal banyak orang, mulai dari kalangan dosen, mahasiswa seangkatan, junior, senior, dan lainnya. Dengan dikenal oleh seantero kampus, tentu ada sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Tapi, perlu diingat bahwa menjadi populer di kampus tentu harus dalam hal yang positif ya. Jangan sampai namamu populer dan diingat terus-menerus dengan kesan yang buruk atau bahkan karena kasus yang pernah menjeratmu.

Nah, untuk menjadi mahasiswa populer di kampus, tentu susah susah gampang. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok mempersiapkan diri sedini mungkin. Penasaran nggak sih gimana caranya? Yuk langsung saja simak sederet cara jadi populer di kampus berikut ini!

Cara Jadi Populer di Kampus

Freepik/ Racool_studio
Foto : Freepik/ Racool_studio

1. Aktif di kelas

Cara jadi populer di kampus yang paling ampuh adalah dengan menjadi mahasiswa yang aktif di kelas. Dengan menjadi mahasiswa yang aktif, kamu akan menjadi pusat perhatian, baik bagi teman sekelas maupun dosen pengajar. Dosen akan dengan cepat mengenali jika seseorang aktif di kelas, seperti misalnya bertanya dan menjawab pertanyaan dari dosen.

Ketika dosen sudah mulai mengenali dan mengetahui nama mahasiswa, dengan cepat namanya akan selalu diingat dan sering disebut namanya di kelas. Ini bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk menjadi eksis di kampus.

Jika kamu bisa aktif di semua mata kuliah, para dosen akan sering membicarakanmu. Jika sudah ada banyak dosen yang mengingatmu, ada kemungkinan mereka akan memintamu untuk membantunya melakukan sesuatu, seperti misalnya melakukan penelitian, mengerjakan sebuah proyek, bahkan menjadi asisten dosen, dan lainnya.

Dengan membantu proyek dosen, jalanmu akan semakin terbuka untuk bertemu dengan banyak orang di dalam maupun di luar kampus. Dengan demikian, secara otomatis maka lingkaran pertemananmu akan semakin luas.

Tapi, perlu diingat bahwa menjadi aktif di kampus juga harus diimbangi dengan keilmuan yang luas dan etika yang baik, sehingga orang tidak akan mengecapmu sebagai sosok ‘tong kosong yang nyaring bunyinya’ semata.

2. Mengikuti organisasi

Cara jadi mahasiswa populer di kampus selanjutnya adalah dengan mengikuti berbagai macam organisasi di kampus, salah satunya adalah BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa, dan masih banyak organisasi kampus lainnya.

Seperti diketahui, organisasi memang seringkali digunakan oleh mereka yang ingin menjadi populer di kampus. Sebab, pengaruh organisasi terhadap popularitas mahasiswa terbilang sangat besar, lho.

Dengan mengikuti organisasi, maka kamu akan semakin sering berhubungan dengan orang-orang di kampus. Dengan demikian lingkar pertemananmu akan semakin luas dan tentunya namamu akan dikenal secara luas.

Semakin aktif dan mengikuti berbagai acara untuk menjadi panitia dan lain sebagainya, maka semakin mudah juga orang-orang akan mengenalimu.

Tapi, kamu tidak perlu terlalu ambisius dengan mengikuti terlalu banyak organisasi di kampus, malah bisa-bisa kamu tidak bisa fokus dan bingung membagi waktu. Cukup satu organisasi saja asalkan fokus dan serius di organisasi tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi panitia penyelenggara untuk berbagai acara kampus, sehingga namamu akan dikenal secara lebih meluas.

3. Jadilah unik

Buatlah dirimu berbeda dengan yang lain, berbeda dengan yang lain akan membuatmu sering diingat dan diperhatikan orang lain. Ingat, jangan sampai membuat orang lain merasa risih dan ilfeel melihatmu kalau kamu ingin menjadi populer.

Menjadi unik di sini artinya kamu harus menunjukkan apa yang tidak orang lain miliki pada umumnya, misalnya jika kamu hobi berkomedi, cobalah untuk melakukan itu sesekali untuk memecahkan suasana di lingkup pertemananmu.

Tidak perlu malu untuk menjadi berbeda dengan orang lain, sebab hal ini justru akan menjadikanmu sebagai pusat perhatian. Jika kamu hanya biasa saja dan sama seperti yang lainnya, pastikan tidak ada orang yang memperhatikan karena tidak ada sesuatu yang unik dan menarik dari dalam dirimu.

4. Ikuti hobi

Cara jadi populer di kampus selanjutnya adalah dengan unjuk hobi. Ikuti hobimu untuk menarik orang-orang yang mengenalmu, dan membawamu pada popularitas di kampus. Jangan pernah ragu untuk melakukan ini sebab ini akan berguna di masa yang akan datang, termasuk dalam dunia kerja.

Di kampus, ada komunitas atau organisasi yang bisa mewadahi hobimu, yakni UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Di sana, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang mempunyai minat dan hobi yang sama denganmu, sehingga akan menambah motivasimu untuk mengembangkan diri, dan tentunya akan menambah circle pertemananmu.

Misalnya, jika kamu hobi bermain musik dan mempunyai suara yang bagus, kamu bisa mengikuti UKM musik atau choir. Dari sana, kamu bisa mengikuti kompetisi musik di kampus maupun di luar kampus, bahkan hingga taraf internasional, lho. Selain itu, kamu juga bisa membuat band kampus dan diundang di acara-acara jurusan, fakultas, hingga universitas. Yang jelas, kamu akan sangat populer!

5. Ramah dan supel

Cara jadi populer di kampus selanjutnya adalah menjadi orang yang ramah dan supel. Dengan menjadi supel, kamu akan mudah bergaul dan membuat orang tertarik untuk mendekat, ingin mengenal dan ingin menjalin pertemanan denganmu. Semakin banyak teman, maka kamu akan semakin dekat juga dengan popularitas.

Untuk menjadi orang yang supel, ada satu hal yang sepele tapi wajib kamu lakukan, yaitu senyum. Tersenyum adalah bentuk keramahan yang bisa dilakukan oleh semua orang tapi buktinya tidak semua orang mau melakukannya. Jadi, bermurahsenyumlah!

6. Menjadi koordinator kelas

Menjadi koordinatro eklas juga bisa menjadi salah satu cara jadi populer di kampus. Biasanya, koordinator kelas akan membantu teman-teman untuk melakukan apa yang bisa dilakukan secara kolektif.

Posisimu sebagai koordinator kelas membuatmu akan selalu dicari dan diingat keberadaannya. Selain itu, kamu juga bisa menjembatani antara dosen dan mahasiswa, terkait jadwal kuliah, mtugas, dan lainnya.

7. Perhatikan cara berpakaianmu

Memang kita tidak disarankan untuk melihat buku dari cover-nya saja, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan adalah hal pertama yang kita lihat dari seseorang. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memperhatikan apa yang kita kenakan sehari-hari.

Tidak perlu membeli baju-baju yang mahal dan bermerek, cukup mengenakan pakaian yang rapi, bersih, wangi dengan padu padan yang pantas.

Jika kamu memiliki gaya fashion tertentu, kamu bisa mengeksplor dan mengimplementasikan dalam gaya berpakaianmu sehari-hari. Dengan demikian, orang bisa mengingatmu dari caramu berpakaian yang khas.

Nah, demikianlah sederet cara jadi populer di kampus yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu sebagai mahasiswa baru di universitas. Semoga bermanfaat, ya, Inselicious!

Topik Terkait