img_title
Foto : Rawpixel.com/freepik.com

IntipSeleb – Minuman kopi masih digemari oleh anak muda. Tak ayal, asupan kafein yang dikonsumsi oleh anak muda terbilang dalam jumlah yang banyak.

Padahal, mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan risiko yang paling fatal yakni kematian. Yuk, intip bahaya kafein berlebihan lewat Me Time by Kata Dokter di bawah ini!

Risiko Paling Fatal dari Asupan Kafein Berlebihan

valeria_aksakova/freepik.com
Foto : valeria_aksakova/freepik.com

Hait-hati bagi kamu pecinta kopi. Pasalnya, kafein memiliki dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan.

Seperti keterangan dr. Gammarida Magfirah dalam YouTube Kata Dokter, efek buruk asupan kafein yang berlebihan dapat berupa berdebar-debar, tremor, hingga penyakit mental seperti anxiety atau serangan panik.

Nggak cuma itu, kematian adalah risiko yang paling fatal dari asupan kafein yang berlebihan.

Tapi, jangan khawatir, seseorang bisa saja merasa baik-baik saja walaupun mengonsumsi kafein yang banyak. Pasalnya, ini bergantung pada sensitivitas seseorang terhadap stimulus tersebut.

Efek samping dari mengonsumsi kafein yang berlebihan biasanya adalah rasa cemas, rasa gelisah, tidak bisa tidur, wajah merah, sering buang air kecil, detak jantung meningkat, dan gangguan lambung

Batas Asupan Kafein per Hari

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Intinya, ingat asupan kafein orang dewasa yang sehat hanya 400 mg sehari. Tapi toleransi kafein setiap orang berbeda-beda, tergantung kesehatan dari tubuh masing-masing.

Walau demikian, penting diingat jika kafein adalah zat adiktif. Nantinya, tubuh akan mengalami ketergantungan kepada kopi sehingga mendorong konsumsi yang terlalu sering.

Kandungan kafein dalam kopi merupakan zat adiktif yang bisa menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis pada seseorang yang mengkonsumsinya terlalu sering,” ujar dr. Gammarida Magfirah, di YouTube Kata Dokter.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi kafein secara bijak, jangan terlalu berlebihan ya guys. Ingat, ada dampak buruk dari konsumsi kafein yang berlebihan, bahkan risiko paling fatalnya adalah kematian.

Topik Terkait