img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSelebPenang, Malaysia, terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang kaya. Terlebih lagi, banyak tempat wisata di Penang.

Buat kamu yang pengen liburan seru ke Penang, wajib banget nih cek beberapa rekomendasi tempat wisata berikut!

1. Kuil Tow Boo Kong

penang
Source: penang travel tips

Kuil Tow Boo Kong di Butterworth wajib dikunjungi! Kuil megah ini merupakan kuil Kaisar Dewa Sembilan pertama di Penang dan menjadi pusat perayaan Festival Sembilan Kaisar Dewa yang meriah. Selain arsitekturnya yang memukau, kamu juga bisa mengikuti berbagai kegiatan budaya dan religi di sini. Aksesnya pun mudah, tinggal naik bus Rapid Penang dan turun tepat di depan kuil.

2. Street of Harmony

Jalan Kapitan Keling, atau yang dikenal dengan Street of Harmony, adalah simbol toleransi di Penang. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai tempat ibadah seperti Kuil Hindu Sri Mahamariamman (tertua di Penang), Gereja St. George (tertua di Asia Tenggara), dan Masjid Kapitan Keling. Jangan lupa mampir juga ke Little India yang tak jauh dari sana!

3. Pantai Kerachut

penang
Source: Academy Capture the Atlas

Terletak di Taman Nasional Penang, Pantai Kerachut menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Di sini, kamu bisa menemukan danau unik yang merupakan pertemuan air laut dan air tawar. Pantai ini juga merupakan tempat konservasi penyu belimbing dan hijau. Datanglah di malam hari untuk melihat penyu bertelur di pesisir pantai! Camping di dekat pantai pun bisa menjadi pilihan seru. Akses ke pantai bisa dengan berjalan kaki menyusuri hutan Taman Nasional Penang atau menyewa perahu.

4. Penang Bridge

penang
Source: Lexis Suitest Penang

Saat mengunjungi Penang dari darat, kamu pasti akan melewati Penang Bridge. Jembatan megah ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia dan terpanjang di Asia Tenggara (13,5 km). Kemegahan jembatan bebas hambatan ini menjadi daya tarik wisata tersendiri.

5. Bukit Penang

Bukit Penang adalah ikon wisata Penang yang menawarkan panorama pulau yang menakjubkan. Untuk mencapai puncak, kamu bisa naik kereta kabel dan menikmati pemandangan dari dek pandang.

6. Tropical Spice Garden

penang
SourcE: Klook

Tropical Spice Garden adalah taman seluas 8 hektar yang ditanami 500 jenis tanaman obat dan rempah-rempahan. Taman ini terbagi menjadi 3 zona: spice trail, ornament trail, dan june trail. Jangan khawatir, taman ini tetap cantik dengan berbagai tanaman hias, paku-pakuan, dan air terjun mini buatan. Fasilitas taman bermain dan kelas memasak pun tersedia untuk anak dan orang tua.

7. Wonderfood Museum

penang
Source: klook

Wonderfood Museum adalah museum yang menyimpan informasi dan pengetahuan seputar dunia kuliner Malaysia. Di sini, kamu bisa mempelajari bahan makanan, sejarah teknologi pengolahan makanan, dan melihat replika kuliner yang sangat detail dan realistis.

Nah, itu dia rekomendasi tempat wisata di Penang Malaysia. Selamat jalan-jalan!

Topik Terkait