img_title
Foto : KamranAydinov/freepik

IntipSeleb – Menjelang libur long weekend yang bertepatan dengan libur Hari Raya Waisak yang jatuh pada 23 Mei 2024, penting untuk merencanakan libur panjang agar waktu liburmu tidak terbuang dengan sia-sia.

Seperti diketahui, libur panjang akhir pekan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Banyak orang yang memanfaatkan waktu libur panjang untuk menjernihkan pikiran di sela-sela kesibukan atau urusan lainnya.

Mengapa perlu merencanakan libur panjang? Sebab, kita memerlukan persiapan yang lebih matang, mulai dari anggaran, rencana perjalanan, hingga kondisi kesehatan kita sebelum pergi ke tempat wisata.

Tentu kamu menginginkan momen long weekend ini berjalan sesuai dengan harapanmu, bukan? Yuk langsung saja simak sederet tips merencanakan libur panjang berikut ini!

Tips Merencanakan Libur Panjang

Freepik/jcomp
Foto : Freepik/jcomp

Berikut ini beberapa tips merencanakan libur panjang di akhir pekan bersama dengan keluarga, teman, pasangan atau orang-orang tersayangmu.

1. Mempersiapkan anggaran

Hal terpenting dari persiapan liburan panjang adalah mempersiapkan anggaran khusus untuk traveling. Hal ini sangat penting dan esensial untuk dilakukan setiap kali hendak libur panjang agar cash flow-mu tidak terganggu.

Kamu bisa mulai mengumpulkan anggaran sejak beberapa waktu sebelumnya. Liburan secara mendadak dengan mengandalkan pemasukan satu bulan hanya akan membuatmu tekor.

Anggaran liburan tersebut nantinya perlu kamu bagi sesuai dengan pos-posnya, seperti misalnya untuk kebutuhan primer (transportasi, penginapan dan makanan) dan kebutuhan tersier (tiket masuk tempat wisata dan oleh-oleh).

2. Pesan tiket dan akomodasi jauh-jauh hari

Tips merencanakan libur panjang selanjutnya adalah dengan membeli tiket transportasi dan akomodasi jauh-jauh hari. Harga tiket dan akomodasi saat libur panjang biasanya akan cenderung lebih mahal. Dengan memesan lebih awal, kamu akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Selain memesan jauh-jauh hari, kamu juga bisa berburu diskon dan promo menarik di berbagai platform untuk mendapatkan penawaran yang menarik sekaligus bisa menghemat budget-mu.

3. Tentukan destinasi liburan dengan jelas

Sebelum libur panjang, kamu perlu mengumpulkan informasi selengkapnya tentang destinasi yang akan kamu tuju selama liburan dan buatlahd aftar destinasi yang ingin kamu kunjungi di kota tujuan.

Kumpulkan informasi liburan selengkap mungkin, mulai dari akomidasi atau penginapan, cara menuju tempat wisata, biaya transportasi, hingga harga tiket masuknya. Kalau perlu, lakukan survei terlebih dahulu lewat ulasan di internet. Usahakan untuk memilih tempat wisata yang sesuai dengan ekspektasi dan anggaranmu.

4. Atur jadwal liburan dengan baik

Hal penting lainnya ketika berbicara soal tips merencanakan libur panjang adalah mengatur jadwal liburan dengan baik. Kamu perlu memastikan kapan dan berapa lama waktu liburanmu untuk mempermudah menyiapkan keperluan dengan lebih baik.

Mengatur jadwa liburan juga akan membantumu dalam mempersiapkan anggaran, memilih tujuan wisata, hingga memesan transportasi dan akomodasi yang akan membuat momen libur panjang berjalan sesuai rencana.

5. Membawa uang tunai secukupnya

Ketika libur panjang dan menghabiskan waktu di luar rumah, ada baiknya kamu tidak mengandalkan kartu debit atau qris saja. Kamu perlu berjaga-jaga membawa uang cash secukupnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, tidak semua tempat menyediakan pembayaran non-tunai.

Untuk menghindari ketidaknyamananmu selama liburan, kamu perlu membawa dompet secukupnya. Usahakan jangan sampai kehabisan uang tunai ketika traveling ke tempat yang jauh dari ATM.

6. Menjaga kesehatan

Walau terdengar sepele, menjaga kesehatan adalah salah satu tips merencanakan libur panjang yang paling penting. Libur panjang di sela-sela kesibukan dalam kondisi tubuh yang tidak sehat akan membuat pengalaman liburan menjadi terganggu dan tidak nyaman.

Pastikan agar tubuh dalam kondisi yang sehat jika kamu ingin menghabiskan waktu libur panjang. Kamu harus pandai menjaga waktu tidur dan pola makanmu. Rutin olahraga juga bisa membantu tubuh agar tetap sehat ketika hendak berlibur.

Perlu diingat, libur panjang akan berjalan dengan sempurna jika dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, sebaiknya kamu mempraktikkan sederet tips merencanakan libur panjang ini agar segalanya berjalan dengan lebih efektif dan menyenangkan. Semoga bermanfaat ya, Inselicious!

Topik Terkait