img_title
Foto : Www.freepik.com/mdjaff

IntipSelebKomedo masih menjadi salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami banyak orang. Kehadirannya bisa mengganggu penampilan, sehingga memicu turunnya kepercayaan diri.

Selain disebabkan oleh kotoran atau debu yang hinggap di wajah, ternyata komedo juga bisa timbul karena makanan loh.

Kali ini IntipSeleb akan memberikan informasi mengenai 3 jenis makanan yang bisa memicu timbulnya komedi jika dikonsumsi berlebihan. Apa saja ya? Dari tahu yuk lewat ulasan di bawah ini.

Terbentuknya Komedo

Pinterest/Stylecraze
Foto : Pinterest/Stylecraze

Komedo digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu whiteheads atau komedo yang berwarna putih dan blackheads, komedo berwarna hitam.

Komedo sendiri terbentuk karena adanya sumbatan pada kulit, dan produksi minyak yang berlebihan. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK sempat menjelaskan jika komedo merupakan gejala dari jerawat yang tidak meradang.

"Kadang-kadang pasien bilang 'saya enggak jerawatan loh dok' tapi ternyata dia mengeluhkan adanya komedo," tutur Atika Kusuma Dewi, Sp.KK, mengutip dari YouTube Kata Dokter, 23 Mei 2024.

3 Jenis Makanan yang Bisa Picu Timbulnya Komedo

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Komedo bisa terjadi karena kondisi kulit yang memproduksi minyak berlebih, oleh karenanya pencegahan dari dalam yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi jenis makanan tertentu yang berpotensi merangsang minyak, diantaranya:

  1. Makanan yang mengandung tinggi lemak
  2. Makanan yang mengandung tinggi gula
  3. Makanan yang mengandung tinggi protein

Selain itu, perlu juga mengatur pola hidup agar kulit terjaga kesehatannya, salah satunya dengan tidak bergadang sehingga tubuh mendapatkan istirahat tidur yang cukup.

Topik Terkait