img_title
Foto : Www.freepik.com/stefamerpik

IntipSeleb – Muncul benjolan di area payudara sering kali membuat wanita khawatir, dan tentunya patut diwaspadai karena bisa menjadi salah satu pertanda adanya kanker atau tumor di area payudara.

Namun tidak perlu khawatir, para wanita bisa memeriksakan kondisi secara mandiri setiap bulannya serta mengetahui gejala-gejala akan penyakit tersebut lewat ulasan yang telah IntipSeleb rangkum di bawah ini, scroll yuk selengkapnya.

Cara Memeriksa Kondisi Payudara

freepik.com/Fantastic Studio
Foto : freepik.com/Fantastic Studio

Kanker atau tumor payudara menjadi salah satu penyakit berbahaya yang kerap kali menghampiri wanita. Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di area payudara.

"Rasanya seperti ada daging yang tumbuh, baik itu keras atau kenyal. Lalu ada yang bergerak ataupun tidak bergerak. Ada juga yang saat ditekan akan menimbulan rasa nyeri," jelas dr. Gammarida Magfirah, melansir dari YouTube Kata Dokter, 23 Mei 2024.

Benjolan tersebut bisa muncul dalam berbagai ukuran, dan dapat semakin membesar. Selain itu, adanya perubahan pada warna payudara terutama di bagian puting juga patut diwaspadai.

Ciri-ciri payudara terjangkit penyakit juga bisa ditandai dengan keluarnya cairan tidak normal berwarna putih atau merah. Jika sudah seperti ini, perlu dilakuakan pemeriksaan oleh dokter ahli untuk mengetahui kondisi payudara.

Tips Menjaga Kesehatan Payudara

www.freepik.com/partystock
Foto : www.freepik.com/partystock

Memeriksa kondisi payudara bisa dilakukan sesudah masa menstruasi, yaitu dengan membawa tangan ke belakang lalu merabah area payudara dari mulai area center hingga ke sekitarnya.

dr. Gammarida Magfirah juga memberikan tips lain untuk menjaga payudara agar tetap sehat, dintaranya sebagai berikut:

  1. Ketika mandi payudara harus turut dibersihkan dengan mengusapnya secara perlahan
  2. Tidak memakai bra terlalu kencang
  3. Tidak tidur dalam posisi masih memakai bra
  4. Pakai pakaian yang bersih
  5. Olahraga
Topik Terkait