img_title
Foto : Freepik

IntipSelebPanuan adalah kondisi ketika kulit menyalami infeksi jamur hingga menyebabkan munculnya bercak kecil pada di kulit yang warnanya begitu kontras.

Panu sering kali terjadi pada remaja atau orang dewasa yang aktif berkegiatan berlebih. Meski panuan tidak menular, namun kehadirannya cukup mengganggu penampilan dan tentu saja bisa mempengaruhi kondisi kesehatan jika terus didiamkan.

Kali ini IntipSeleb akan memberikan tips menghindari panuan yang rawan terjadi pada masyarakat di negara tropis. Intip yuk selengkapnya.

Penyebab Panuan

freepik
Foto : freepik

Panuan terjadi karena beberapa faktor, diantaranya banyak berkeringat, kulit berminyak, hingga sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga memancing munculnya jamur di tubuh.

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Arini Widodo, SP. KK menjelaskan ciri-ciri kulit seseorang terserang panu, yaitu banyaknya bercak di kulit berwarna kontras seperti putih, merah mudah, atau bahkan kehitaman. Selain itu ketika berkeringat seseorang yang terkena panu akan mengeluhkan gatal berlebih.

Tips Menghindari Panuan

freepik
Foto : freepik

Semua jenis kulit bisa terkena infeksi jamur yang menyebabkan panuan. Oleh karenanya, wajib mewaspadai hal-hal berikut ini untuk terhindar dari panuan.

dr. Arini Widodo, SP. KK membocorkan deretan tips agar kulit tubuh terhindar dari jamur panuan, diantaranya?

  1. Mandi setelah berkegiatan untuk menghilangkan minyal di tubuh
  2. Hindari produk yang terlalu banyak minyak seperti penggunaan minyak gosok dan sebagainya, karena dapat memicu tumbuhnya panu
  3. Gunakan pakaian longgar yang lembut dan menyerap keringat
  4. Lindungi kulit dari sinar matahari langsung

Semoga tips menghindari panuan di atas bermanfaat ya!

Topik Terkait