img_title
Foto : Pexels.com

IntipSeleb – Banyak orang khususnya perempuan yang belum mengetahui ciri-ciri payudara tidak normal dan bagaimana cara merawat payudara dengan baik agar tetap sehat dan tidak memicu penyakit.

Topik kali ini sangat penting untuk dipahami dan diperhatikan oleh setiap perempuan. Yuk kita mulai memahami lebih dalam tentang payudara dan langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk merawatnya dengan baik menurut penjelasan dr. Gammarida Maghfirah di kanal YouTube Kata Dokter berikut ini!

Payudara yang Sehat

Pexels.com
Foto : Pexels.com

Payudara merupakan satu rangkaian dari sistem reproduksi pada perempuan. Payudara terletak di area dada, tepatnya di atas otot dada dan di bawah lapisan kulit. Payudara yang sehat tentunya tidak mengalami berbagai macam keluhan, seperti adanya benjolan, adanya perubahan warna, adanya cairan yang keluar tanpa sebab, dan tarikan di beberapa bagian.

Apabila payudara tidak memiliki tanda-tanda di atas, payudara bisa dikatakan normal. Untuk mengetahui normal atau tidaknya, tentunya harus dilakukan pemeriksaan secara rutin, yakni pemeriksaan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) yang dilakukan satu bulan sekali, tepatnya beberapa saat setelah menstruasi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa dari bulan ke bulan tidak ada kelainan yang muncul pada payudara.

Payudara terdiri dari lapisan otot, lapisan lemak, jaringan ikat dan kelenjar susu yang memiliki manfaat untuk menghasilkan ASI pada saat proses menyusui. Selain itu, payudara juga memiliki fungsi seksual dan fungsi estetika.

Secara umum, makanan-makanan yang sehat dan biasa dikonsumsi itu baik untuk seluruh jaringan tubuh. Tapi, untuk payudara ada jenis makanan yang spesifik bisa meningkatkan kesehatan payudara, contohnya adalah sayur bayam dan daun katuk. Mengapa? Karena pada daun-daunan tersebut mengandung senyawa fenugreek yang bisa melancarkan pengeluaran ASI pada saat ibu sedang menyusui.

Makanan lain yang pada umumnya sehat, seperti buah-buahan berry yang mengandung vitamin C yang tinggi untuk antioksidan tubuh, selanjutnya ada kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan.

Intinya, makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup bermanfaat untuk kesehatan jaringan tubuh, termasuk payudara.

Selain itu, hindari makanan yang banyak mengandung suntikan hormon, salah satunya adalah ayam broiler, di mana pada proses perkembangbiakannya banyak disuntikkan hormon-hormon yang bisa memengaruhi kesehatan payudara.

Makanan-makanan seperti itu bisa menyebabkan risiko FAM atau Fibroadenoma Mammae atau kista pada payudara karena rangsangan hormon dari luar yang tidak seimbang.

Ciri-ciri Payudara Tidak Normal

www.freepik.com/stefamerpik
Foto : www.freepik.com/stefamerpik

Ciri-ciri payudara tidak normal antara lain adalah keberadaan benjolan atau massa yang ada di dalam jaringan payudara. Biasanya benjolan tersebut bisa diraba dengan tangan. Ketika dipegang akan terasa seperti ada daging tumbuh baik itu keras maupun kenyal, bergerak ataupun tidak bergerak dan ada pula yang ketika ditekan timbul rasa nyeri.

Benjolan pada payudara bisa berukuran kecil atau besar atau bahkan bisa bertambah besar seiring dengan berjalannya waktu.

Ciri-ciri payudara tidak normal selanjutnya adalah ada perubahan warna. Normalnya, payudara memiliki warna yang sama dengan kulit sekitar dan warna yang agak sedikit menghitam di area areola atau dan puting susu.

Biasanya, pada beberapa penyakit tanda-tanda inflamasi seperti kemerahan pada kulit payudara itu bisa terjadi. Salah satunya pada pasien-pasien mastitis pada ibu menyusui yang tidak bisa mengalirkan ASI dengan lancar karena ada sumbatan. Mastitis tersebut menyebabkan peradangan yang bisa mengubah warna payudara.

Selain itu, ada tarikan pada puting susu atau areola karena adanya massa atau tumor yang berada di dalam payudara.

Selain itu, payudara juga bisa mengeluarkan cairang yang sebenarnya bukan cairan ASI. Cairan tersebut dikeluarkan secara tidak normal, baik berwarna keputihan atau kemerahan seperti darah. Tentu biasanya disertai dengan rasa nyeri.

Ciri-ciri payudara tidak sehat selanjutnya adalah adanya perubahan bentuk pada payudara atau pembengkakan di area sekitar payudara, seperti di bawah ketiak karena terdapat jaringan limfe di dalamnya.

Cara Merawat Payudara

Freepik
Foto : Freepik

Cara merawat payudara di antaranya adalah dengan melakukan tips berikut ini.

  1. Menjaga kebersihannya terlebih dahulu. Jangan lupa setiap mandi harus membersihkan area payudara dengan mengusap halus dan tidak terlalu keras.
  2. Tidak disarankan untuk memakai braa yang terlalu kencang dan pada saat kondisi tidur lebih baik bra dilepas untuk memberikan ruang bernafas bagi kulit payudara.
  3. Melakukan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Cara ini bisa dilakukan sesaat setelah menstruasi selesai, yakni dengan cara menaikkan tangan kanannya ke belakang lalu memeriksa area payudara dari tengah sampai ke sisi luar dan bisa dilakukan area sebelahnya dengan cara yang sama. apabila didapatkan tanda-tanda yang telah disebutkan, maka kita harus waspada dan segera memeriksakannya ke dokter.
  4. Pemeriksaan tambahan seperti Mammografi juga diperlukan terutama pada usia wanita yang lebih dari 40 tahun.
  5. Menjaga kebersihan diri dan pakaian yang dikenakan juga menjadi salah satu bagian penting dalam cara merawat payudara.
  6. Rutin olahraga dengan memanfaatkan gerakan yang melatih daerah dada agar otot-otot bisa menjadi kencang.

Nah, itulah sederet penjelasan terkait seperti apa payudara yang sehat, ciri-ciri payudara tidak sehat dan cara merawat payudara yang perlu diketahui.

Topik Terkait