img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb –Mantan istri Boris Bokir, Irma Purba mengaku efek yang dirasakannya karena baby blues sangat parah. Bahkan, ia sempat terbesit niat untuk bunuh diri sebanyak tiga kali.

Pada hakikatnya, niatan bunuh diri tanda bahwa seseorang membutuhkan pertolongan dan dukungan secara mendesak. Mereka yang memiliki pemikiran seperti itu seringkali merasa putus asa, kesepian, dan kehilangan makna dalam hidup.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mental dan selalu siap mendengarkan serta membantu orang-orang di sekitar kita yang mungkin sedang mengalami masa-masa sulit.

Maka dari itu, IntipSeleb sajikan cara mencegah niatan bunuh diri seperti dikutip dari CDC.

1. Jangan Takut Mengangkat Topik Bunuh Diri

konseling
Source: freepi/storyset

Banyak yang masih menganggap bunuh diri sebagai tabu. Tapi justru dengan tidak membicarakannya, kita malah membiarkan masalah ini terus berlarut-larut.

Jangan ragu untuk mengangkat topik ini, terutama jika kamu punya teman atau kerabat yang terlihat depresi atau menyatakan keinginan untuk bunuh diri. Dengan dibicarakan secara terbuka dan tanpa menghakimi, kita bisa mulai mencari solusi.

2. Kenali Tanda-Tandanya

menyerah
source: freepik/pikisuperstar

Sebelum bisa mencegah, kita harus bisa mengenali dulu tanda-tanda orang yang berpotensi bunuh diri. Misalnya, mereka sering merasa putus asa, kehilangan minat pada aktivitas yang biasa disukai, atau mulai mengucapkan kata-kata seperti "Lebih baik saya tidak ada." Kalau menangkap tanda-tanda ini, segera tindak lanjuti dengan cara yang tepat.

3. Dengarkan dengan Penuh Perhatian

dengar
source: freepik/jcomp

Salah satu cara paling efektif untuk membantu orang yang mengalami krisis adalah dengan mendengarkan mereka dengan sepenuh hati. Biarkan mereka mengungkapkan isi hati tanpa merasa dihakimi. Tunjukkan empati dan bahwa kamu peduli. Mendengarkan secara aktif saja sudah bisa membuat mereka merasa terbantu.

4. Bantu Mereka Mencari Bantuan Profesional

profesional
Source: freepi/storyset

Untuk masalah seberat ini, tentu saja bantuan profesional sangat diperlukan. Kamu bisa membantu dengan mencari informasi psikolog, psikiater, atau pusat konseling jiwa yang terpercaya dan terjangkau di daerahmu. Dampingi mereka selama proses pencarian bantuan jika diperlukan.

5. Jaga Mereka Tetap Aman

aman
Source: freepik

Bagi orang dengan kecenderungan bunuh diri, senjata api dan obat-obatan dengan dosis tinggi bisa membahayakan jika ada di sekitar mereka. Pastikan lingkungan sekitar bersih dari barang-barang yang bisa membahayakan nyawa mereka. Dengan menjaga keselamatan secara fisik, kita memberi mereka kesempatan untuk melewati masa-masa sulit itu.

6. Libatkan Keluarga dan Teman Dekat

teman keluarga
Source: freepik

Perjuangan melawan keinginan bunuh diri jelas tidak bisa dilakukan sendirian. Semakin banyak orang terdekat yang terlibat dan memberikan dukungan, semakin besar kemungkinan untuk sembuh. Ajak keluarga dan teman-teman dekat bergabung untuk membantu.

7. Tanamkan Harapan

harapan
Source: freepik/storyset

Pada akhirnya, kunci paling penting adalah menanamkan harapan di hati mereka bahwa ada hari esok yang lebih baik. Bahwa masalah sementara pasti ada jalan keluarnya. Bahwa hidup selalu berharga untuk dipertahankan. Dengan harapan itu, mereka bisa terus melangkah maju menghadapi hari demi hari.

Semoga dengan artikel ini, kita semua bisa turut berperan mencegah dan memberikan pertolongan pada mereka yang membutuhkan.

Topik Terkait