img_title
Foto : YouTube/Total Politik

IntipSelebLewat podcast Total Politik, muncul istilah Asian Value. Pasalnya, Arie Putra mengaku sebagai penganut Asian Value ketika dicecar oleh Pandji Pragiwaksono.

Lantas, muncul pertanyaan dengan apa yang dimaksud dengan Asian Value? Yuk, intip artikel selengkapnya!

Apa Itu Asian Value?

Di negara-negara Asia, terdapat nilai-nilai luhur yang diwariskan turun-temurun. Nilai-nilai ini, seperti disiplin, kerja keras, kolektivisme, rasa hormat, dan keseimbangan individu-masyarakat, menjadi fondasi budaya yang kaya. Oleh karena itu, muncul istilah Asian Values atau nilai budaya Asia.

Melansir Brittanica, Asian Value menekankan pada kedisiplinan, kerja keras, kesederhanaan, sampai pencapaian akademik. Asian Value juga meliputi pemahaman tentang kolektivitas, harmoni, kesetian, dan kehormatan untuk pihak-pihak yang dihormati atau ditetuakan.

Namun, ironisnya, nilai-nilai mulia ini juga bisa disalahgunakan untuk memuluskan praktik otoriter. Budaya gotong royong dan rasa hormat pada senior, misalnya, bisa dimanipulasi untuk melicinkan jalan suap dan nepotisme.

Contohnya, pemberian hadiah dalam budaya Asia sering disalahartikan sebagai bentuk penghormatan. Hal ini membuat praktik korupsi semakin sulit dilacak dan dibedakan dari tradisi memberi hadiah.

Topik Terkait