img_title
Foto : Freepik/authorfreepik

IntipSeleb – Di Indonesia terdapat banyak lembaga amil yang menyediakan jasa penyaluran zakat. Keberadaannya tentu mempermudah dalam berbagi, serta banyak dicari ketika menjelang perayaan Idul Fitri dan Idul Adha atau yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban.

Tentunya sebelum mempercayai lembaga amil untuk mengelola zakat yang dikeluarkan, perlu dilakukan pemeriksaan agar zakat bisa disalurkan dengan baik, dan tentunya tepat sasaran sesuai anjuran.

Kali ini IntipSeleb akan memberikan 5 tips memilih lembaga amil untuk ibadah kurban lewat ulasan di bawah ini, simak yuk!

1. Kantongi Izin

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak memilih lembaga amil adalah memeriksa legalitas untuk menunjukkan bahwa pengelola menjalani lembaga tersebut secara resmi atau sah.

Biasanya legalitas lembaga amil dikeluarkan oleh Kementerian Agama atau BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).

2. Bekerja Sama dengan BAZNAS

Cari lembaga amil yang sudah sering kali bekerja sama dengan BAZNAS bisa menjadi pilihan untuk memilih tempat penyaluran dana yang terpercaya.

Biasanya, lembaga ambil yang kerap berurusan dengan BAZNAS terbukti sah dan dapat dipercaya dalam penyaluran zakat.

3. Periksa Program Penyaluran Dana

Setiap lembaga amil biasanya menawarkan program penyaluran dana yang bisa dipilih langsung oleh donatur. Pilih cara penyaluran dana yang sesuai dengan tujuan dan budget menjadi hal yang penting agar niat baik tersebut berjalan lancar.

4. Transparansi Dana

Transparansi dana lembaga amil perlu diperhatikan mengingat dana yang dikelola merupakan dana dari donatur, dan dipercayai untuk bisa sampai ke penerimanya.

Lembaga amil harus terbuka dengan sendirinya mengenai laporan keuangan lembaga amil serta dana yang disalurkan sehingga para donatur mengetahui proses penyaluran dana yang dikelola.

5. Cek Testimoni

Periksa akun laman resmi dan media sosial lembaga amil sebelum memutuskan untuk menjadi donatur. Perhatikan ulasan-ulasan donatur sebelumnya yang sempat bekerja sama dengan lembaga amil tersebut.

Selain itu periksa struktur organisasinya untuk mengetahui kejelasan sistem kerja di lembaga amil. Pastikan juga media sosialnya aktif, karena media sosial sering kali digunakan oleh banyak lembaga amil untuk memperlihatkan proses penyaluran dana mereka atau transparansi.

Itu tadi deretan tips memilih lembaga amil untuk ibadah kurban.

Topik Terkait