img_title
Foto : Bighit

IntipSeleb – Imbas dari pidato yang dibawakan oleh RM BTS saat menerima Van Fleet Awards ternyata berbuntut panjang. Mulai dari menuai kritikan dari netizen Tiongkok hingga seorang penggemar yang diduga dianiaya, kini merchandise milik boyband asuhan Bighit Entertainment tersebut terancam dilarang masuk ke China.

Tidak hanya itu, beberapa fanbase besar BTS di China bahkan menghentikan pre-order secara massal untuk album mendatang mereka, BE. Menyusul kabar tersebut, outlet media JTBC akhirnya melakukan investigasi untuk memastikan kebenaran rumor tersebut. Seperti apa kelanjutannya? Simak artikel di bawah ini.

Baca Juga: Efek Samping Pidato RM BTS, Fans Diduga Dianiaya di Tiongkok

Kronologi Awal Pidato RM BTS di Van Fleet Awards Dikecam Warga Tiongkok

Koreaboo
Foto : Koreaboo

The Korea Society menggelar acara gala tahunan secara online dan menampilkan BTS sebagai penerima James A. Van Fleet Awards tahun 2020. Grup pelantun Dynamite tersebut dikreditkan atas musik dan pesan mereka yang membangkitkan sensasi di seluruh dunia sekaligus berpartisipasi dalam memperkuat hubungan Korea Selatan dengan Amerika Serikat. 

Dalam pidato penerimaan penghargaan, pernyataan yang dilontarkan oleh RM BTS menuai kecaman dari warga Tiongkok. Kala itu, sang pemilik nama asli Kim Nam Joon tersebut membahas soal hari peringatan Perang Korea ke-70 dengan menyebutkan kedua negara telah sama-sama berjuang. 

Topik Terkait