• Gong Yoo, Park Bo Young, Song Joong Ki

IntipSeleb – Kematian Sulli masih menyisakan duka mendalam bagi industri hiburan Korea Selatan. Idola yang tutup usia di usia 25 tahun ini memutuskan mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri di kediamannya pada Senin, 14 Oktober 2019 lalu. Kepergiannya yang mendadak tersebut diduga akibat depresi akut, lantaran cyber bullying yang diterima Sulli selama bertahun-tahun.

Semenjak mengawali karier sebagai member dari girl band f(x) sejak tahun 2009, pemilik nama asli Choi Jin Ri ini memang kerap menerima komentar negatif dari netizen, karena penampilan dan perilakunya yang dianggap berbeda dan lebih ekspresif ketimbang selebriti pada umumnya. Berbagai hujatan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab itu seringkali didapatkannya lewat media sosial, khususnya Instagram.

Menyoroti topik cyber bullying yang kini menjadi perbincangan hangat publik, ada sederet selebriti Korea Selatan yang memilih untuk tidak memiliki akun media sosial sama sekali. Apakah ini merupakan ‘ancang-ancang’ mereka agar terhindar dari komentar negatif netizen dan tidak berakhir seperti Sulli?

Gong Yoo

Gong Yoo
Sumber Foto: Nocutnews

Banyak penggemar yang menyayangkan bahwa bintang drama Goblin ini tidak memiliki akun media sosial. Seperti diketahui, Gong Yoo merupakan salah satu aktor yang digandrungi oleh kaum hawa. Siapa yang tidak ingin melihat pria 40 tahun ini mengunggah foto selfie-nya di Instagram?

Namun, Gong Yoo sempat menyebutkan bahwa alasannya tidak berniat membuat akun media sosial lantaran ingin menutup rapat-rapat kehidupan pribadi, “Jika kau membagikan kehidupan pribadi lewat media sosial, kau mungkin mendapatkan sesuatu dari itu, tetapi kau juga akan kehilangan sesuatu. Aku berusaha untuk tidak mengungkapkan kehidupan pribadiku,” katanya. 

Song Joong Ki

Song Joong Ki
Sumber Foto: Newsen

Berbeda dengan alasan Song Joong Ki yang mengaku sangat gaptek alias gagap teknologi sehingga membuatnya enggan memiliki akun media sosial, “Aku tidak paham soal teknologi. Aku juga tidak pandai melakukannya jadi aku tidak menggunakan (media sosial). Aku benar-benar tidak bisa,” ungkap mantan suami Song Hye Kyo tersebut. 

Park Bo Young

Park Bo Young
Sumber Foto: Topstarnews

Sementara Park Bo Young tampaknya sangat peduli dengan kesehatan mentalnya. Dalam sebuah kesempatan, aktris 29 tahun ini sadari bahwa dia cenderung emosional sehingga dia lebih nyaman mengutarakan perasaannya dalam diary, bukan di media sosial.

“Aku tidak menggunakan media sosial karena sepertinya kepribadianku tidak cukup serius untuk itu. Aku tidak cukup percaya diri untuk melakukannya. Aku juga tahu kalau aku lebih emosional dan gampang marah daripada yang kukira. Sehingga aku mencoba menahan diri (untuk tidak menggunakan media sosial). Jadi aku menulis jurnal pribadi,” ujarnya. 

Yoo Jae Suk

Yoo Jae Suk
Sumber Foto: Naver

Efek penggunaan media sosial sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari hingga bisa membuat orang kecanduan. Hal tersebut dirasakan pula oleh Yoo Jae Suk sehingga dia memutuskan untuk tidak membuat akun media sosial sama sekali. 

“Aku tidak memiliki media sosial karena bagi mereka yang sudah punya (media sosial) biasanya cuman akan fokus sama hal itu sepanjang hari. Meskipun media sosial itu menyenangkan, mereka akan sulit untuk berkonsentrasi melakukan pekerjaan di hari itu,” pungkasnya. 

Kang Dong Won 

Kang Dong Woon
Sumber Foto: JNILBO

Aktor tampan Kang Dong Won justru mengatakan bahwa dirinya tidak punya cerita yang bisa dia bagikan di media sosial. Dengan kepribadiannya yang pendiam, alangkah lebih baik bila pemain film 1987: When The Day Comes ini tidak membuka akun media sosial, “Aku tidak memiliki apa pun yang bisa dibagikan. Ini juga dipengaruhi oleh sifatku yang tidak suka banyak bicara dengan orang asing. Setiap orang memiliki kepribadian berbeda. Kalau aku sepertinya tidak baik dalam berkomunikasi di media sosial,” kata sang aktor. 

Park Hae Jin

Park Hae Jin
Sumber Foto: Hancinema

Sama seperti kebanyakan orang yang juga menyadari hal ini, ketika selebriti memiliki media sosial, justru akan mendatangkan lebih banyak malapetaka. Meskipun, platform tersebut merupakan cara paling mudah untuk mempromosikan karya-karya mereka, Park Hae Jin memilih untuk menjauhinya.

“Melalui media sosial, aku dapat mempromosikan (karya) dan berkomunikasi. Tetapi aku pikir, itu (media sosial) lebih berbahaya daripada mendatangkan kebaikan. Bukannya banyak masalah berasal dari media sosial? Nah maka dari itu, aku tidak menggunakannya,” begitu kata Park Hae Jin. 

Ha Jung Woo

Ha Jung Woo
Sumber Foto: XsportsNews

Memasuki usia kepala empat membuat aktor senior Ha Jung Woo merasa tidak membutuhkan akun media sosial. Setidaknya hingga saat ini, “Aku belum merasa butuh untuk membuat akun di media sosial. Mungkin aku akan mempertimbangkannya ketika usiaku menginjak 50 tahun. Waktu itu, ayahku juga termasuk yang telat menggunakan media sosial,” ujar pemeran utama film Along with the Gods itu.