X
  • Park Bo Gun, Mark NCT, Taeyang BIGBANG

IntipSeleb – Korea Selatan merupakan salah satu negara yang didominasi oleh penganut Atheis atau tidak mempercayai keberadaan Tuhan. Meski demikian, tidak semua masyarakatnya memeluk kepercayaan tersebut. Ada pula di antara mereka yang taat beragama, tak terkecuali dari kalangan selebriti.

Meski dianggap sebagai hal sensitif dan privasi seseorang, tidak sedikit selebriti asal Korea Selatan yang secara terang-terangan mengungkapkan agama yang mereka anut hingga membahas betapa pentingnya memiliki sebuah keyakinan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah deretan selebriti dan idola Korea yang mencintai agama mereka.

Eunhyuk Super Junior

Eunhyuk Super Junior
Sumber Foto: @superjunior/Instagram

Main dancer dalam Super Junior, Eunhyuk, dibesarkan dalam keluarga Katolik. Kedua orang tuanya diketahui sangat taat beragama dan aktif terlibat di setiap kegiatan gereja. Salah satunya membantu menyembuhkan penyakit yang diidap masyarakat. 

Kini, pria 33 tahun itu sering beribadah di Gereja Pusat Rakyat, yang dikenal memiliki keyakinan ekstrim. Dalam gereja tersebut, ada seorang pendeta bernama Lee Jae Rook yang disebut-sebut memegang kekuasaan khusus. Sebelumnya, Lee Jae Rook sempat dituduh melakukan pelecehan seksual di gereja, meskipun telah berulang kali membantahnya.

Park Bo Gum

Park Bo Gum
Sumber Foto: @BOGUMMY/Twitter

Seperti diketahui, keyakinan dan sisi religius dari aktor Park Bo Gum sempat menjadi perbincangan hangat publik beberapa waktu lalu. Ketika muncul sebuah surat yang ditulis oleh ayah dari bintang drama Encounter tersebut, beliau menyebutkan bahwa anaknya terjerumus dalam aliran sesat.

Masih dalam surat yang sama, ayah Park Bo Gum juga menceritakan tentang kelahiran putranya yang kala itu dibantu oleh kepala pendeta Lee Cho Seok. Dia disinyalir merupakan pemimpin ajaran sesat yang terkenal kejam.

Pendeta dari Gereja Jesus Centered juga diduga memaksa ibu Park Bo Gum untuk segera melahirkan sang aktor. Padahal, kondisi kehamilannya tidak memungkinkan untuk melahirkan. Park Bo Gum sendiri mengakui bahwa dia rutin pergi ke gereja setiap hari Minggu dan bahkan memposting undangan sebuah acara keagaman melalui akun Twitter pribadinya. Cuitan tersebut sempat menuai kontroversi di kalangan penggemar. 

Daesung BIGBANG

Daesung BIGBANG
Sumber Foto: Soompi

Daesung mengaku lebih banyak menghabiskan waktu kosongnya dengan melakukan pelayanan di gereja. Setelah terlibat dalam kecelakaan maut tahun 2011 silam hingga menewaskan seorang pengendara motor, Daesung menjadi jauh lebih religius dibanding sebelumnya. Untuk menebus dosanya, pemilik nama panggung D-Lite ini juga diketahui membantu membangun kembali sebuah gereja.

“Segalanya menjadi sangat sulit setelah kecelakaan itu. Aku berpikir dalam hati, 'Jika itu bukan karena imanku, aku mungkin telah melakukan sesuatu yang sangat mengerikan'. Setelah mengalami 3-4 hari terberat dalam hidup, aku memutuskan ingin bertemu dengan seorang pendeta,” ungkapnya, dikutip dari Koreaboo

“Aku bertanya kepada pemimpin pemuda, apakah hidupku akan baik-baik saja, dan dia mengundang aku untuk datang (ke gereja). Dan ketika dia melihatku, dia mendorong dan menghiburku. Aku merasakan kedamaian di hati dan setelah itu, aku mulai menghabiskan seluruh waktuku di gereja. Ini adalah satu-satunya tempat yang memberiku kenyamanan,” kata idola kelahiran 1989 itu melanjutkan.

BoA

BoA
Sumber Foto: @boakwon/Instagram

Solois asuhan SM Entertainment, BoA adalah seorang katolik yang taat. Sepanjang kariernya, pelantun Only One ini menggunakan popularitas yang dimiliki untuk mempromosikan kegiatan gereja. Wanita kelahiran Guri tersebut juga terpilih sebagai perwakilan Korea Selatan untuk Asia Youth Day 2014 bersama 20 orang lainnya.

Siwon Super Junior

Choi Siwon
Sumber Foto: @superjunior/Instagram

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Siwon memang dikenal sebagai selebriti yang taat beragama. Saat melakukan wawancara dengan CNN, Pria bernama lengkap Choi Siwon ini mengatakan bahwa dia ingin menjadi misionaris di masa depan. Dia bertekad untuk menyebarkan kasih yang sudah diterimanya selama menjadi selebriti kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Duta UNICEF Korea itu juga sudah beberapa kali terlibat dalam proyek kemanusian bersama komunitas musik Kristen kontemporer, 3rd Wave Music. Lewat kampanye bertajuk You Matter dan Jonghyun Legacy, personil Super Junior ini ingin menyadarkan publik tentang betapa pentingnya menjadi pendengar yang baik antar sesama manusia. Ini juga dilakukan sebagai gerakan agar masyarakat bisa lebih dekat yang Maha Kuasa. 

Mark NCT

Mark Lee NCT
Sumber Foto: @nct127/Instagram

Sementara idola kelahiran 1999 ini juga dikenal sebagai sosok yang religius. Mark tak pernah absen mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan setiap kali grupnya, NCT, memenangkan trofi penghargaan. Contohnya adalah ketika dirinya dan NCT 127 menerima penghargaan Best New Male Artist di Mnet Asian Music Award (MAMA) 2016.

Selain itu, lelaki keturunan Kanada-Korea ini sering menuliskan kalimat-kalimat religius yang dikutip dari Alkitab di acara fansign. Keluarga dari Mark di Vancouver, Kanada diketahui aktif dalam pelayanan di gereja. 

Taeyang BIGBANG

Taeyang BIGBANG
Sumber Foto: @__youngbae__/Instagram

Sisi religius dari sosok Taeyang BIGBANG dapat terlihat dari beberapa tato di tubuhnya yang bergambar salib. Menganut agama Kristen, baginya gereja adalah salah satu tempat favoritnya. Suami dari Min Hyo Rin ini juga selalu membawa Alkitab di dalam tas. Saat melakukan pemotretan dengan sebuah brand fashion beberapa tahun silam, Taeyang mengusung konsep fotonya dari tiga dasar paling penting untuk umat Kristen yakni Kasih, Iman, dan Harapan.