X

IntipSeleb – Young Lex baru saja merilis video musik lagu Raja Terakhir (The Last King) pada Senin, 8 Maret 2021. Kini, justru banyak para penggemar Kpop yang menuding rapper asal Indonesia itu melakukan plagiat terhadap MV lagu LIT milik Lay Zhang, sang member boygroup EXO.

Berdasarkan pantauan IntipSeleb pada Selasa, 9 Maret 2021, nama Young Lex, kata Plagiat, hingga RESPECT ZHANG YIXING atau Hormati Zhang Yixing (nama asli Lay EXO) memuncaki daftar trending topik di media sosial Twitter Indonesia. Apa yang sebenarnya terjadi? Simak artikel di bawah ini.

Young Lex Dituduh Plagiat Video Musik LIT milik Lay Zhang EXO

img_title
Foto : @XingChannel/Twitter

Tidak berselang lama setelah video musik lagu Raja Terakhir milik Young Lex diunggah di YouTube, para penggemar EXO menyadari ada sebuah kejanggalan. Ternyata, hal itu merujuk pada kemiripan antara video musik lagu Raja Terakhir dengan MV LIT milik Lay Zhang yang dirilis bulan Juni 2020 silam.

MV lagu LIT milik Lay Zhang digunakan sebagai bagian dari promosi game Three Kingdoms: Hero Legendaris. Lantas video musik Raja Terakhir juga menjadi konten promosi Three Kingdoms: Hero Legendaris, sehingga konsep yang disajikan sama-sama memperlihatkan berbagai elemen tradisional Tiongkok. 

Menurut penggemar, hal yang membuat kurang nyaman terletak pada unsur musik, visual, gaya, hingga koreografi dalam video musik lagu Raja Terakhir - Young Lex, semuanya hampir mirip dengan milik Lay Zhang EXO. 

Kemiripan Video Musik Raja Terakhir Young Lex dan LIT Lay Zhang EXO

img_title
Foto : @XingChannel/Twitter

Salah satu kemiripan yang paling jelas antara kedua video musik tersebut adalah adegan di mana naga hasil CGI muncul di belakang kuil. 

Tidak tanggung-tanggung, kedua naga tersebut memiliki desain serupa. Ada pula kehadiran bulan besar sebagai latar belakang, kemudian pada bagian depan, para penjaga juga memegang bendera. Bahkan cara pengambilan gambar dalam adegan tersebut pun dapat disebut hampir identik.

Adegan break dance dari lagu LIT juga tampaknya telah diikuti dalam video musik Young Lex. Dari skema warna dan motif api hingga cara pergerakan Lay dan Young Lex begitu serupa. 

Seperti Lay, Young Lex mengenakan outfit tradisional berwarna hitam dengan trim perak yang sama, dan penari latar semuanya berpakaian hitam. Selain itu, adegan tarian juga sama-sama dilakukan di depan tangga batu.

Belum selesai, angle pengambilan gambar serta pakaian dari seorang model wanita juga sama. Dan adegan lain yang menampilkan Young Lex menghadapi seekor naga juga ada dalam MV lagu LIT. Satu hal yang paling terlihat jelas dari kedua video musik ini, terletak pada CGI naga yang begitu mirip dari segi bentuk serta pergerakannya. 

Young Lex Justru Mencibir Fans Kpop

img_title
Foto : Berbagai Sumber

Seakan menyadari bahwa dirinya dihujat oleh fans Kpop khususnya penggemar EXO, Young Lex sempat menuliskan komentar berbunyi, ‘Fans Kpop otak micin akan bilang ini plagiat’. Namun sudah dihapus. Selain itu, tidak ditemukan pula kredit jika memang video musik LIT menjadi inspirasi untuk Raja Terakhir.

Lantas fans semakin geram dengan tindakan Young Lex seperti demikian. Kini, mereka beramai-ramai meminta Young Lex untuk menurunkan videonya dari YouTube. Mereka tidak terima usaha Lay yang membuat video musik dengan budget hingga Rp2 miliar itu diikuti begitu saja. Fans 

Selain Twitter, isu plagiarisme yang dituduhkan kepada Young Lex juga sudah mulai ramai diperbincangkan di platform media sosial Tiongkok, Weibo. Fans Lay Zhang EXO di China juga kerap mencoba menghubungi manajemen Lay Studio, terkait isu plagiarisme ini.

Pada Selasa, 9 Maret 2021, kini video musik Raja Terakhir milik Young Lex sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali dengan mendapat jumlah likes sebanyak 11 ribu dan tidak disukai oleh 17 ribu orang lainnya. Di lain sisi, fans Kpop geram karena menyadari banyaknya kesamaan Raja Terakhir dengan MV lagu LIT milik Lay Zhang EXO yang dirilis satu tahun silam hingga memunculkan dugaan plagiat.

Berita Terkait :

Saksikan Juga