img_title
Foto : Istimewa

IntipSeleb – Bagi para penggemar Kpop, pasti sudah tidak asing lagi dengan sederet acara penghargaan yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Mnet Asian Music Awards atau MAMA juga akan kembali digelar pada akhir 2019 ini. Tentunya, fans menantikan penampilan dari grup idola masing-masing yang selalu memberikan aksi panggung memukau.

Digelar sejak 1999, MAMA tidak hanya menghadirkan penyanyi Korea Selatan, tapi juga turut mengundang penyanyi Internasional untuk tampil. MAMA 2019 akan dilaksanakan pada Rabu, 4 Desember 2019 mendatang di Nagoya, Jepang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mengambil lokasi di Hong Kong, kini MAMA justru diselenggarakan di Negara Sakura tersebut.

Alasan MAMA 2019 Tidak Digelar di Hong Kong

MAMA 2019Sumber Foto: @MnetMAMA/Twitter

Karena meningkatnya kerusuhan politik di Hong Kong yang telah memasuki minggu ke-24, membuat Mnet selaku pihak penyelenggara memutuskan untuk tidak melangsungkan MAMA 2019 di sana. 

Seperti diketahui, Hong Kong telah menjadi tuan rumah Mnet Asian Music Awards (MAMA) sejak 2012. Yang mana artis Kpop fenomenal seperti BTS tampil dalam pagelaran tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya, puluhan ribu penggemar Kpop sukses memadati stadion AsiaWorld–Expo di Hong Kong hanya untuk menyaksikan ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Sehingga wajar apabila para penggemar, khususnya yang berasal dari Hong Kong meluapkan amarahnya. Dilansir dari Reuters, tidak hanya acara besar seperti MAMA saja yang batal digelar, tapi ada pula penundaan sejumlah pertandingan olahraga, konser, dan acara lainnya di Hong Kong. Hal ini disebabkan karena terus meningkatnya gelombang demonstrasi yang dilakukan oleh para aktivis pro-demokrasi. 

Topik Terkait