img_title
Foto : CLIO Professional

IntipSeleb – Bang Chan Stray Kids baru-baru ini menjadi perbincangan di media sosial, usai video lamanya kembali beredar yang memperlihatkan dirinya tengah menari dengan lagu Childish Gambino bertajuk This Is Amerika.

Dilansir melalui Allkpop, 5 Agustus 2021, pada akhir videonya pria kelahiran 1997 itu menirukan pose Jim Crow, yang merupakan hal sensitif serta dapat menyinggung pihak lain. Menyusul kontroversi ini, Bang Chan Stray Kids merilis permintaan maaf atas perbuatannya tersebut. Berikut selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Tirukan Pose Jim Crow

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Beberapa waktu lalu, Stray Kids menghadiri program acara Weekly idol. Saat itu, Bang Chan Stray Kids terlihat menari dengan menggunakan lagu dari Childish Gambino yaitu This Is Amerika, dan merikukan pose Jim Crow di akhir tariannya.

Sebagai informasi, dilansir dari Jim Crow Museum oleh Ferris State University, Jim Crow adalah sistem kasta rasial yang beroperasi di negara bagian selatan dan perbatasan Amerika antara tahun 1877 dan pertengahan 1960-an.

Di tahun 1830 sampai tahun 1840, seorang penghibur kulit putih bernama Thomas Dartmouth menciptakan karakter rasis kulit hitam bernama Jim Crow yang menari serta berakting menirukan budak. Jim Crow mewakili legitimasi rasisme anti-kulit hitam dan disimbolkan sebagai sindiran dalam video klip Childish Gambino bertajuk This Is Amerika

Topik Terkait