X
  • Kang Daniel

IntipSeleb – Kang Daniel resmi berusia 23 tahun (24 tahun umur Korea) pada hari ini, 10 Desember 2019. Sejak mengikuti ajang survival Produce 101 Season 2 dan menjadi center dari grup Wanna One, kesuksesan tampaknya kerap menghampiri pria kelahiran Busan ini.

Tepat pada hari ulang tahunnya, DANITY, sebutan nama fandom Kang Daniel, menyemarakkan tagar #HappyDanielDay dan #KANGDANIEL sebagai bentuk perayaan untuk sang idola. Berdasarkan pantauan Intipseleb, dua tagar tersebut masih bertengger dalam daftar Trending Topic di Twitter.

Pencapaian yang diraih Kang Daniel sebagai solois nyatanya sejalan dengan sederet rintangan yang terus menerpa kariernya. Kendati demikian, predikat sebagai orang No.1 di Negeri Ginseng masih terus disandang oleh sang pelantun What Are You Up To selama dua tahun terakhir.

Dirikan Agensinya Sendiri

Kang Daniel
Sumber Foto: Naver

Langkahnya untuk merambah solo karier tak berjalan mulus. Setelah berjanji akan debut sebagai penyanyi solo pada bulan Maret 2019, Kang Daniel justru terlibat sengketa hukum dengan agensi lamanya, LM Entertainment. Mereka bersilang pendapat soal kontrak eksklusif sang idola. 

Selama proses hukum bergulir, Kang Daniel sempat menghilang dari sorotan publik dan tidak bisa melanjutkan aktivitas individualnya. Usai empat bulan berjuang di meja hijau, gugatannya dikabulkan dan dinyatakan menang pada bulan Oktober 2019. 

Begitu gugatan penangguhan kontrak eksklusif dengan LM Entertainment dikabulkan pengadilan, Kang Daniel memutuskan membangun agensi hiburannya sendiri bernama KONNECT Entertainment. Untuk kesekian kalinya, kekasih dari Jihyo TWICE ini menggebrak dunia hiburan Korea Selatan lantaran mampu mendirikan agensi independen dan bertindak pula sebagai CEO. Daebak!

Masuk Daftar Forbes

Kang Daniel
Sumber Foto: Konnect Entertainment

Meskipun diterpa cobaan, nama Kang Daniel masih terus bersinar. Selama berbulan-bulan, Kang Daniel tidak pernah absen berada di ranking teratas Brand Reputation artis Korea, hingga masuk dalam Top 40 Power Celebrities in Korea versi Forbes Korea dan menduduki posisi ketiga. Ini pun semakin menunjukkan bahwa pengaruhnya begitu besar bagi masyarakat. 

Jadi Duta untuk Kota Kelahirannya

Kang Daniel
Sumber Foto: Osen

Hal membanggakan lainnya yang dicapai oleh Kang Daniel adalah ketika didapuk menjadi Duta Kehormatan Kota Busan. Yup, kota kelahirannya sendiri. Bahkan, dia dinobatkan langsung oleh Walikota Busan, Oh Keo Don dalam acara yang digelar di Busan Sajik Baseball Stadium bulan Juni lalu. Nantinya, dia akan akan secara aktif mempromosikan kota melalui berbagai kegiatan publik.

Sukses Gelar Fanmeeting di Seluruh Asia

Kang Daniel
Sumber Foto: @daniel.k.here/Instagram

Tentu, bertemu dengan para penggemar di seluruh dunia menjadi salah satu goals utama untuk para idola termasuk Kang Daniel. Dia telah berhasil mengadakan acara fanmeeting di enam negara Asia, termasuk Seoul, Singapura, Bangkok, Taipei, Kuala Lumpur, dan juga Manila. Acara tersebut laris manis dan dihadiri oleh ribuan DANITY. 

Debut Sebagai Solois dan Mencetak Rekor

Kang Daniel
Sumber Foto: Vogue Magazine

Album debut solo miliknya bertajuk Color on Me sukses besar-besaran di pasaran. Berdasarkan data yang ada, telah terjual sebanyak lebih dari 342 ribu keping dalam kurun waktu satu hari setelah perilisan album secara online pada 29 Juli 2019 silam. 

Pencapaian itu memecahkan rekor penjualan tercepat dalam satu hati untuk penyanyi solo. Dan Kang Daniel juga menjadi penyanyi solo nomor dua yang albumnya terjual paling banyak dalam satu minggu, yakni sebesar 450 ribu keping secara pre-order. Rekor ini belum pernah dipecahkan oleh solois Korea yang lain. 

Laris Manis Jadi Bintang Iklan

Kang Daniel
Sumber Foto: Givenchy Beauty

Selain di industri hiburan, citra Kang Daniel juga membuat sejumlah brand ternama ingin menggaetnya sebagai model iklan. Dia didapuk menjadi bintang iklan untuk perusahaan komunikasi terbesar di Korea Selatan, KT Corporation. Lalu juga ditunjuk sebagai wajah baru untuk brand luxury Calvin Klein Jeans, Louis Vuitton serta Givenchy Beauty.

Kang Daniel merupakan salah satu anggota group ambassador Maison Cartier, merek perhiasan termahal di dunia. Paling terbaru, dia menjajal dunia olahraga dengan menjadi brand ambassador dari Puma. 

Raih Kemenangan dalam Ajang Penghargaan Bergengsi

Kang Daniel
Sumber Foto: Soompi

Prestasi lainnya juga berhasil dicetak di ajang penghargaan bergengsi. Dalam Asia Artist Awards 2019, Kang Daniel menyabet tiga trofi sekaligus, antara lain AAA Potential (Singer), Star15 Popularity Award, dan AAA Best Emotive (Singer). Dan di ajang penghargaan musik Melon Music Awards (MMA) 2019, Kang Daniel menjuarai kategori Best Music Video lewat video klip What Are You Up To. ​

Happy Birthday untuk Kang Daniel dan semoga semakin sukses!