X

IntipSeleb – Film action Korea Selatan yang begitu populer dan tak kalah keren dari drama percintaan Korea, salah satunya yaitu film Train to Busan tahun 2016. Selain dramanya, Korea Selatan juga terkenal dengan film laganya yang berhasil mendunia.

Industri hiburan Korea Selatan, selalu saja menyuguhkan banyak karya dan kreasi yang menarik. Unggul dengan drama percintaannya, Korea Selatan juga tak kalah keren dengan sejumlah film action yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Korea Selatan sukses dan mendunia. Lantas apa saja film action Korea terpopuler dan keren abis, berikut IntipSeleb rangkum artikelnya.

Veteran (2015)

img_title
Foto : Pinterest

Film action Korea Selatan terpopuler pertama versi IntipSeleb yaitu berjudul Veteran. Film yang rilis di dua negara tersebut, merupakan karya dari sutradara Ryoo Seung-wan.

5 Agustus 2015 film Veteran ini rilis di seluruh box office Korea Selatan, sedangkan pada tanggal 1 Oktober 2015 film bergenre action tersebut rilis juga di box office Hongkong. Film berdurasi 123 menit tersebut, dibintangi oleh Hwang Jung-min dan Yoo Ah-in sebagai pemeran utamanya.

Film yang mengisahkan seorang detektif senior Korea yang mengungkap kasus kejahatan yang sudah lama terkubur dan melibatkan banyak korban, khususnya orang-orang ternama di Korea Selatan. Sang detektif senior itu menjalankan misinya dengan tuntas dan tidak segan-segan.

Film yang banyak mengangkat alur investigasi tersebut, menggambarkan soal petinggi-petinggi Korea Selatan yang terlibat dalam kasus korupsi, kejahatan kriminal bahkan sampai pembunuhan tragis.

Film Veteran merupakan salah satu film yang meraih pendapatan tertinggi ketiga sepanjang perfilman Korea Selatan sampai tahun 2016 lewat box office lokal. Film yang berhasil menjual tiket sebanyak 13.4 juta penonton, begitu disambut antusias dan luar biasa oleh para pencinta film laga Korea.

Keberhasilan film ini, membuat film Veteran meraih piala Casa Asia Awards di ajang Festival Film Sitges tahun 2015. Film bergenre action ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$92 juta dari box office Korea Selatan.

Mencetak rating sebesar 7/10 menurut situs IMD, membuat film Veteran menjadi salah satu film genre action terpopuler dan keren abis yang banyak ditonton orang. Sutradara Ryoo Seung-wan juga berhasil menyabet 2 piala sekaligus sebagai kategori Sutradara Terbaik di ajang Seni Baeksang tahun 2015 lalu, dan menjadi Best Director di ajang Blue Dragon Film Awards tahun 2015.

Train to Busan (2016)

img_title
Foto : Pinterest

Film action Korea terkeren kedua yang berhasil banyak ditonton orang dan memiliki alur cerita yang keren abis, yaitu film Train to Busan. Film yang rilis pada 13 Mei di Cannes dan 20 Juli 2016 di box office Korea Selatan.

Film yang dibintangi oleh Gong Yoo, Kim Su-an, Jung Yu-mi dan Ahn So-hee merupakan karya dari sutradara Yeon Sang-ho. Film berdurasi 118 menit tersebut, berhasil dinobatkan sebagai film tersukses dan pencetak rekor pertama di tahun 2016 dengan memecahkan rekor sebanyak 10 juta penonton.

Film yang mengangkat kisah manusia yang melawan dan bertahan hidup di masa bencana zombie apocalypse. Film ini dianggap sebagai film yang menceritakan penyebaran wabah melalui gigitan zombie dan akan memanipulasi DNA manusia kemudian mengubahnya menjadi seorang zombie yang berbahaya.

Dianggap sebagai film yang menceritakan dengan kesinambungan wabah pandemi Covid-19 yang semarak terjadi di seluruh dunia tersebut, membuat para pemain film Train to Busan bangga dan tak menyangka atas keberhasilannya dalam berseni peran.

Film yang berhasil meraup keuntungan sebesar US$99 juta tersebut, mendapatkan rating sebesar 7.2/10 menurut situs IMDb. Berhasil menyabet banyak penghargaan bergengsi, sutradara Yeon Sang-ho mendapatkan piala dari Penghargaan Seni Baeksang untuk kategori Film Sutradara Baru Terbaik di tahun 2016 lalu.

The Age of Shadows (2016)

img_title
Foto : Pinterest

Film action Korea ketiga terpopuler dan keren abis, yaitu berjudul The Age of Shadows. Film yang rilis di tiga negara berbeda tersebut, merupakan karya sutradara Kim Jee-woon.

Tanggal 3 September 2016 film action Korea ini rilis di kota Venesia, kemudian disusul tanggal 7 September 2016 rilis di Korea Selatan dan terakhir pada 23 September film The Age of Shadows tersebut rilis di box office Amerika Serikat.

Film berdurasi 140 menit tersebut, dibintangi oleh Song Kang-ho, Gong Yoo, Han Ji-min dan Shin Sung-rok sebagai pemeran utamanya. Film bergenre action keren ini, menceritakan tentang sekelompok pejuang perlawanan asal Korea Selatan mencoba menyeludupkan bahan peledak dari Shanghai untuk menghancurkan markas musuh utama Jepang di kota Seoul.

Film yang mengambil latar belakang cerita tahun 1920-an tersebut, menggambarkan kondisi pada saat Jepang menjajah ke negara Korea Selatan dan menceritakan tentang awal mula gerakan kemerdekaan Korea.

Film The Age of Shadows ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$55.3 juta dari box office Korea Selatan, dan berhasil mencetak rating sebesar 7.3/10 menurut situs IMDb.

Steel Rain (2017)

img_title
Foto : Pinterest

Film laga Korea yang berhasil ditonton oleh banyak orang yaitu Steel Rain. Film yang rilis pada 14 Desember 2017 lalu, merupakan karya dari sutradara Yang Woo-suk.

Film berdurasi 139 menit tersebut, dibintangi oleh Jung Woo-sung dan Kwak Do-won sebagai pemeran utamanya. Film yang mengangkat kisah dari sebuah webtoon dengan judul yang sama pada tahun 2011 lalu.

Steel Rain menggambarkan soal cerita penculikkan  yang dialami oleh 3 kepala negara sebelum kudeta Korea Utara. Menyuguhkan kisah dimana presiden Amerika Serikat dan kedua pemimpin Korea tengah mengadakan pertemuan untuk perjanjian dan perdamaian.

Film yang menyuguhkan seleuruh aksi kudeta militer Korea Utara dan Amerika Selatan ini, menampilkan banyak adegan berbahaya dan terlarang dalam setiap scene ceritanya. Film laga Korea ini berhasil meraup keuntungan sebesar US$32,6 juta dari box office di Korea Selatan, film ini merupakan sebuah film sekuel yang tak lama di tahun berikutnya rilis Steel Rain 2.

Disambut baik dengan jutaan antusias penontonnya, film Stell Rain ini berhasil mencetak rating sebesar 7.2/10 menurut situs IMDb. 

Ashfall (2019)

img_title
Foto : Pinterest

Film bergenre action kelima yang keren abis dan banyak menarik jutaan penontonnya, yaitu berjudul Ashfall. Film yang rilis di Korea Selatan dan Indonesia.

Film karya sutradara Lee Hae Jun dan Kim Byung-seo tayang 19 Desember 2019 di seluruh box office Korea, dan 18 Januari 2020 di bioskop Tanah Air. Disambut hangat oleh jutaan penonton di Indonesia, film Ashfall tersebut menjadi salah satu film laga terpopuler sepanjang tahun 2020.

Film yang dibintangi oleh Lee Byung-hun, Ha Jung-woo Bae Suzy dan Ma Dong-seok sebagai pemeran utamanya, dengan durasi film 128 menit.

Film yang menceritakan tentang bencana alam di Korea Selatan yang diawali dengan gempa bumi dahsyat yang merusak semenanjung Korea Selatan dengan Korea Utara. Akibat erupsi gempa bumi tersebut, membuat pemerintah Korea menjalankan misi berbahaya yaitu melakukan ledakan di sekitar gunung Baekdu guna menahan ledakan keras berikutnya yang akan memporak-porandakan Korea Selatan dan Korea Utara nantinya.

Film Ashfall berhasil meraih penghargaan di ajang Penghargaan Grand Bell dalam kategori Aktor Terbaik yang dimenangkan oleh Lee Byung-hun, dan meraih Blue Dragon Film Awrads tahun 2021 dalam kategori Technical Award yang dimenangkan Jonghyun Jin.

Menurut jumlah penonton dan situs IMDb, film Ashfall berhasil mencetak rating sebesar 6.3/10.

Berita Terkait :

Saksikan Juga