X

IntipSeleb – MBC dituduh menyalahgunakan kekuasaan mereka dengan sengaja melarang TXT dan GFriend untuk tampil di MBC Gayo Daejejeon 2019. Ini berawal dari BTS yang memutuskan absen dari festival musik akhir tahun stasiun televisi tersebut karena sudah memiliki jadwal kegiatan di luar negeri. 

Spekulasi publik mengenai MBC melakukan ‘balas dendam’ terhadap para artis asuhan Bighit Entertainment pun semakin meningkat, saat mengumumkan pengisi acara. Nama TXT dan GFriend ternyata tidak termasuk dalam daftar line-up MBC Gayo Daejejeon 2019. Seperti diketahui, TXT berada di agensi yang sama dengan BTS. Sementara GFriend bernaung di bawah Source Music, yang sudah diakuisisi oleh Bighit Entertainment sejak Juli 2019. 

Sebelumnya, BTS telah mengumumkan akan hadir dalam acara Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve yang diselenggarakan di Times Square, New York, Amerika Serikat. Tidak lama setelah pengumuman itu dibuat, MBC tiba-tiba mencekal TXT dan GFriend untuk tidak boleh tampil di MBC Gayo Daejejeon 2019.

MBC Kecewa BTS Absen dari MBC Gayo Daejejeon 2019

BTS
Sumber Foto: IlyoSeoul

Seorang sumber dari MBC memberitahu kepada Osen bahwa pihak stasiun televisi merasa kecewa karena BTS hanya absen di MBC Gayo Daejejeon 2019. Pelantun Boy with Luv itu sebelumnya hadir di dua acara festival musik akhir tahun lainnya, yakni SBS dan KBS. 

“(Aku) belum pernah mendengar tentang alasan mengapa TXT dan GFriend tidak jadi tampil. Namun, banyak orang kecewa karena BTS tidak akan muncul di MBC Gayo Daejejeon 2019. Terutama tim produksi, mereka sangat kecewa. (BTS) akan muncul di acara akhir tahun SBS dan KBS tetapi tidak di MBC, jadi ada banyak pro dan kontra sejak line-up diumumkan,” kata seorang sumber, dikutip dari Soompi

Perselisihan antara Bighit Entertainment dengan stasiun televisi MBC disebut-sebut bukanlah rumor tidak berdasar. Beberapa staf stasiun televisi mengatakan, “Sejak bulan Oktober, ketika pihak agensi mengatakan kepada MBC bahwa BTS tidak akan muncul di festival musik akhir tahun, sulit bagi penyanyi asuhan Bighit Entertainment yang lain untuk tampil di MBC. Ini sudah menjadi rahasia umum di kalangan industri hiburan.” 

Tanggapan MBC

BTS
Sumber Foto: Osen

Pada Kamis, 26 Desember 2019, sumber dari MBC membantah tuduhan serta rumor yang kini marak di media sosial maupun komunitas online itu, “Jelas tidak benar bahwa alasan mengapa TXT dan GFriend tidak tampil di MBC Gayo Daejejeon 2019 tahun ini adalah karena ketidakhadiran BTS dari acara. Keputusan casting dibuat oleh PD (direktur produksi) dengan penuh tanggung jawab. Ketidakhadiran BTS karena jadwal mereka di luar negeri telah diatur sebelumnya,” katanya. 

Mengenai absennya TXT dari MBC Idol Star Athletics Championships (ISAC) 2020 juga disebut-sebut sebagai pemicu ketidakhadiran mereka dalam MBC Gayo Daejejeon 2019. Namun menurut penjabat MBC, tim produksi dari kedua program acara berbeda sehingga tidak berpengaruh satu sama lain. 

Source Music Terkena Imbas Perselisihan Bighit dengan MBC

GFRIEND
Sumber Foto: Osen

GFriend yang berada di bawah naungan Source Music diketahui mengalami kerugian besar-besaran. Setelah BTS mengumumkan tidak berpartisipasi dalam MBC Gayo Daejejeon 2019, pelantun Me Gustas Tu ini juga ikut terkena getahnya. Seorang perwakilan dari industri musik mengungkapkan hal tersebut tidaklah pantas untuk dilakukan.

“Menurut sudut pandang stasiun televisi, semua orang yang mengetahui fakta bahwa hal paling penting adalah mengundang BTS ke acara-acara mereka. Tetapi, memanfaatkan hal ini untuk mempengaruhi artis-artis lain adalah tindakan yang tidak pantas. Ini juga bukan era di mana stasiun televisi menganggap kehadiran artis-artis tertentu sebagai syarat untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan,” pungkas salah satu sumber.

MBC Gayo Daejejeon 2019 sendiri akan ditayangkan pada Selasa, 31 Desember 2019 mendatang pukul 20.55 waktu Korea.

Baca juga: Rapper Sleepy Ungkap Kebaikan Jin BTS, Bikin Terharu