X
  • Rose Blackpink dan Jay Park

IntipSeleb – Rose Blackpink, Gong Hyo Jin, Song Ga In, Jay Park, hingga Sam Hammington tergerak untuk mengatasi kebakaran hutan Australia yang membakar hewan dan rumah.

Bencana tersebut diperkirakan masih akan merongrong negara tersebut dalam beberapa bulan ke depan. Bahkan, Badan Meteorologi Australia memprediksi sebagian besar wilayah Australia Selatan akan mengalami cuaca panas di atas rata-rata dan curah hujan di bawah rata-rata. Hingga kini, diberitakan hampir 1 miliar hewan di Negeri Kanguru itu mati karena kobaran api.

Melihat besarnya skala bencana ini, membuat banyak orang lantas turun tangan berdonasi termasuk para selebriti ternama. Dirangkum oleh tim Intipseleb, berikut adalah 5 selebriti Korea Selatan yang menyumbangkan sedikit dari kekayaannya untuk membantu kebakaran di Australia. 

Jay Park

Jay Park
Sumber Foto: @jparkitrighthere/Instagram

Mantan member dari 2PM, Jay Park menyumbangkan donasi sebesar US$30 ribu atau setara dengan Rp415 juta kepada NSW Rural Fire Service untuk membantu memerangi kebakaran hutan di Australia. Kebetulan, solois sekaligus rapper ini tengah menjalani rangkaian tur bertajuk JAY PARK WORLD TOUR: SEXY 4EVA IN OCEANIA dan agar segera bertandang ke dua kota di Australia, Sydney dan Melbourne. 

Sebelum menggelar konser di Auckland, Jay Park mengumumkan lewat akun Twitter pribadinya bahwa dia telah berdonasi untuk membantu kebakaran hutan di Australia. Dia juga akan meminta para artis sesama labelnya, AOMG, untuk melakukan hal serupa.

“Aku telah berdonasi (sebesar) 30 ribu. Aku akan memberitahu (para artis) AOMG (lainnya) untuk melakukan hal yang sama. Semoga ini bisa membantu sedikit. Berdoa untuk Australia dan tidak sabar bertemu dengan kalian,” begitu cuitannya. 

Gong Hyo Jin

Gong Hyo Jin
Sumber Foto: KBS

Lewat akun Instagram pribadinya @rovvxhyo, Gong Hyo Jin memposting foto terkait kebakaran yang tengah melanda Australia. Dalam unggahan tersebut, tampak dua ekor koala yang kehausan dan terbakar akibat kejadian naas tersebut. 

Bintang drama When the Camellia Blooms ini menunjukkan keprihatinannya pada caption foto berbunyi, “Adakah yang bisa kita lakukan?,” tulisnya pada Rabu, 8 Januari 2020. 

Song Ga In 

Song Ga In
Sumber Foto: Osen

Song Ga In juga menunjukkan keprihatinannya melalui akun Instagram pribadi @songgain_. Baru saja meraih trofi penghargaan dari Golden Disk Awards 2020 kategori Penyanyi Trot Terbaik, wanita berusia 33 tahun ini memposting foto peta negara Australia yang hampir terbakar habis.

“Australia tengah menghadapi kebakaran hutan terburuk sepanjang masa. Aku berharap, ini akan segera berakhir,” tulisnya pada keterangan foto, turut mendoakan agar bencana ini cepat terselesaikan.

Rose Blackpink

Rose Blackpink
Sumber Foto: @roses_are_rosie/Instagram

Lahir dan tumbuh di Australia, membuat hati Rose Blackpink terenyuh mengetahui kebakaran yang menyelimuti kampung halamannya itu. Ia mencoba menyebarkan awareness kepada lebih dari 21,2 juta pengikutnya di Instagram @roses_are_rosie untuk berdonasi demi menyelamatkan kota kelahirannya tersebut. 

Pada Kamis, 9 Januari 2020, artis asuhan YG Entertainment ini mengunggah potret koala dan kanguru yang terjebak di hutan. Ada pula foto yang menampilkan hewan tersebut berpelukan dengan ekspresi wajah menderita. Pemilik nama asli Park Chae Young itu bahkan tidak bisa menyembunyikan kesedihannya pada caption di bawah foto-foto tersebut.

“Hatiku hancur melihat ini. Australia terbakar dan ini sudah terlalu lama. Aku patah hati mengetahui orang-orang dan rumah-rumah menderita akibat kebakaran. Dan jutaan makhluk hidup yang indah dan tidak bersalah harus terluka dan sekarat saat ini,” tulisnya.

“Australia adalah tempatku dibesarkan dan aku sangat sedih melihat ini terjadi pada negara yang begitu indah. Aku akan mencoba yang terbaik untuk membantu dan teruntuk para penggemarku, tolong kunjungi salah satu akun ini agar kalian juga bisa turut membantu: @nswrfs @redcrossau @salvosau @vinniesnsw @wireswildliferescue @wwf. Setiap akun seharusnya memiliki tautan dalam bio yang mengarahkan kalian ke situs web sehingga kalian dapat membantu. Kita dapat membuat perbedaan jika kita semua orang bergabung. Tolong bantu untuk menyelamatkan negara asalku,” tutup Rose.

Sam Hammington

Sam Hammington
Sumber Foto: DailyTV

Terakhir adalah Sam Hammington. Meskipun tidak berasal dari Korea Selatan, kini dia berkarier sebagai seorang entertainer di Negara Ginseng tersebut. Sama seperti selebriti yang lain, bintang dalam Return of Superman ini meminta tolong kepada publik untuk melakukan donasi. Sam sendiri merupakan orang asli Australia yang sudah lama tinggal di Korea. 

Melalui akun Instagram pribadinya @samhammington, bapak dua anak ini menyebarkan sejumlah link website agar para pengikutnya dapat berdonasi guna meringankan kebakaran hutan di Australia.