img_title
Foto : Le_sserafim/instagram

IntipSeleb – Kisruh kontroversial skor lagu LE SSERAFIM yang mengungguli penyanyi Lim Young Woong akhirnya akan diselidiki polisi. Pasalnya, kemenangan girlband LE SSERAFIM dianggap tidak wajar.

Hal ini bermula sejak fans dari Lim Young Woong menuntut kejelasan dari KBS atas skor merosot dari lagu ”If We Ever Meet Again” yang dianggap unggul tersebut. Bagaimana berita lengkapnya? Simak artikel di bawah ini.

Kronologi Skor Kontroversial LE SSERAFIM di Music Bank

Soompi
Foto : Soompi

Awal bulan ini, “Music Bank” tersapu dalam kontroversi ketika acara musik tersebut memberi Lim Young Woong skor siaran 0 poin pada episode 13 Mei 2022. Kandidat untuk tempat pertama adalah “If We Ever Meet Again” milik Lim Young Woong dan “FEARLESS” dari LE SSERAFIM.

Sementara lagu Lim Young Woong mengungguli LE SSERAFIM sejauh ini dalam hal skor digital dan penjualan album. Namun, LE SSERAFIM akhirnya malah memenangkan penyanyi tersebut atas kesenjangan besar dalam skor siaran mereka.

Dikutip dari Soompi, peringkat “Music Bank” ditentukan 60% dari skor digital, 20% dari skor siaran, 10% oleh survei panel pemirsa, 5% dari penjualan album fisik, serta 5% oleh skor media sosial. Hal tersebut menyebabkan klub penggemar Lim Young Woong menuntut agar KBS menjelaskan bagaimana sebuah lagu yang harusnya memiliki skor yang tinggi jika dilihat berdasarkan skor digital bisa jatuh ke posisi kedua hanya karena skor siarannya.

Awalnya, “Music Bank” menanggapi keluhan tersebut dengan menjelaskan bahwa lagu “If We Ever Meet Again” menerima skor siaran 0 poin karena tidak diputar di program TV, program radio, atau konten digital KBS mana pun selama minggu pelacakan dari tanggal 2-8 Mei. Namun, Dispatch segera menerbitkan laporan yang menunjukkan bahwa "If We Ever Meet Again" Lim Young Woong, sebenarnya, telah diputar beberapa kali di stasiun radio KBS selama minggu pelacakan itu.

Namun lagi-lagi Music Bank berkilah. Pihaknya menjelaskan bahwa skor siaran yang akan dihitung hanya dari 7 program radio KBS Cool FM 

“Skor siaran radio dihitung hanya dengan menggunakan tujuh program radio KBS Cool FM. Selain tujuh program ini, program [radio KBS] lainnya tidak memperhitungkan nilai kami.” Ujar pihak Music Bank, menanggapi pernyataan dari Dispatch.

Polisi Ungkap Akan Selidiki Kejanggalan Skor Kontroversial LE SSERAFIM

le_sserafim/instagram
Foto : le_sserafim/instagram

Tuduhan publik kepada Music Bank terus bermunculan. Ketika asumsi publik terus berkembang, seorang warga sipil akhirnya mengajukan pengaduan ke Komisi Anti-Korupsi dan Hak Sipil Korea Selatan yang menuduh Music Bank merusak skor siaran Lim Young Woong.

Pada 29 Mei 2022, telah terkonfirmasi bahwa Kantor Polisi Yeongdeungpo di Seoul telah menerima pengaduan dan mulai menyelidiki kasus tersebut. Polusi akan menyelediki terkait dugaan manipulasi skor yang menyebabkan kerugian dari penyanyi Lim Young Woong

“Karena tuduhan itu belum dikonfirmasi, kami saat ini berencana untuk menyelidiki dengan berbicara kepada pelapor dan banyak lagi,” Ujar pihak kepolisian Yeongdeungpo.
"Jika tuduhan manipulasi terbukti benar, kami akan beralih ke penyelidikan skala penuh," Lanjutnya lagi.(prl).

Berita Terkait
Topik Terkait