img_title
Foto : Intipseleb

IntipSeleb – Korea Music Copyright Association (KOMCA) atau Asosiasi Hak Cipta Musik Korea baru saja mengumumkan nama-nama musisi atau penulis lagu yang telah diangkat menjadi anggota tetap per tahun 2020 ini.

Baca Juga: Daftar Idola Kpop Dengan Penghasilan Paling Tinggi, Tajir Melintir!

KOMCA merupakan lembaga kolektif nirlaba terbesar se-Asia yang bertujuan untuk meningkat budaya musik di Korea melalui perlindungan hak kekayaan intelektual dari pemegang hak cipta sekaligus memastikan kemudahan penggunaan bagi para pendengar. Didirikan pada tahun 1964, organisasi ini menjaga database karya dengan hak cipta dan para pemegang kekayaan intelektual.

Setiap pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai anggota junior terlebih dahulu selama tiga tahun atau lebih. Nantinya, dewan direksi hanya akan memilih 25 anggota junior setiap tahun untuk diangkat menjadi anggota tetap.

Selain itu, persyaratan lain untuk menjadi anggota tetap KOMCA adalah dengan menerima sejumlah royalti dari hak cipta (lagu) setiap tahun yang telah disetujui oleh dewan direksi. Menjadi anggota tetap KOMCA juga memungkinkan sang musisi untuk memberikan suaranya dalam rapat umum organisasi. 

RM dan J-Hope BTS Diangkat Jadi Anggota Tetap KOMCA

RM dan J-Hope BTSSumber Foto: Hankyung

Topik Terkait