X

IntipSeleb – Song Hye Kyo dan Son Ye Jin merupakan dua aktris kesayangan publik. Paras mempesona keduanya bak dewi, sukses membius hati sejuta pasang mata. Hal ini juga dibarengi dengan kemampuan akting mereka yang patut diacungi jempol.

Hampir setiap drama yang dibintangi oleh keduanya, selalu meledak di pasaran. Contohnya seperti Descendants of the Sun (2016) yang mana Song Hye Kyo didapuk menjadi pemeran utama, berhasil memboyong berbagai penghargaan. Sementara serial yang tengah dibintangi Son Ye Jin bertajuk Crash Landing On You (2019) berulang kali viral dan diperbincangkan setiap minggunya sejak penayangan perdana. 

Sama-sama akan menginjak usia kepala empat (umur Korea) di tahun 2020 ini, Song Hye Kyo dan Son Ye Jin seolah tidak menua. Jiwa muda keduanya masih terpancar dan sulit untuk diabaikan. Setuju? Dirangkum oleh tim Intipseleb, berikut adalah komparasi antara sosok Song Hye Kyo dan Son Ye Jin. Apa perbedaan dan kesamaan dari dua aktris cantik ini?

Riwayat Keluarga

Song Hye Kyo dan Son Ye Jin
Sumber Foto: Daum News/TV Reports

Song Hye Kyo sendiri sebenarnya lahir pada 22 November 1981. Namun, diketahui ia mendaftarkan tanggal lahirnya menjadi 26 Februari 1982. Yup, hal seperti ini lumrah dilakukan di Korea, tergantung dari keputusan masing-masing individu.

Sementara itu, mantan istri dari Song Joong Ki ini berasal dari keluarga broken home. Di umur 9 tahun, kedua orang tua Song Hye Kyo memutuskan untuk bercerai. Setelah orang tuanya berpisah, ibunya tak memiliki kerabat di Seoul. Namun ayah mertua dari sang ibu, membantu dalam membesarkan sang aktris. Dan sang kakek mengisi peran ayah untuk Song Hye Kyo.

Hal ini berbeda dengan Son Ye Jin yang dilahirkan dari keluarga utuh. Lahir pada 11 Januari 1982, keluarga kecilnya beranggotakan seorang ayah, ibu, dan kakak perempuan. Disebutkan bahwa Son Ye Jin lebih mirip dengan ayahnya. Dan paras kakak perempuannya sama persis seperti sang ibu.

Awali Karier di Usia Muda

Song Hye Kyo dan Son Ye Jin
Sumber Foto: bntnews

Kedua aktris ini memulai karier di industri hiburan Korea Selatan sejak usia dini. Song Hye Kyo mengawali debutnya pada tahun 1996 lewat drama Merry Morning. Namanya mulai melejit ketika membintangi Autumn in My Heart (2000), All In (2003), dan Full House (2004).

Selang empat tahun, giliran Son Ye Jin melakukan debut dan langsung menjajal film layar lebar berjudul Secret Tears di tahun 2000. Kala itu, dirinya masih duduk di bangku SMP. Peran utama pertamanya datang setahun kemudian ketika membintangi drama Delicious Proposal (2001). Pada tahun 2002, ia sudah memenangkan penghargaan dari Korean Federation of Film Critics kategori Best New Actress Award lewat keterlibatannya di Lover's Concerto. Aktingnya semakin diakui berkat film The Classic (2003) yang membuat Son Ye Jin memboyong sejumlah trofi penghargaan bergengsi. 

Genre Drama yang Dibintangi

Song Hye Kyo dan Son Ye Jin
Sumber Foto: tvN

Baik Song Hye Kyo maupun Son Ye Jin, sama-sama dijuluki sebagai ratu melodrama. Hal ini disebabkan karena mereka kerap didapuk membintangi drama genre demikian. Bahkan, drama terakhir Song Hye Kyo bersama Park Bo Gum berjudul Encounter (2019) juga ber-genre melodrama.

Nah kalau Son Ye Jin, sudah beberapa kali terlibat drama romcom atau romantis-komedi. Seperti penampilannya di Personal Taste (2010) dengan Lee Min Ho dan terbaru, Crash Landing On You (2019). Sejumlah drama terbaik Son Ye Jin dengan genre melodrama antara lain Scent of Summer (2003), Alone in Love (2006), Shark (2013), dan Something in the Rain (2018).

Image di Mata Publik

Song Hye Kyo dan Son Ye Jin
Sumber Foto: Intipseleb

Song Hye Kyo dan Son Ye Jin punya image sangat berbeda satu sama lain. Di depan kamera, Song Hye Kyo memiliki pembawaan yang tenang. Sosoknya juga lebih tertutup, termasuk jarang membagikan soal kehidupan pribadinya. Aura Song Hye Kyo kental akan feminin dan keanggunan. Dia tidak pernah muncul di variety show, jadi penggemar jarang melihat karakter aslinya selain dari penampilan drama. 

Berbeda dengan Son Ye Jin yang dikenal memiliki sifat ceria. Dalam setiap kesempatan, dia seringkali melontarkan guyonan, bercanda dengan lawan bicaranya, dan tidak malu untuk tertawa lepas. Perilakunya juga tidak mencerminkan sebagai wanita berusia hampir 40 tahun. 

Terlibat dengan Hyun Bin

Song Hye Kyo, Son Ye Jin, Hyun Bin
Sumber Foto: The Qoo

Kebetulan, kedua aktris ini sama-sama pernah terlibat dengan Hyun Bin. Seperti diketahui, Song Hye Kyo menjadi salah satu wanita yang pernah mengisi hati sang aktor. Asmara antar keduanya mulai terjalin usai membintangi drama Worlds Within tahun 2008 silam. Dua tahun setelahnya, Hyun Bin mengakui hubungan spesialnya dengan Song Hye Kyo.

Di saat publik memfavoritkan pasangan tersebut, Song Hye Kyo dan Hyun Bin justru memutuskan untuk berpisah pada 2011. Sulitnya menjalin komunikasi karena kesibukan masing-masing menjadi penyebab kandasnya hubungan mereka. 

Son Ye Jin juga sering dirumorkan pacaran hingga akan menikahi Hyun Bin semenjak membintangi film layar lebar The Negotiation (2018). Mereka bahkan pernah kepergok menghabiskan waktu bersama di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun, kedua agensi membantah keras kabar kencan dan mengatakan bahwa keduanya hanya berteman dekat.

Saat menghadiri konferensi pers drama Crash Landing On You pada Desember 2019 lalu, mereka angkat bicara mengenai rumor kencan yang terus menghampiri keduanya. Hyun Bin dengan santai menjawab bahwa itu hanyalah gosip semata, “Seperti yang kalian lihat, kami hanya menertawakannya. Rumor itu tidak menghalangi keputusanku untuk memilih proyek ini (Crash Landing On You),” katanya.

Antara Song Hye Kyo dan Son Ye Jin, siapakah yang paling kamu sukai?