img_title
Foto : YouTube

IntipSeleb – Solar MAMAMOO belum lama ini memposting video melalui channel YouTube pribadinya bernama solarsido. Biasanya, wanita bersuara emas ini mengunggah berbagai macam konten mulai dari vlog, cover lagu, hingga challenge yang tengah viral. Pada 6 Februari lalu, ia menyuguhkan sebuah video yang berbeda daripada biasanya.

Video yang diberi judul ‘Ritual Tradisional untuk Perempuan yang Paling Menyakitkan ...Adalah yang Terburuk’ ternyata membahas tentang bahayanya sunat pada wanita. Bagi seorang idola seperti Solar untuk memberanikan diri membicarakan topik tidak biasa seperti ini pun langsung menjadi sorotan. Apa yang sebenarnya ingin disampaikan olehnya? Simak artikel di bawah ini yuk!

Dalam Rangka Memperingati Hari Anti Sunat Perempuan Internasional

Solar MAMAMOOSumber Foto: solarsido YouTube Channel

Tujuan Solar mengunggah video demikian sekaligus untuk memperingati International Day of Zero Tolerance for Female Genital Mutilation atau berarti Hari Anti Sunat Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 6 Februari.

Bagi kalian yang belum familiar dengan hal ini, Female Genital Mutilation (FGM) disebut juga praktik sunat wanita. Prosedur ini diketahui masih marak dilakukan di sejumlah negara khususnya Afrika tanpa pengawasan medis yang jelas. 

Maka dari itu, PBB menetapkan hari tersebut dengan tujuan menyebarkan kesadaran betapa bahayanya memotong atau mengangkat alat vital pada wanita. Pasalnya, praktik tersebut tidak memiliki manfaat kesehatan. Itu juga melanggar kode etik profesi kesehatan dan hak asasi manusia. Diharapkan FMG benar-benar akan terberantas pada 2030 mendatang. 

Topik Terkait