X
  • Solar MAMAMOO

IntipSeleb – Solar MAMAMOO belum lama ini memposting video melalui channel YouTube pribadinya bernama solarsido. Biasanya, wanita bersuara emas ini mengunggah berbagai macam konten mulai dari vlog, cover lagu, hingga challenge yang tengah viral. Pada 6 Februari lalu, ia menyuguhkan sebuah video yang berbeda daripada biasanya.

Video yang diberi judul ‘Ritual Tradisional untuk Perempuan yang Paling Menyakitkan ...Adalah yang Terburuk’ ternyata membahas tentang bahayanya sunat pada wanita. Bagi seorang idola seperti Solar untuk memberanikan diri membicarakan topik tidak biasa seperti ini pun langsung menjadi sorotan. Apa yang sebenarnya ingin disampaikan olehnya? Simak artikel di bawah ini yuk!

Dalam Rangka Memperingati Hari Anti Sunat Perempuan Internasional

Solar MAMAMOO
Sumber Foto: solarsido YouTube Channel

Tujuan Solar mengunggah video demikian sekaligus untuk memperingati International Day of Zero Tolerance for Female Genital Mutilation atau berarti Hari Anti Sunat Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 6 Februari.

Bagi kalian yang belum familiar dengan hal ini, Female Genital Mutilation (FGM) disebut juga praktik sunat wanita. Prosedur ini diketahui masih marak dilakukan di sejumlah negara khususnya Afrika tanpa pengawasan medis yang jelas. 

Maka dari itu, PBB menetapkan hari tersebut dengan tujuan menyebarkan kesadaran betapa bahayanya memotong atau mengangkat alat vital pada wanita. Pasalnya, praktik tersebut tidak memiliki manfaat kesehatan. Itu juga melanggar kode etik profesi kesehatan dan hak asasi manusia. Diharapkan FMG benar-benar akan terberantas pada 2030 mendatang. 

Solar MAMAMOO Sedih Banyak Anak Muda Terpaksa Lakukan FGM

Solar MAMAMOO
Sumber Foto: solarsido YouTube Channel

Dalam videonya, Solar membeberkan temuan-temuan yang sudah dia kumpulan saat mencari tahu lebih dalam mengenai praktik sunat wanita agar para penonton bisa memahaminya. Dijelaskan bahwa FGM adalah prosedur yang melibatkan pengangkatan sebagian atau seluruh bagian eksternal atau cedera pada organ genital wanita untuk tujuan non-medis.

Wanita kelahiran 1991 ini sangat menyayangkan, FGM terpaksa dijalani oleh para perempuan yang usianya masih sangat muda. Biasanya, sunat ini dilakukan oleh mereka yang tinggal di daerah pedalaman, yang masih kental dengan adat istiadat. Ritual tersebut tidak dilakukan oleh tenaga ahli, melainkan warga biasa atau petinggi adat. Solar bercerita, FGM seringkali dilakukan tanpa anestesi dan alat medis yang memadai sehingga menimbulkan rasa sakit hingga pendarahan hebat. 

"Menurut data 2018 dari UNICEF (Korea), di 30 negara, anak perempuan dan wanita, telah teridentifikasi bahwa ada lebih dari 2 miliar yang telah menjalani FGM,” tuturnya dengan ekspresi wajah pilu.

Meminta Kesadaran Publik untuk Peduli dengan FGM

Solar MAMAMOO
Sumber Foto: solarsido YouTube Channel

Pemilik nama asli Kim Yong Sun ini berpendapat bahwa sunat wanita harus segera dihapuskan karena ritual tersebut mampu menyebabkan kematian. Bahkan, bagi mereka yang sudah pernah menjalani FGM, dipastikan akan mengalami komplikasi seumur hidup. 

Aku tidak mengatakan bahwa kita harus melakukan sesuatu yang hebat. Tapi, setidaknya untuk hari ini, coba cari tahu lagi hal-hal tentang FGM. Sadarilah bahwa prosedur seperti ini adalah malpraktek yang sangat buruk,” ungkap Solar.

Solar berharap lewat video ini, semua orang bersedia untuk mendukung penghapusan ritual ini. Tidak perlu melakukan hal besar, cukup dengan mencari tahu, membahas dengan teman, dan turut mendoakan para korban. Tindakan kecil demikian sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhir kata, idola 28 tahun tersebut mengajak para penggemar untuk melakukan donasi lewat organisasi seperti World Vision dan Plan Korea untuk memberi sedikit dukungan kepada para korban sunat wanita. Ia sendiri sudah memberikan donasi melalui website Plan Korea.

Tonton video Mamamoo di Daily Motion: