X

IntipSeleb – Arthdal Chronicles dikabarkan akan menggarap musim keduanya. Drama bergenre fantasi ini masih membuat banyak penonton penasaran karena akhir ceritanya sengaja dibuat terbuka. Sementara episode terakhir pada musim pertama ditayangkan pada 22 September 2019 silam.

Berawal dari rumor belaka, ternyata pihak stasiun TV kabel tvN akhirnya mengkonfirmasi bahwa tim produksi tengah mempersiapkan musim kedua Arthdal Chronicles. Rencananya, musim kedua akan memulai proses syuting pada pertengahan tahun 2020 ini, sekitar bulan September dan paling lambat Oktober mendatang.

Sebelumnya, Arthdal Chronicles musim pertama terbagi dalam tiga seri (enam episode per bagian) dengan total 18 episode. Biaya produksi untuk drama ini mencapai angka fantastis yakni 50 miliar won (sekitar Rp578 miliar). Namun, nominal tersebut nyatanya berbanding terbalik dengan rating yang didapat. Tidak sedikit penonton yang kecewa dengan drama ini.

Sutradara dan Para Pemain Arthdal Chronicle Season 2 Belum Pasti

Arthdal Chronicles
Sumber Foto: tvN

Selain membenarkan kabar Arthdal Chronicles musim kedua akan diproduksi, perwakilan dari tvN juga mengatakan bahwa sutradara serta jajaran pemain yang terlibat masih didiskusikan. 

Hal ini disebabkan karena sutradara Kim Won Suk yang mengarahkan musim pertama, sejak awal mengatakan hanya akan berpartisipasi dalam produksi satu musim Arthdal Chronicles dengan total 18 episode. 

Rumor lain menyebutkan jika Kim Kyu Tae dan Hong Jong Chan yang akan menjadi sutradara Arthdal Chronicles musim kedua. Kim Kyu Tae merupakan sosok yang mengarahkan drama populer seperti That Winter, The Wind Blows (2013), It’s Okay That’s Love (2014), serta Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016). Sedangkan sutradara Hong Jong Chan pernah menyukseskan drama produksi tvN yang lain, sebut saja Dear My Friends (2016) dan Her Private Life (2019). 

Bagaimana Nasib Song Joong Ki, Kim Ji Won, dan Jang Dong Gun?

Arthdal Chronicles
Sumber Foto: tvN

Di sisi lain, para pemain utama di Arthdal Chronicles musim pertama yakni Song Joong Ki, Jang Dong Gun, Kim Ji Won, dan Kim Ok Bin tetap akan ambil peran dalam musim kedua. Tapi hingga saat ini, masing-masing agensi yang menaungi aktor dan aktris itu belum merilis pernyataan resmi. 

Kontroversi Drama Arthdal Chronicles

Arthdal Chronicles
Sumber Foto: tvN

Sebagai drama yang ditayangkan di stasiun TV kabel, rating Arthdal Chronicles memang tidak terlalu memuaskan. Sepanjang 18 episode, drama ini tidak pernah memperoleh rating lebih dari 10 persen. Episode terakhirnya ditutup dengan angka 7,4 persen, berdasarkan laporan dari Nielsen Korea

Selama proses produksi hingga penayangan, Arthdal Chronicles menghadapi banyak kendala. Pertama, proses syuting drama yang sempat dilakukan di Brunei Darussalam diketahui telah menciptakan kondisi tidak adil bagi para staf produksi. Kemudian baru-baru ini, Erika Karata, pemeran Karika di musim pertama, terseret skandal perselingkuhan. Publik pun menuntut agar sang aktris tidak lagi membintangi Arthdal Chronicles musim kedua. 

Arthdal Chronicles juga sempat dituduh melakukan plagiarisme terhadap serial Game of Thrones. Karena terlalu banyak kontroversi, tak salah bila segelintir orang tidak menginginkan drama ini untuk dibuat musim keduanya.

Kalau kamu, apakah akan menantikan Arthdal Chronicles Season 2?