img_title
Foto : Getty Images

IntipSeleb Korea – Analisa Forbes akan kekayaan BTS dan dampak wajib militer untuk pemerintah Korea Selatan menuai sorotan. Fortune menuliskan hasil analisa itu bahwa BTS memiliki dampak yang sangat besar untuk ekonomi Korea Selatan sehingga menjadikan pemerintah diperkirakan akan kehilangan miliaran Dollar Amerika atau setara dengan Trilliun Rupiah pe rtahunnya.

Lantas bagaimana hasil analisa itu? Benarkah dampak BTS sebegitu besar untuk ekonomi Korea Selatan? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Kekayaan BTS untuk Negara

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Sebelumnya, pada tanggal 17 Oktober lalu Big Hit Music secara resmi mengumumkan bahwa anggota BTS akan menjalankan wajib militer yang dimulai dari Jin. Dalam wajib militer, tujuh anggota yang diizinkan pemerintah untuk ditunda pada tahun 2020 lalu itu, juga dapat menimbulkan pengaruh terhadap biaya ekonomi.

Diketahui bahwa sejak merilis album pertamanya sembilan tahun lalu, grup musik BTS meraih nominasi Grammy Awards yang beranggotakan RM, Jin, Suga, H-Hope, Jimin, V, dan Jung Kook telah membuktikan nilai dalam kekuatan ekonomi sekaligus kemenangan di industri musik hiburan.

Pada tahun 2018, Hyundai Research Institute menyatakan bahwa BTS berkontribusi lebih dari $3,6 Miliar atau senilai Rp55,7 Triliun. Kontribusi itu untuk ekonomi Korea Selatan setiap tahun yang setara dengan kontribusi dari 26 perusahaan menengah.

Topik Terkait