• Kai EXO, Kang Daniel, Taemin SHINee

IntipSeleb – Kebebasan berekspresi terutama dalam urusan busana masih dianggap negatif oleh sebagian orang. Hal ini berlaku ketika pria mengenakan busana untuk wanita, dan sebaliknya.

Sederet idola pria K-Pop pun mencoba untuk mematahkan stigma publik dengan menantang diri mereka sendiri untuk berpenampilan beda. Hal ini biasanya dilakukan setiap kali grup atau penyanyi melakukan comeback. Tidak hanya berfokus pada konsep dan musik, kostum panggung juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

Namun ada beberapa idola pria yang mulai berani untuk mengenakan salah satu pakaian yang identik dengan wanita yakni crop top. Ya, para idola K-pop pria ini memamerkan perut mereka saat tampil di atas panggung. Tidak memperlihatkan sisi feminin, justru menampilkan kesan seksi, menyenangkan, dan intens.

Siapa saja sih idola pria yang sudah berani berpenampilan mengenakan crop top saat tampil di atas panggung? Simak penjelasannya di bawah ini!

Donghun A.C.E

Donghun A.C.E
Sumber Foto: A.C.E Official YouTube Channel

Gaya berbusana dengan crop top sangat mudah untuk dipadu-padankan, seperti yang dilakukan anggota boyband A.C.E ini, Donghun. Saat melakukan comeback musim panas tahun lalu lewat lagu TAKE ME HIGHER, pria 26 tahun itu mengenakan crop top berwarna merah, yang senada dengan warna rambutnya kala itu. Selama menarikan koreografi, penggemar dapat melihat perutnya lebih jelas.

Kai EXO

Kai EXO
Sumber Foto: SMTOWN YouTube Channel

Tren model berpakaian mengenakan crop top di kalangan idola pria mulai kembali populer berkat Kai EXO. Selama promosi lagu Tempo, mantan kekasih Jennie Blackpink ini memilih crop top sebagai kostum panggungnya. Tidak hanya ditampilkan dalam video klip, pria bernama asli Kim Jong In ini tidak malu untuk memamerkan perut datarnya di atas panggung.

Gaya berpakaian ini sempat disinggung saat EXO menjadi bintang tamu dalam variety show Knowing Brothers. Kai menyebutkan bahwa usai perform, justru membuatnya tidak percaya diri mengenakan crop top. Maka dari itu, ia kerap membungkukkan badan agar perutnya tertutupi.

“Pas jalan dari koridor menuju panggung, saya kan melewati banyak orang. Karena yang kelihatan hanya bagian pusar, itu membuat saya menjadi malu,” ungkapnya.

Kang Daniel

Kang Daniel
Sumber Foto: Osen

Disebut-sebut sebagai orang nomor satu di Korea Selatan lantaran menjadi mantan center dari grup Wanna One, Kang Daniel juga pernah mengenakan crop top saat tampil di atas panggung. Pria kelahiran 1996 ini memang dikenal memiliki abs berlapis pada perutnya. Hal tersebut terbukti ketika para penggemar mengabadikan foto Daniel yang tengah mengangkat bajunya. Kang Daniel mengenakan crop top di konser terakhir Wanna One bertajuk Therefore pada awal Januari lalu. 

Di konser tersebut, peraih peringkat pertama dalam survival show Produce 101 Season 2 ini memperlihatkan bagian perutnya secara terang-terangan. Publik menganggap abs yang dimiliki Daniel adalah sebuah ‘mahakarya’.

Bae Jin Young CIX

Bae Jin Young
Sumber Foto: Osen

Satu lagi mantan personel dari boyband Wanna One, Bae Jin Young yang tak mau kalah untuk mengenakan crop top saat menjalani aktivitas sebagai seorang idola. Dalam acara MBC Plus X Genie Music Awards pada November 2018 lalu, lelaki 19 tahun ini membuat penggemar histeris saat dia memperlihatkan perutnya di atas panggung.

Bae Jin Young yang dikenal sebagai sosok yang kalem pun mampu mematahkan stigma penggemar, di mana dia bisa menunjukkan sisi lain dalam dirinya, dengan memancarkan aura seksi.

Wonho MONSTA X

Wonho MONSTA X
Sumber Foto: StarshipTV Official YouTube Channel

Wonho selalu ingin menyuguhkan sesuatu yang berbeda dan melebihi ekspektasi publik terhadap dirinya. Ia juga dijuluki sebagai ikon seksi di grup MONSTA X. Pria yang memiliki badan bak binaragawan ini telah tampil dengan berbagai macam pakaian 'unik' selama beberapa tahun terakhir, tapi yang paling mencuri perhatian adalah ketika dirinya mengenakan crop top.

Wonho lumayan sering bereksperimen dengan jenis baju ini. Tidak hanya dijadikan sebagai kostum panggung, pria kelahiran 1993 ini juga mengenakannya sebagai baju sehari-hari.

Taemin SHINee

Taemin SHINee
Sumber Foto: Osen

Model berpakaian yang tenar di tahun 90-an ini ternyata juga cocok dikenakan oleh Taemin. Salah satu anggota grup SHINee ini sudah mematahkan stereotip publik soal gender sejak awal debut. Taemin sempat memiliki rambut panjang dan berpakaian seperti perempuan. Bahkan, publik mengakui bahwa pria bernama lengkap Lee Taemin ini jauh lebih cantik ketimbang wanita asli.

Crop top nyatanya merupakan fashion statement dari sosok Taemin sejak lama. Pelantun lagu Move tersebut sudah bereksperimen dengan crop top sebelum jenis pakaian tersebut populer belakangan ini.