• Hotel Del Luna

IntipSeleb – Hotel Del Luna resmi berakhir pada 1 September 2019 lalu, Dengan total 16 episode drama besutan tvN ini berhasil menjadi kecintaan banyak penonton. Selain karena chemistry serta akting para aktor dan aktris yang memukau, jalan cerita yang disuguhkan pun berbeda dari drama-drama lain. 

Selama masa penayangan, drama yang dibintangi oleh IU dan Yeo Jin Goo tersebut menuai berbagai kesuksesan. Mulai dari memperoleh rating yang kerap menjulang tinggi hingga menjadi bahan perbincangan publik dalam berbagai aspek. Hotel Del Luna seakan tidak pernah absen menghiasi slot di situs-situs online.

Raih Rating Tertinggi

IU dan Yeo Jin Goo
Sumber Foto: tvN

Episode terakhir Hotel Del Luna mencatatkan rating tertingginya. Menurut lembaga rating Nielsen Korea, drama tersebut mencatat rating sebesar 12 persen secara nasional. Angka tersebut mengalami kenaikan 2,1 persen dari episode sebelumnya.

Tidak hanya berhasil meraih rekor rating tertingginya selama masa penayangan, Hotel Del Luna juga dinobatkan sebagai drama tvN dengan rating tertinggi di tahun ini. 

Episode Terakhir Penuh Misteri

Hotel Del Luna - Kim Soo Hyun cameo
Sumber Foto: tvN

Hotel Del Luna mempersiapkan sesuatu yang spesial pada episode terakhir, yakni lewat penampilan Kim Soo Hyun sebagai cameo. Kemunculan aktor kelahiran 1988 itu justru menimbulkan kebingungan, seakan mengisyaratkan bahwa cerita Hotel Del Luna belum sepenuhnya berakhir.

*Spoiler Alert!* Para pelayan Hotel Del Luna telah membicarakan rencana Ma Go (diperankan Seo Yi Sook) untuk membawa pemilik hotel baru. Pada episode terakhir, kedua belas pelayan tampak berkumpul di lobby hotel untuk menyambut sang CEO.

“Aku membawa pemilik baru yang sangat mengejutkan untuk penginapan bulan karena cerita penginapan bulan harus terus berlanjut,” kata Ma Go.

Nama Hotel Del Luna pun berubah menjadi Hotel Blue Moon. Dengan efek asap, seorang pria misterius hadir dengan pakaian rapi sambil membawa segelas alkohol. Setelah berbalik badan, sosok tersebut adalah Kim Soo Hyun.

“Bulan sudan naik. Saatnya untuk memulai bisnis,” ucapnya. Setelah kalimat tersebut dilontarkan Kim Soo Hyun, drama Hotel Del Luna resmi tamat, meninggalkan teka-teki bagi penonton.

Akan ada Hotel Del Luna Season 2?

Hotel Del Luna
Sumber Foto: @dlwlrma/Instagram

Adegan tersebut lantas membuat penonton berspekulasi adanya musim kedua untuk drama Hotel Del Luna yang akan dibintangi oleh Kim Soo Hyun. Menurut pernyataan sebuah sumber dari tvN, hingga saat ini pihak tim produksi belum merencanakan proyek tersebut.

“Kami belum mendiskusikan apa pun tentang musim kedua. Sulit bagi kami untuk memberikan jawaban pasti apakah akan ada musim kedua atau tidak karena para staf tidak pernah membicarakan kemungkinan tersebut. Kami percaya bahwa ini adalah ekspresi dari kecintaan dan dukungan penggemar, kami sangat berterima kasih,” kata pihak tvN, dikutip dari Soompi.

Antusias Penonton

Berakhirnya drama Hotel Del Luna pun meninggalkan kesedihan sekaligus rasa penasaran bagi para penonton. Tidak tanggung-tanggung, mereka menyemarakkan tagar #HotelDelLunaTeam_ThankYou dan #HotelBlueMoon hingga menjadi Trending Topic Twitter di Indonesia. Para penonton setia mengekspresikan harapan mereka agar Hotel Del Luna segera memproduksi musim keduanya.

Sebagai bentuk dukungan, mereka menyampaikan terima kasih kepada seluruh staf dan pemain Hotel Del Luna yang telah bekerja keras selama beberapa bulan terakhir. Drama ini juga mendapat sederet pujian berkat akhir cerita yang dianggap realistis.

Tweet Hotel Del Luna
Sumber Foto: Twitter

Kira-kira Hotel Del Luna bakalan ada musim keduanya gak yah? Kalau iya, apakah kamu tetap ingin menontonnya?