img_title
Foto : Instagram/@hansoljang110

IntipSeleb – Pemilik akun YouTube Korea Reomit bernama Jang Hansol menjadi trending topik di Twitter sejak Rabu malam, 6 Mei 2020. Pria yang lancar berbahasa Indonesia ini membeberkan berita jenazah anak buah kapal (ABK) Indonesia yang dibuang ke laut.

Berkat video YouTube Hansol yang diunggah pada Rabu, 6 Mei 2020, masalah yang dialami oleh ABK Indonesia di kapal nelayan China itu kini viral. Seperti apa permasalahannya? Berikut penjelasannya.

Diberitakan MBC News

Jang Hansol menjelaskan bahwa berita yang disiarkan oleh saluran televisi nasional MBC itu sedang viral di Korea Selatan. ABK Indonesia yang bekerja di atas kapal nelayan China diperlakukan tidak manusiawi hingga meninggal. Detik-detik proses pembuangan jenazah ABK Indonesia ke laut saat ini viral di Korsel.

“Mereka itu bawa air mineral ke kapal tapi yang minum orang China sedangkan orang Indonesianya disuruh minum air laut yang difiltrasi. Sehari kerja 30 jam berdiri diselingi waktu 6 jam dihitung sebagai waktu istirahat,” tutur Hansol menerjemahkan berita MBC.

Hansol menjelaskan kalau berita mengenai kondisi ABK Indonesia di kapal China tersebut belum sampai ke Indonesia, padahal di Korea sendiri sudah viral.

Topik Terkait