img_title
Foto : Le_sserafim/twitter

IntipSeleb Korea – Isu plagiat kembali menyeret industri KPop. Kali ini, publik menuduh grup LE SSERAFIM menjiplak penyanyi Rosalia, penyanyi populer asal Spanyol. Hal itu tengah menjadi bahan perbincangan hangat di komunitas online.

Lantas, seperti apa? Yuk, langsung simak ulasan berikut ini!

LE SSERAFIM dituduh jiplak Rosalia

rosalia
Sumber: YouTube/Rosalia – Linda MV

Baru-baru ini, LE SSERAFIM dikecam karena diduga menjiplak penyanyi asal Spanyol, Rosalía. Netizens pertama kali menganalisis nyanyian dalam teaser audio “UNFORGIVEN” yang ditampilkan oleh LE SSERAFIM.

Mereka mengklaim cara girl grup bernyanyi dan ketukan dalam lagu tersebut mirip dengan "LINDA" Rosalía yang dirilis pada tahun 2021. Netizen juga menunjukkan kemiripan yang mencolok antara pengembangan dan narasi "ANTIFRAGILE", terutama perubahan suasana hati di 0: 27, dan "DEBUT" Rosalía.

Publik juga melihat beberapa tumpang tindih dalam adegan M/V dan ide penampilan antara girl grup Korea dan penyanyi Spanyol itu. Helm sepeda motor dengan telinga kucing yang ditemukan di “FEARLESS” LE SSRAFIM (Mei 2022) mirip dengan yang ada di “SAOKO” Rosalía (4 Februari 2022). Sebuah adegan dari M/V “Antifragile” yang dirilis pada Oktober 2022 mengacu pada “Chicken Teriyaki” yang dirilis pada Februari 2022.

Topik Terkait