img_title
Foto : INSTAGRAM/kasper0524

Korea Selatan Kasper, yang dikenal luas sebagai koreografer eksklusif EXO , mengejutkan para penggemar dengan mengungkapkan pendapatan bulanannya yang luar biasa. Detail kesuksesan finansialnya telah mengirimkan melalui fandom K-Pop.

Usut punya usut, gaji koreografer EXO ini ternyata punya penghasilan ratusan juta. Penasaran seperti apa? Yuk, intip artikel di bawah ini!

Gaji Koreografer EXO

Beberapa tahun yang lalu, kamu mungkin telah menemukan nama Kasper terdaftar di antara lautan calon peserta pelatihan yang mengejar impian menjadi bintang K-Pop. Namun hari ini, namanya duduk di bagian atas daftar yang jauh lebih eksklusif, dipuji sebagai salah satu koreografer paling berpengaruh di industri ini.

Koreografi inovatifnya untuk grup idola papan atas seperti EXO, Stray Kids , dan SHINee telah menjadi detak jantung dari banyak pertunjukan hit, membuatnya mendapatkan reputasi sebagai koreografer terkemuka Korea.

Perjalanan Kasper tidak selalu glamor. Setelah menghabiskan tujuh tahun yang melelahkan sebagai trainee idola, dia melepaskan impian menyanyinya dan mengarahkan karirnya menuju koreografi.

Transisi awalnya ditandai dengan penghasilan yang sedikit; gaji pertama yang dia peroleh hanyalah ₩200.000 KRW (sekitar $156 USD) atau Rp2 juta. Tapi seperti koreografi khasnya, Kasper adalah tentang ritme, momentum, dan pengaturan waktu yang sempurna.

“Aku menyerah pada mimpiku menjadi seorang penyanyi dan setelah itu, jadwal pertama yang aku ikuti, bayaran yang aku terima adalah 200.000 won,” ucap Kaper dilansir dalam Koreaboo pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Kini ia telah terkenal dan mendapatkan penghasilan mengejutkan ₩70,0 juta KRW (sekitar $54.700 USD) atau Rp824 juta selama sebulan. Gajinya ini 35 kali lebih banyak dari gaji awalnya.

Koreografer bintang ini mengakui bahwa gaji ini didasarkan pada kesibukannya. Dia berbagi bahwa sepanjang tahun ini dianggap sebagai periode puncak. Apalagi diketahui dari banyaknya jumlah comeback idola.

Karier Kasper

Topik Terkait