img_title
Foto : GajiGesa

Korea Selatan – Di Indonesia, menjadi seorang PNS masih dianggap sebagai pekerjaan impian yang diminati oleh banyak anak muda. Faktor-faktor seperti pangkat, jabatan, gaji, dan manfaat pensiun yang diberikan kepada para ASN/PNS menjadi daya tarik utama profesi ini di Indonesia.

Namun, situasinya berbeda di Korsel. Warga Korea Selatan kini banyak yang meninggalkan pekerjaan ini. Penasaran apa alasannya? Yuk, intip di bawah ini.

ASN atau PNS Tidak Jadi Pekerjaan Impian

Pinterest/Jessica Jane
Foto : Pinterest/Jessica Jane

Melansir dari dari The Korea Herald pada Senin, 2 Oktober 2023. Terdapat data terbaru menunjukkan bahwa sekitar setengah dari pegawai Pemerintah Kota Seoul memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan mereka, bahkan jika mereka telah bekerja kurang dari lima tahun.

Pada Maret 2023 lalu, Kementerian Manajemen Personalia melaporkan bahwa persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil tingkat pemula di Korsel adalah yang terendah dalam lebih dari 30 tahun.

Dua studi terpisah menunjukkan bahwa pekerjaan ASN/PNS, yang dahulu sangat diinginkan oleh generasi muda, sekarang bukan lagi pekerjaan impian di negara tersebut.

Topik Terkait