img_title
Foto : Pinterest

Korea Selatan – Sebuah wadah tip di sebuah toko bagel terkenal di Seoul, Korea Selatan, telah memicu perdebatan nasional tentang konsep memberi tip, yang sebagian besar orang menentang ide menjadikan pemberian gratifikasi sebagai hal yang biasa.

Para kritikus menyatakan bahwa memberi tip dapat menciptakan kebingungan diantara warga Korea Selatan. Lantas seperti apakah informasinya? Yuk, intip di bawah ini.

Perdebatan Tentang Budaya Memberi Tip

Pinterest
Foto : Pinterest

Melansir dari The Korea Herald pada Selasa, 3 Oktober 2023, pandangan masyarakat Korea Selatan sangat berbeda dari Amerika Serikat, di mana sekitar 20% dari total pendapatan pekerja di sektor jasa berasal dari tip. Di Eropa, pekerja di kafe dan restoran juga sangat menghargai tip.

Karena tidak ada tradisi memberi tip di Korea Selatan, banyak warga yang kesulitan menentukan jumlah yang tepat ketika mereka bepergian ke luar negeri. Sebagian besar dari mereka bahkan mungkin memberi terlalu banyak tip karena takut melukai perasaan jika memberi terlalu sedikit.

Perdebatan tentang budaya memberi tip di Korea Selatan dimulai pada bulan Juli, ketika sebuah foto kotak tip di samping kasir di sebuah toko bagel di Seoul menjadi viral di media sosial. Kotak tersebut diisi dengan uang kertas dan disebut "kotak tip".

Topik Terkait