img_title
Foto : JTBC News

Insel Rewind – Sepanjang tahun 2023 ini ada deretan artis Korea yang terseret ke dalam kasus dugaan penggunaan narkoba, hingga mendapat hasil positif menggunakan obat-obatan tersebut.

Kasus narkoba yang melibatkan artis Korea ramai menarik atensi publik, terlebih mereka sedang berada di puncak karier kesuksesan. Selain itu, skandal tersebut juga mengakibatkan terputusnya sejumlah kerja sama diantaranya ikkan serta drama yang akan ditayangkan.

Lantas, siapa saja artis Korea yang terseret dalam kasus narkoba di tahun 2023? Intip sama-sama yuk melalui ulasan di bawah ini.

Yoo Ah In

Xports News
Foto : Xports News

Memasuki awal bulan Februari 2023, industri hiburan Korea Selatan digemparkan dengan dugaan penggunaan narkoba yang dilakukan oleh aktor Yoo Ah In.

Selang satu hari setibanya di Korea Selatan usai mengunjungi Amerika Serikat, Yoo Ah In diminta untuk menjalani interogasi oleh pihak kepolisian, lalu terdeteksi lebih dari satu jenis narkoba yang berada dalam tubuh Yoo Ah In, diantaranya propofol, ganja, hingga kokain.

Pemeriksaan terus berlanjut dan Yoo Ah In dituding membeli propofol sebanyak 181 kali sejak September 2020 hingga Maret tahun 2022, juga secara ilegal meresepkan dan membeli obat tidur atas nama orang lain dari Mei 2021 hingga Agustus tahun 2022.

Di bulan Oktober, jaksa penuntut mendakwa Yoo Ah In tanpa penahanan atas delapan dakwaan, termasuk ganja, obat-obatan psikotropika,ganja, perusakan barang bukti, pelanggaran Undang-Undang Pelayanan Medis, penipuan, pelanggaran Undang-Undang Asuransi Kesehatan Nasional dan pelanggaran Undang-Undang Asuransi Kesehatan Nasional serta Undang-Undang Pendaftaran Penduduk.

Karena kasus tersebut Yoo Ah In hengkang dari sejumlah proyek kerja samanya, salah satunya drama Hellbound season 2.

Sementara itu sidang pertama Yoo Ah In yang dijadwalkan pada 14 November 2023 terpaksa harus ditunda karena sang pengacara pengundurkan diri, sehingga diputuskan sidang akan dilanjutkan tanggal 12 Desember 2023.

Lee Sun Kyun

Newsis
Foto : Newsis

Pada Oktober lalu pihak kepolisian Korea Selatan membenarkan bahwa Lee Sun Kyun merupakan sosok aktor top inisial L yang terseret dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba.

Lebih lanjut, turut terindikasi adanya insiden pemerasan yang dilakukan pihak pengedar narkoba kepada Lee Sun Kyun.

"Dan membayar sejumlah besar uang kepada pengedar narkoba, meski perlu kami selidiki, kami menduga alasan pemerasan dari pengedarnya adalah karena ketenarannya (Lee Sun Kyun),” jelas pihak kepolisian.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, 100 helai rambut Lee Sun Kyun diuji usai mendapat surat perintah penggeledahan. Hasilnya, ganja atau obat-obatan farmasi tidak terdeteksi dalam hasil tes.

Kendati begitu polisi menyatakan hasil negatif bukan berarti tersangka tidak menggunakan narkoba selama 8-10 bulan terakhir, sehingga pihak kepolisian melanjutkan penyelidikan karena dugaan penggunaan narkoba masih ada.

Tidak sampai di situ, aktor film Parasite tersebut juga sempat mengaku ditipu oleh manajernya sendiri.

“Manajer menipuku. Dia memberiku sesuatu dan tidak memberitahuku yang sebenarnya. Saya tidak tahu bahwa saya menggunakan narkoba," kata Lee Sun Kyun, seperti dilansir dari Yonhap News pada 5 November 2023.

Usai melakukan test reagen dan urin, Lee Sun Kyun terbukti negatif narkoba. Kendati begitu, polisi mengumpulkan bulu tubuh tambahan dari aktor Lee Sun Kyun dan meminta analisis rinci kedua dari Institut Ilmu Forensik Nasional.

Kasus narkoba yang menyeret nama Lee Sun Kyun juga dicurigai sebagai sebuah pengalihan isu besar.

G-Dragon BIGBANG

Yonhap News
Foto : Yonhap News

Usai Lee Sun Kyun, nama G-Dragon turut terseret dalam dugaan kasus penyalahgunaan narkoba. Pada 25 Oktober 2023, Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Incheon mendakwa G-Dragon tanpa penahanan atas tuduhan melanggar undang-undang tentang pengelolaan narkoba. G-Dragon dituding mengonsumsi obat-obatan psikotropika secara ilegal.

Lebih lanjut, Pengacara Kim Soo Hyun selaku perwakilan hukum G-Dragon menegaskan bahwa tuduhan yang menyeret nama kliennya tidak benar.

Kami menyampaikan posisi Kwon Ji Yong mengenai berita yang tidak berdasarkan fakta yang menyebar tanpa pandang bulu akhir-akhir ini,” tulis pihak hukum G-Dragon dilansir dalam Naver pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Kendati begitu, pelantun lagu One Of A Kind tersebut dengan sukarela akan kooperatif menjalani penyelidikan lebih lanjut.

Namun karena kami tahu banyak orang yang khawatir, kami akan secara aktif bekerja sama dengan penyelidikan badan investigasi,” ujar G-Dragon.

G-Dragon diharuskan untuk melakukan sejumlah pemeriksaan diantaranya tes urin, rambut hingga kuku yang mana hasilnya negatif menggunakan narkoba.

Kemudian pada 25 November 2023, larangan perjalanan G-Dragon untuk bepergian ke luar negeri telah dicabut usai hasil akhir pemeriksaan narkoba G-Dragon yang terbukti negatif.

Itu tadi deretan artis Korea yang terseret dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba sepanjang tahun 2023. Perlu diingat, narkoba merupakan obat-obatan terlarang dan tidak bisa dimiliki terlebih digunakan oleh sembarang orang. Jadi, jauhi narkoba ya!

Topik Terkait