img_title
Foto : Kcc.id/instagram

Korea Selatan – Korea Selatan masih menjadi salah satu negara primadona yang masuk ke dalam bucket list liburan masyarakat Indonesia.

Negara yang memiliki julukan Negeri Gingseng tersebut tidak hanya menawarkan wisata sejarah serta kemajuan teknologinya, namun juga terkenal akan dunia entertainment yang telah melahirkan grup-grup Kpop serta selebritinya.

Tentunya, berlibur ke Korea Selatan tidak perlu lagi khawatir bikin kantong kamu bolong dengan memperhitungkan beberapa tips di bawah ini. Scroll yuk selengkapnya.

1. Persiapkan Paspor dan Visa

Pinterest/Hello KPop
Foto : Pinterest/Hello KPop

Paspor menjadi salah satu dokumen identitas wajib yang dibutuhkan ketika hendak pergi ke luar negeri dan bisa dibuat kapan saja dengan biaya Rp350.000 - Rp650.000 tergantung jenis paspornya.

Selain itu, ketika hendak berlibur ke Korea Selatan kamu juga diharuskan memiliki Short-Term Visit Visa untuk durasi kunjungan kurang dari 90 hari. Tarif untuk mengurus visa berada di angka kurang lebih Rp840.000.

2. Tiket Pesawat

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Setelah menentukan tanggal keberangkatan ke Korea Selatan, hal yang pastinya harus kamu lakukan adalah memesan tiket pesawat pulang-pergi.

Ada berbagai macam maskapai yang menawarkan keberangkatan ke Korea Selatan dan kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan budgetmu. Biasanya, tiket pesawat menuju Korea Selatan berada di angka Rp7.000.000 - Rp18.000.000.

3. Penginapan

Traveloka
Foto : Traveloka

Untuk menghemat budget penginapan, kamu bisa memanfaatkan layanan homestay warga lokal yang dapat dipesan melalui aplikasi.

Namun jika kamu menginginkan pelayanan yang menyediakan sarapan hingga makan malam, kamu bisa mencari hotel dengan menyesuaikan budget liburanmu.

4. Transportasi

kcc.id/instagram
Foto : kcc.id/instagram

Korea Selatan dikenal dengan transportasi umumnya yang nyaman dan canggih seperti busway hingga kereta cepat.

Deretan fasilitas publik tersebut juga dapat dinikmati dengan mudah oleh wisatawan asing dengan membeli kartu T-Money yang tersedia di swalayan. Tentunya menggunakan transportasi umum bisa menghemat budget selama di Korea Selatan.

5. Konsumsi

kcc.id/instagram
Foto : kcc.id/instagram

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Korea Selatan namun melewati wisata kulinernya. Kamu bisa mengunjungi Gwangjang Market, Namdaemun Market, hingga Myeongdong Streetfood untuk merasakan pengalaman menikmati hiburan malam di Korea Selatan sekaligus mencicipi berbagai makanan yang dijajahkan.

Makanan yang dijajahkan di pasar malam di Korea berkisar dari harga 1.000 won sampai 5.000 won atau sekitar Rp12.000 sampai Rp60.000.

Itu tadi tips-tips budgetin untuk liburan ke Korea Selatan, jadi apakah kamu tertarik untuk segera memasukan Korea Selatan ke dalam bucket list liburanmu?

Topik Terkait