img_title
Foto : X/Riize_official

Korea Selatan – Pada kaleidoskop 2023 kali ini akan membahas deretan skandal artis Korea paling konversional yang terjadi sepanjang tahun ini.

Skandal-skandal tersebut menarik banyak perhatian publik, hingga tidak henti menjadi pembahasan di media sosial. Lantas, siapa saja artis Korea yang terseret skandal di tahun 2023 ini? Intip sama-sama yuk!

1. Skandal Narkoba Yoo Ah In

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Industri hiburan Korea Selatan digemparkan dengan dugaan penggunaan narkoba yang dilakukan oleh aktor Yoo Ah In.

Pada awal Februari lalu setibanya di Korea Selatan usai mengunjungi Amerika Serikat, Yoo Ah In diminta untuk menjalani interogasi oleh pihak kepolisian, lalu terdeteksi lebih dari satu jenis narkoba yang berada dalam tubuh Yoo Ah In, diantaranya propofol, ganja, hingga kokain.

Pemeriksaan terus berlanjut dan Yoo Ah In dituding membeli propofol sebanyak 181 kali sejak September 2020 hingga Maret tahun 2022, juga secara ilegal meresepkan dan membeli obat tidur atas nama orang lain dari Mei 2021 hingga Agustus tahun 2022.

Di bulan Oktober, jaksa penuntut mendakwa Yoo Ah In tanpa penahanan atas delapan dakwaan, termasuk ganja, obat-obatan psikotropika,ganja, perusakan barang bukti, pelanggaran Undang-Undang Pelayanan Medis, penipuan, pelanggaran Undang-Undang Asuransi Kesehatan Nasional dan pelanggaran Undang-Undang Asuransi Kesehatan Nasional serta Undang-Undang Pendaftaran Penduduk.

Karena kasus tersebut Yoo Ah In hengkang dari sejumlah proyek kerja samanya, salah satunya drama Hellbound season 2.

Sementara itu sidang pertama Yoo Ah In yang dijadwalkan pada 14 November 2023 terpaksa harus ditunda karena sang pengacara pengundurkan diri, sehingga diputuskan sidang akan dilanjutkan tanggal 12 Desember 2023.

2. Ravi Eks VIXX Pakai Joki Wajib Militer

Instagram/ravithecrackkidz
Foto : Instagram/ravithecrackkidz

Mantan anggota grup Kpop VIXX yakni Ravi dijatuhi hukuman usai kedapatan menggunakan joki untuk meghindari wajib militer. Pria kelahiran tahun 1993 itu dijatuhi hukuman karena memalsukan dokumen medis dan dokumen lainnya saat mendaftar wajib militer.

Dalam dokumen palsunya, Ravi mengaku mengalami epilepsi, padahal hasil data dokter yang diselediki polisi dikatakan bahwa ia tak mengalami hal itu.

Dalam hasil tes, Ravi dinyatakan sehat dan tak ada penyakit yang dikhawatirkan. Ravi telah diselidiki polisi dan menyelesaikan persidangan pertama di Pengadilan Distrik Selatan Seoul, Sinjeong-dong, Seoul pada pagi hari tanggal 11 April 2023.

Sementara itu, polisi menemukan bukti bahwa pada Maret 2021 perwakilan agensi Ravi menandatangani kontrak senilai 50 juta won sebagai success fee dan menerima skenario akting epilepsi palsu. Selanjutnya, Ravi berhasil diberikan sertifikat medis untuk dinas militer pada Juni 2021.

Goo lalu mengirim pesan, "Bagus, ini pengecualian dari dinas militer," kepada pihak Ravi. Selama proses tersebut, ahli saraf Ravi mengatakan, "Tidak ditemukan kelainan atau gejala khusus,"

Menurut pihak ahli saraf, tidak diperlukan pengobatan atau resep. Namun, Ravi ngotot minta resep dengan mengatakan, "Karier musikku bisa berakhir," seperti dalam skenario Goo.

Pada akhirnya, Ravi berhasil mendapatkan diagnosis epilepsi. Hal yang sama berlaku untuk Nafla, artis lain dari agensi Ravi.

Atas kasus tersebut, Ravi mendapatkan vonis 2 tahun hukuman percobaan serta digadang-gadang akan mengulang masa wajib militernya.

3. Bullying yang Dilakukan Bintang Drama The Glory

hereare0318/instagram
Foto : hereare0318/instagram

Bintang drama The Glory yakni Kim Hieora sempat terseret kasus bullying. Selama berada di Sekolah Menengah Perempuan Sangji di Wonju, Provinsi Gangwon, rumor beredar bahwa aktris tersebut adalah bagian dari kelompok iljin (penindasan) ‘Big Sangji,' yang terkenal karena aktivitasnya termasuk pemerasan, penyerangan, dan pelecehan verbal.

Dalam wawancara dengan Dispatch tanggal 11 September lalu diskusi panas mengenai kontroversi terkait sekolahnya terungkap.

Lebih lanjut, Kim Hieora dengan tegas menyangkal keterlibatannya dalam insiden besar apa pun, termasuk insiden jeans, dugaan pemerasan celana Dickies, dan penyerangan arcade yang kontroversial.

"Meskipun aku adalah bagian dari 'Big Sangji', aku tidak menjunjung karakter yang sempurna selama waktu itu. Aku tidak dapat menjamin bahwa saya mungkin tidak memainkan peran dalam hal-hal buruk ini. kegiatan,” kata Kim Hieora dilansir dari Allkpop, 14 September 2023.

Kim Hieora juga mengakui mengumpulkan uang untuk teman-teman yang lebih tua. Ia juga mengakui bahwa dia adalah kaki tangan dalam pemerasan uang.

Kemudian Gram Entertainment selaku agensi Kim Hieora turut buka suara soal tudingan bully terhadap artis asuhannya. Agensi tersebut mengatakan jika tuduhan tersebut telah merusak reputsi aktris.

Atas dasar itu, agensi Kim Hieora tersebut dengan tegas menyatakan akan mengambil tindakan hukum untuk Dispatch.

4. Skandal Ciuman Diduga Seunghan RIIZE

Allkpop
Foto : Allkpop

Baru saja mengawali kariernya di industri hiburan, idol asuhan SM Entertainment yakni Seunghan RIIZE dinyatakan vakum usai namanya terseret ke dalam deretan kontroversi.

Sempat beredar foto pasangan sedang berciuman yang dicurigai sebagai Seunghan RIIZE. Kemudian pada 30 Agustus ia memposting di Instagram resmi RIIZE menyusul kontroversi tersebarnya foto yang diduga dirinya tengah mencium seorang wanita.

Melalui postingan itu, Seunghan RIIZE meminta maaf karena merasa rumor pribadi yang ia sebabkan dapat menimbulkan kerugian pada grupnya jelang debut.

Tidak sampai di situ, pada bulan November beredar cuplikan video memperlihatkan sosok yang kembali diduga sebagai Seunghan RIIZE saat sedang merokok.

Buntut dari deretan skandal tersebut, SM Entertainment memutuskan bahwa Seunghan hiatus dari indistri hiburan sehingga absen dari jadwal RIIZE.

5. Video Merokok Choi Hyun Wook

_choiiii__/instagram
Foto : _choiiii__/instagram

Pada awal Oktober lalu beredar cuplikan video yang memperlihatkan Choi Hyun Wook sedang merokok ditemani dengan 2 orang wanita.

Tak hanya itu, sosok yang disebut-sebut sebagai Choi Hyun Wook itu juga dengan sembarangan membuang puntung rokok yang sudah digunakannya.

Melansir dari Xsports News pada 12 Oktober 2023, seorang staf dari pihak polisi kantor Gangnam-gu di Seoul mengatakan jika mereka akan menindak lanjuti terkait kasus Choi Hyun Wook

"Kami telah mengkonfirmasi isi video tersebut dan sedang dalam proses menjatuhkan denda pada Choi Hyun Wook," kata seorang staf dari Kantor Gangnam-gu di Seoul dilansir IntipSeleb dari Xsports News pada 12 Oktober 2023.

Pada akhirnya, Choi Hyun Wook mmebagikan permintaan maaf dengan tulisan tangan, dengan mengatakan jika ia akan akan merenungkan diri sendiri dan menunjukkan sisi yang lebih dewasa di masa depan.

Sementara itu berdasarkan Pasal 8 Ayat 1 Undang-Undang Pengelolaan Sampah, denda sebesar 50.000 won dikenakan jika seseorang terlihat membuang sampah yang dibawa, seperti puntung rokok atau tisu toilet.

Topik Terkait