img_title
Foto : Pinterest

Korea Selatan – Siapa sih yang tidak mengenal Super Junior? Boyband ini telah menghasilkan lagu-lagu hits dan digemari hingga kini. Penggemar KPop pemula pun pasti pernah mendengar tentang lagu Super Junior yang jadi mega hits pada masanya "Sorry, Sorry".

Tapi jika kamu adalah fans newbie dan bertanya-tanya mengapa ada begitu banyak orang yang terobsesi dengan Super Junior, artikel ini akan memperkenalkanmu pada salah satu alasan kecintaan penggemar KPop pada SUJU.

Grup KPop ini memulai debutnya pada tanggal 6 November 2005 silam. Formasi anggotanya saat ini terdiri dari sembilan orang, yaitu Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook dan Kyuhyun.

Secara keseluruhan, para member Super Junior bisa menyanyi, menari, memainkan alat musik, menulis dan memproduseri lagu, berakting, menjadi presenter, mengarahkan video musik dan panggung konser, dan masih banyak lagi.

Multitalenta itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa KPoper begitu menggilai idol grup yang satu ini. Nah, bagi kamu yang masih newbie, bersiaplah menjadi ELF (Ever Lasting Friends) dengan mulai mendengarkan rekomendasi playlist lagu Super Junior berikut ini.

15. Twins (Knock Out) – 2005

Lagu debut Super Junior ini sebenarnya merupakan remake dari lagu " Knock Out " milik grup pop-slash-rock Inggris Triple 8 tahun 2003. Remake ini menunjukkan apa yang pada akhirnya menjadi alasan bagi Super Junior bisa terkenal. Ya, koreografi yang apik dengan perubahan posisi yang sangat mulus.

14. No Other – 2010

Video musik untuk "No Other" telah melampaui 100 juta penayangan di YouTube, dan tidak diragukan lagi alasannya adalah lagu dance yang ceria ini menampilkan highlight solo dari masing-masing anggota yang menunjukkan sisi lucu dan menyenangkan mereka.

13. U – 2006

Perilisan lagu Super Junior berjudul U mengukuhkan status permanen mereka. Lagu ini juga merupakan single pertama Kyuhyun setelah debut sebagai anggota ketiga belas dan terakhir.

12. Bonamana – 2010

Lagu khas SJ Funky, Bonamana adalah lagu Super Junior tercepat yang mencapai nomor satu di tangga lagu, menduduki puncak Music Bank hanya dalam waktu seminggu. Fakta menariknya, selama promosi Bonamana terjadi ‘pertengkaran’ antara Leeteuk dan Heechul.

11. Lo Siento – 2018

Menjadi kolaborasi pertama boygrup ini dengan artis asing, single yang menampilkan Leslie Grace memiliki lirik dalam bahasa Korea, Inggris dan Spanyol. Lagu ini juga sangat menyenangkan untuk bernyanyi bersama.

10. It’s You – 2009

Juga dikenal oleh para penggemar sebagai “Norago”, vokal ad-lib yang berulang dan irama yang berat dan memukau hanya menambah daya ingat lagu tersebut. Lagu Super Junior ini juga merupakan rilisan terakhir yang menampilkan 13 anggota original Super Junior.

9. Mr. Simple – 2011

Mustahil rasanya jika kamu tidak mengenal bagian refrain dari lagu Mr. Simple. Lagu yang viral pada masanya ini membuat banyak penggemar turut mengikuti koreografi dari grup idola mereka itu.

Karena popularitasnya yang luar biasa, lagu ini memberi SUJU banyak kemenangan di acara musik. Di sisi lain, penggemar dan member Super Junior harus merelakan Heechul untuk wamil di tenga-tengah promosi.

8. Mamacita – 2014

Peluncuran pertama Super Junior ke dalam musik yang lebih terinspirasi dari bahasa Latin adalah kesuksesan besar untuk comeback mereka setelah jeda 2 tahun (Leeteuk dan Heechul baru saja menyelesaikan wajib militer). Super Junio bahkan memfilmkan versi drama dari video musik mereka.

7. Superman – 2011

Superman bukan hanya sebuah lagu, tapi juga anthem atau lagu kebangsaan. Lagu Super Junior ini mewakili kesulitan yang mereka alami, dan merupakan pesan bagi semua haters di luar sana bahwa SUJU akan tetap menjadi last men standing.

6. Devil – 2015

Dirilis untuk merayakan ulang tahun Super Junior yang ke-10, lagu ini adalah kombinasi sempurna antara pop upbeat dan vibe keren yang effortless. Devil akan lebih baik saat dibawakan secara live, karena para member mau tidak mau melakukan kesalahan selama bagian di mana mereka seharusnya meniru koreografi satu sama lain.

5. Evanesce – 2014

Lagu Super Junior ini jelas menjadi favorit penggemar. Evanesce menonjolkan kemampuan vokal SUJU yang luar biasa, dan dance solo Eunhyuk juga mencuri perhatian. ELF sejati tentu tidak akan lupa momen kesalahan lucu di atas panggung ketika para member lupa untuk mundur ke moving platform.

4. Marry U – 2009

Ini adalah lagu favorit para ELF untuk dinyanyikan bersama saat konser. Menampilkan lirik yang manis berisi pengakuan cinta dan lamaran, fans Super Junior menggunakan Marry U sebagai bagian dari fan project selama Super Show konser tour pertama dan itu sukses membuat beberapa member menangisi momen emosional tersebut.

3. Black Suit – 2017

Lagu Super Junior yang mendatangkan ELF baru yang tak terhitung ke dalam fandom, Black Suit adalah single utama untuk kembalinya SUJU tak lama setelah keluarnya Eunhyuk, Donghae, dan Siwon dari wamil.

Fakta menariknya, lagu ini hampir tidak terpilih sebagai title track album di salah satu episode SJ Returns, dan lagu Scene Stealer hanya kalah satu suara.

2. One More Chance – 2017

Sebuah lagu pra-rilis dari album studio Korea kedelapan mereka Play, "One More Chance" ditulis dan disusun oleh Donghae (dengan lirik rap yang ditulis oleh Eunhyuk). Pesan dari lagu Super Junior ini sangat menyentuh hati.

1. Sorry, Sorry – 2009

Lagu Super Junior yang paling ikonik dan salah satu lagu KPop paling terkenal yang pernah ada, hampir seperti ritual peralihan bagi grup idol muda untuk melakuakn dance cover “Sorry, Sorry” setidaknya sekali dalam karier mereka.

Jika kamu siap untuk memulai perjalanan sebagai ELF atau fans newbie Super Junior, kamu bisa mendengarkan rekomendasi 15 lagu Super Junior di atas.

Kabar baiknya, Super Junior akan menggelar konser tur di Asia dan Jakarta menjadi salah satu kota yang dikunjungi. Tidak sabar untuk konser Super Junior pada September 2024 mendatang? Yuk dengarkan dulu lagu-lagunya!

Topik Terkait