img_title
Foto : Pinterest

Korea SelatanSuper Junior merupakan boygrup KPop generasi kedua yang masih aktif di kancah industri musik Korea Selatan. Baru-baru ini, SUJU membawa kabar gembira bagi para ELF, lho.

Sebab, setelah merayakan debut anniversary ke-18, Super Junior kini bersiap untuk menggelar tur konser Asia bertajuk Super Show Spin-Off: Halftime. Konser Super Junior tersebut akan digelar salah satunya di Jakarta!

Meski telah berkarier di industri musik KPop selama hampir 2 dekade sejak tahun 2005, berbagai karya dan lagu Super Junior bisa dikatakan berhasil bertahan dalam lintasan waktu. Dari masa ke masa, lagu-lagu Super Junior masih familiar bagi pecinta KPop.

Bahkan, generasi muda yang baru mulai menggemari KPop pun akan mengenal lagu Sorry Sorry yang pernah hits dan viral pada masanya.

Boyband yang berada di bawah naungan SM Entertainment ini juga memiliki sederet fakta menarik yang sekalian akan mengajakmu bernostalgia.

Penasaran apa saja fakta menarik Super Junior? Yuk scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya berikut ini!

1. Boygrup KPop Generasi Kedua yang Menolak Padam

Pinterest
Foto : Pinterest

Super Junior atau SUJU menjadi salah satu boygrup generasi kedua yang populer hingga saat ini. Mereka debut pada tahun 2005 dengan single pertama bertajuk Twins (Knock Out). Boyband KPop ini kini beranggotakan 9 orang. Namun, member Super Junior sebenarnya memiliki 13 anggota.

Setelah sukses dengan single pertamanya, SUJU kemudian merilis single keduanya yang bisa dianggap sebagai terobosan di industri musik internasional. Lewat ingle kedua bertajk Miracle, SUJU sukses menarik perhatian fans dari berbagai negara. Begitu pun dengan single mereka U yang terjual habis dalam waktu 24 jam pasca dirilis.

Selanjutnya beberapa sub unit mulai terbentuk dengan lagu-lagunya yang cukup sukses. Seperti lewat album Sorry, Sorry, Bonamana, Mr. Simple yang membuat banyak orang terserang Korean Fever atau Hallyu Wave.

Berbagai penghargaan dan prestasi berhasil diraih SUJU dengan kesuksesan yang luar biasa. Saat itu, Super Junior bisa dikatakan sebagai boygrup terlaris di industri KPop.

Namun, seperti diketahui, member Super Junior memiliki kemampuan yang multitalenta. Tak hanya di bidang musik, mereka juga menguasai banyak bidang, seperti misalnya menjadi MC, model, penyiar radio dan aktor.

Tak heran jika hingga saat ini karier para member SUJU masih eksis di televisi. Sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat saat ini cukup banyak grup KPop generasi baru yang terbentuk dengan konsep dan musiknya yang unik. Namun Super Junior berhasil mempertahankan eksistensinya yang luar biasa di industri KPop.

2. Pelopor Sub Unit Grup KPop

SMTOWN/YouTube
Foto : SMTOWN/YouTube

Saat ini, sub unit grup Kpop sudah cukup familiar. Tapi, tahukah kamu kalau Super Junior bisa dibilang sebagai pionir sub unit grup KPop? Ya, sepanjang kariernya Super Junior telah membentuk beberapa sub unit yang masih terkenal hingga saat ini.

Di antaranya adalah Super Junior KRY yang beranggotakan Kyuhyun, Ryeowook, dan yesung yang dibentuk pada tahun 2006 dengan single The One I Love untuk OST drakor Hyena.

Berikutnya ada Super Junior T yang dibentuk pada tahun 2007, beranggotakan Heechul, Kangin, Sungmin, Leeteuk, hindong, dan Eunhyuk, dengan single mereka Rokuko.

Ada pula Super Junior M dengan konsep Mandarin Pop dibentuk pada tahun 2008 dan beranggotakan Han Geng, Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, serta Henry dan Zhou Mi yang juga meraih kesuksesan besar.

Selain itu, ada sub unit Super Junior H atau Super Junior Happy yang dibentuk bersama anggota Leeteuk, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin dan Eunhyuk melalui album Cooking? Cooking!. Dan Super Junior D&E yang terdiri dari Donghae dan Eunhyuk.

3. Menciptakan Hallyu Wave di Luar Korea Selatan

SMTOWN/YouTube
Foto : SMTOWN/YouTube

Istilah Hallyu Wave atau Koran Fever tentu saudha tidak asing lagi. Berbagai grup KPop dan drama Korea memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari visual para idol KPop yang menawan, karya yang menarik, hingga kisah drakor yang romantis.

Tak heran, Hallyu Wave memicu keinginan banyak orang untuk berkunjung di Korea Selatan dan bertemu dengan idolanya.

Terkait Hallyu Wave, Super Junior ternyata berperan besar. Boygrup ini bisa dibilang turut andil menyebarkan Korean Wave. Bahkan, SUJU pernah dianugerahi Ikon Budaya Pop Nasional Korea. Super Junior juga telah meraih berbagai penghargaan dari pemerintah Korea.

4. Boygrup Terlaris Pada Masanya

SMTOWN/YouTube
Foto : SMTOWN/YouTube

Fakta menarik Super Junior yang lain adalah bahwa mereka pernah menjadi boygrup terlaris pada masanya. Pada tahun 2009, album studio ketiga Super Junior, Sorry, Sorry sukses terjual dalam waktu yang sangat singkat setelah dirilis.

Album ini bahkan menduduki puncak tangga musik di berbagai negara antara lain, Thailand, Taiwan, China, dan Filipina. Album Bonamana juga tak kalah suksesnya dengan album sebelumnya.

Berbagai film, acara TV, dan tur menjadi kegiatan yang tidak boleh dilewatkan oleh Super Junior. Super Junior bahkan sukses menggelar tur keliling dunia, mulai dari Asia hingga mancanegara. Tur tersebut diberi nama Super Show yang mencapai tur ke-8 pada tahun 2020 sejak edisi pertamanya pada tahun 2008.

5. Boygrup Pertama yang Tampil di King Abdullah Sports City

SMTOWN/YouTube
Foto : SMTOWN/YouTube

Fakta menarik SUJU lainnya adala boyband ini menjadi grup pertama yang tampil di Arab Saudi. Di tahun 2019, Super Junior menggelar tur konser di Arab Saudi. Tur bertajuk Super Junior World Tour Super Show 7S ini digelar di King Abdullah Sports City.

SUJU disebut-sebut menjadi grup KPop pertama yang tampil di tempat tersebut. Para fans tentu bangga dengan pencapaian idolanya tersebut. Apalagi karya-karya Super Junior bisa dikatakan tidak pernah terkikis oleh zaman dan masih cukup menonjol hingga saat ini.

6. Memiliki Variety Show Sendiri

@TRANS7/Twitter
Foto : @TRANS7/Twitter

Memiliki member yang multitalenta, Super Junior kerap tampil di berbagai program dan acara televisi. Faktanya, Super Junior dulu memiliki program TV sendiri yang disebut SUPER JUNIOR’S SUPER TV.

Program tersebut tayang pada tahun 2018 mulai bulan Januari hingga Agustus. Show ini terbagi dalam beberapa musim dengan konsep yang sangat menarik.

Menariknya lagi, Super Junior juga mempunyai variety show baru bernama SJ Global Inc Variety Show ini tayang di kanal YouTube Super Junior. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa boygrup KPop generasi kedua ini tidak tergerus zaman.

7. Menjadi Duta di Beberapa Bidang

UNICEF Korea
Foto : UNICEF Korea

Fakta menarik Super Junior selanjutnya adalah bahwa boyband ini pernah ditunjuk sebagai Duta Pariwisara dan Makanan oleh pemerintah Korea. Pada tahun 2010, Super Junior ditunjuk sebagai Duta Pariwisata untuk Tauwan.

Selain itu, SUJU juga menjadi Duta Donor Darah Dunia, Dan Food Ambassador untuk Korea pada tahun 2011. Sementara itu, beberapa member Super Junior juga berhasil ditunjuk menjadi duta atau duta UNICEF (Choi Siwon), Komisi Anti Korupsi dan Hak Sipil Korea Selatan (Kyuhyun), dan bahkan Duta Militer Korea Selatan (Leeteuk).

8. Melokal Hingga Punya Nama Indonesia

haysiwon/tiktok
Foto : haysiwon/tiktok

Bagi para fans Super Junior atau ELF, khususnya di Indonesia tentu bangga. Sebab, SUJU menjadi boyband yang paling sering berkunjung ke Indonesia. Bahkan ELF Indonesia pun kerap diperhatikan langsung oleh para member SUJU.

Beberapa kali Super Junior terlihat sangat akrab dengan makanan dan bahasa Indonesia. Pantas saja Super Junior seperti boyband KPop yang sangat melokal.

Saking melokalnya, Choi Siwon bahkan sempat membuat geger media sosial karena kerap menggunakan caption berbahasa Indonesia. Bahkan, member Super Junior memiliki beberapa nama Indonesia yang diberikan oleh penggemarnya seperti Kadir (Leeteuk), Eko (Eunhyuk), Dimas (Donghae), Rangga (Yesung), Dewo (Shindong), Agung (Siwon), Krisna (Ryeowook) dan Hotman (Kyuhyun).

Selain itu, beberapa artis Indonesia bahkan menjalin hubungan pertemanan yang akrab dengan member Super Junior, seperti Raffi Ahmad yang cukup dekat dengan Choi Siwon.

Nah, itulah sederet fakta menarik Super Junior yang perlu kamu ketahui, terlebih menjelang konser Super Junior yang akan digelar di Asia termasuk di Indonesia pada September 2024 mendatang. (bbi)

Topik Terkait