img_title
Foto : Freepik.com

IntipSeleb Kuku yang sehat dan cerah tentu menjadi dambaan banyak orang. Kondisi kuku juga bisa menunjang penampilan seseorang agar lebih percaya diri.

Bentuknya yang kecil dan tidak terlalu membutuhkan perahatian khusus membuat kuku sering kali terlupakan untuk dirawat.

Ada deretan tips untuk merawat kuku yang ternyata sangat mudah diterapkan mulai dari sekarang. Apa saja ya kira-kira? Intip selengkapnya yuk melalui ulasan di bawah ini.

1. Hindari Menggunakan Kuku Untuk Membuka Sesuatu

freepik.com
Foto : freepik.com

Tanpa disadari kita sering kali membuka sesuatu menggunakan kuku, seperti contohnya membuka solatip hingga benda-benda keras lainnya. Cara ini harus dihentikan karena bisa melemahkan kuku.

2. Jangan Menggigit Kuku

freepik.com
Foto : freepik.com

Menggigit kuku tentu saja berbahaya bagi kesehatan tubuh karena kuman-kuman yang terdapat di dalam kuku bisa masuk ke mulut dan bisa menimbulkan penyakit.

Selain itu menggigit kuku dapat membuat kuku semakin pendek dan turut merusak bantalan kuku yang jika dibiarkan dapat menimbulkan luka infeksi.

3. Jangan Potong Kutikula

freepik.com
Foto : freepik.com

Kutikula merupakan lapisan kulit mati berwarna putih yang mengelilingi kuku. Jika sedang memotong kuku, tidak jarang kutikula ikut terpotong dan membuatnya rusak hingga menimbulkan infeksi.

Sebaiknya kutikula dirawat agar tetap lembab dengan mengoleskan krim dan minyak khusus, agar keberadaannya tidak mengganggu.

4. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia

freepik.com
Foto : freepik.com

Penggunaan cat kuku atau kulets memang bisa mempercantik penampilan kuku. Namun perlu dicatat jika hal tersebut tidak boleh terlalu sering dilakukan karena aseton atau cairan penghapus cat kuku bisa merusak lapisan atas kuku, dan hal tersebut menyebabkan kondisi kuku kian menipis.

5. Perhatikan Penggunaan Kuku Palsu

freepik.com
Foto : freepik.com

Menggunakan kuku palsu menjadi cara yang praktis untuk mempercantik kuku. Kendati begitu jika tidak merawatnya dengan tepat maka kondisi kuku akan kering dan rusak hingga tumbuh jamur.

Sebaiknya hindari penggunaan kuku palsu dalam jangka waktu yang lama agar kuku asli bisa bernapas secara langsung tanpa penghalang.

Itu tadi deretan tips untuk merawat kuku agar tetap sehat dan cerah. Semoga informasinya membantu ya.

Topik Terkait