img_title
Foto : Lifestyleasia

Korea Selatan – Setelah lebih dari satu dekade sukses di dunia hiburan dan kekayaannya terus meningkat, Kim Ji Won terus menjadi salah satu wajah atau ikon dalam industri hiburan Korea.

Karier Kim Ji Won ditentukan oleh beberapa judul drakor terbaik dan paling mendapat pujian kritis, di antaranya Fight for My Way (2017), Arthdal Chronicles (2019), Lovestruck in the City (2020), My Liberation Notes (2022) dan Queen of Tears (2024).

Berbicara tentang kecintaannya pada dunia akting, Kim Ji Won berkata dalam sebuah wawancara dengan Marie Claire Korea, “Menjadi seorang aktris memaksamu untuk memikirkan tentang emosi ekstrem yang biasanya tidak kamu temui dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana mengekspresikan emosi tersebut, dan menurut saya itu membuat hidup saya lebih berwarna.”

Dengan seluruh perjalanan dan pencapaian Kim Ji Won di industri hiburan Korea Selatan, ia tentu meraih pundi-pundi kekayaan yang luar biasa. Penasaran? Yuk intip total kekayaan Kim Ji Won berikut ini!

Total Kekayaan Kim Ji Won

Menurut beberapa sumber K-media, Kim Ji-won menikmati kekayaan bersih sekitar USD 5 juta, pada tahun 2024. Dengan ini, aktor tersebut mencatatkan kenaikan hampir USD 2 juta dari kekayaan bersihnya pada tahun 2020, yang mencapai USD 1 – 3 juta.

Meskipun sulit untuk menyebutkan angka pastinya pada tahun 2024, Kim secara luas dianggap sebagai salah satu aktor paling sukses di Korea Selatan. Dia sebagian besar memperoleh kekayaannya dari proyek aktingnya, iklan, kesepakatan merek mewah, dan pendapatan media sosial.

Filmografi dan penghasilan Kim Ji Won dari akting

tvN Drama
Foto : tvN Drama

Dari menjadi trainee idola hingga menjadi bintang K-drama, Kim Ji-won telah berkembang pesat. Baik itu film debutnya, Romantic Heaven yang hits tahun 2011, atau K-drama Netflix Queen of Tears tahun 2024, film dan acara TV Kim selalu menghibur para pecinta K-drama. Dengan sutradara Jang Jin membangun cerita menarik tentang takdir, cinta, kehilangan, dan penebusan, Romantic Heaven mengumpulkan lebih dari USD 488.024 di box office seluruh dunia, menurut Box Office Mojo. Film ini juga memenangkan Skenario Terbaik (Crystal Simorgh) di Festival Film Internasional Fajr (FIFF) ke-30 dalam kategori Kompetisi Sinema Internasional (Eastern Vista, Asian Cinema).

Sebagai seorang trainee idola yang bermimpi memasuki K-pop dengan nama panggung “JessicaK”, perjalanan hiburan Kim dimulai dengan video musik penyanyi Younha untuk “Gossip Boy” pada tahun 2008. Setelah itu, ia membuat penampilan singkat dalam drama Mrs. Saigon. Pada tahun 2010 Kim membintangi boy grup K-pop BigBang dan secara resmi memasuki dunia akting dengan iklan untuk Lollipop 2 milik LG Cyon.

Aktris Korea Selatan ini mendapatkan peran pertamanya dalam film Korea Selatan Romantic Heaven tahun 2011. Pada tahun yang sama, aktor yang sedang naik daun ini menjadi terkenal setelah penampilannya dalam sitkom High Kick: Revenge of the Short Legged. Sebuah komedi situasional yang berkisah tentang kehidupan keluarga Ahn yang disfungsional, serial ini memiliki rating 8,4 yang solid di IMDb.

Menyusul kesuksesan sitkom tersebut, Kim muncul dalam sejumlah peran pendukung dalam judul-judul hit seperti drama musikal What's Up (2011), drama remaja To the Beautiful You (2012) dan film horor Horror Stories (2012). Sementara To the Beautiful You mencatat rating pemirsa nasional akhir 7,9 yang mengesankan, Horror Stories menikmati pemutaran perdana khusus di Festival Film Fantastis Internasional Puchon 2012.

Pada tahun 2013, Kim mendapatkan film hit klasik The Heirs, yang dibintangi oleh drama Korea, Lee Min-ho. Acara TV tersebut langsung menjadi hit komersial dan ditonton lebih dari satu miliar kali di platform streaming Youku. Sementara itu, Kim, yang berperan sebagai pewaris manja dalam serial tersebut, memenangkan Penghargaan Bintang Baru di SBS Drama Awards ke-21.

Selama bertahun-tahun, bintang Korea Selatan ini telah menunjukkan kepandaiannya dalam berbagai K-drama seperti Gap-dong (2014), One Sunny Day (2015) dan Descendants of the Sun (2016). Untuk penampilannya sebagai ahli bedah Angkatan Darat Yoon Myung-ju dalam film Descendants of the Sun yang dibintangi Song Joong-ki, Kim memenangkan Penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di APAN Star Awards pada tahun 2016.

Pada tahun 2017, Kim mendapatkan acara TV terbaik dalam karirnya, Fight for My Way, bersama dengan Park Seo-joon yang populer. Perannya sebagai pegawai department store Choi Ae-ra membuatnya mendapatkan ketenaran yang luas dan dia menjadi salah satu aktor K-drama yang paling dicari di Korea Selatan. Drama keluarga ini juga menikmati rating akhir nasional sebesar 13,8 persen dan bahkan mendapatkan Kim the Excellence Award, Aktris dalam Miniseri di KBS Drama Awards ke-31. Penggambarannya sebagai Wol-young yang misterius dalam film thriller periode 2018 Detective K: Secret of the Living Dead mendapat banyak pujian dari para kritikus. Film ini mengumpulkan lebih dari USD 18,6 juta di box office. Menurut sumber, Kim Ji-won dilaporkan mendapat penghasilan antara USD 84.000 hingga USD 17.000 per episode untuk penampilan dramanya.

Popularitas Kim Ji-won semakin melambung dengan hits seperti Arthdal ​​Chronicles (2019), Lovestruck in the City (2020) dan My Liberation Notes (2022). Sutradara Park Shin-woo, Lovestruck in the City memulai debutnya di Netflix dan langsung menjadi salah satu acara teratas di platform streaming. Sementara itu, yang dibintangi oleh Lee Min-ki, My Liberation Notes berfokus pada tiga saudara kandung dan orang luar misterius yang mengunjungi kota mereka. Serial ini memulai debutnya di peringkat #5 dalam daftar 10 televisi non-Inggris Global Top Netflix selama minggu terakhirnya pada bulan Mei 2022. Kim juga mendapatkan nominasi Aktris Terbaik atas penampilannya di Baeksang Arts Awards pada tahun 2023.

Aktor Korea ini memerankan peran pewaris kaya dalam proyek terbarunya — K-drama romantis Netflix Queen of Tears. Dianggap sebagai 'rom-com yang wajib ditonton tahun ini', acara ini dibintangi oleh Kim Soo-hyun dan tetap menjadi salah satu K-drama dengan rating tertinggi pada tahun 2024. Langsung menjadi hit global, serial ini debut di #8 di Netflix 10 acara TV Teratas di seluruh dunia. Menurut raksasa streaming tersebut, acara tersebut telah ditonton selama lebih dari 3.300.000 jam dan telah mencatat sekitar 1.200.000 penayangan, per 13 Maret 2024.

Bayaran Endorsement Kim Ji Won

Selain K-drama dan film, Kim Ji-won telah tampil di berbagai iklan dan memimpin serangkaian dukungan merek, yang menambah kekayaan bersihnya. Ini termasuk pembuat jam tangan dan perhiasan mewah Swiss Piaget, rumah mode mewah Inggris Burberry, Maison Gucci mewah Italia, produsen sepatu dan pakaian atletik Jerman Adidas, merek tas tangan Ravenova, merek perawatan kesehatan Everibiome Relax, merek kecantikan Korea Mediheal, dan merek perawatan kulit Korea Dr. G.

Pekerjaannya di dunia fashion juga mencakup editorial untuk majalah populer seperti Cosmopolitan Korea, Marie Claire Korea, Y Magazine, The Big Issue, Trendmo Magazine, Cine 21, Singles, Arena Korea dan Harper's Bazaar Korea.

Dengan lebih dari 8,2 juta pengikut pada Maret 2024, Kim juga merupakan salah satu aktris Korea yang paling banyak diikuti di Instagram. Bintang Queen of Tears yang kerap membagikan postingan sponsor dan update kariernya di platform media sosial, dikabarkan mendapat penghasilan sekitar USD 10.000 hingga USD 100.000 per postingan di Instagram.

Nah, itulah sederet informasi terkait total kekayaan Kim Ji Won pemain drakor Queen of Tears, yang meliputi penghasilannya dari akting hingga honor endorsement-nya.

Topik Terkait