img_title
Foto : Lifestyleasia

Korea SelatanTaeyong NCT memulai perjalanan musiknya dengan impian menjadi besar di industri pop Korea Selatan. Saat ini, dia adalah pemimpin boyband KPop pemenang penghargaan NCT. Tak hanya itu, ia juga menjadi salah satu idol KPop terkaya di dunia.

Dari pertama kali digandeng oleh label SM Entertainment hingga akhirnya menjadi wajah KPop yang populer, member NCT ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Portofolionya di bidang musik sangat menonjol, termasuk di antaranya single hita ‘Swimming Pool’, ‘GTA1’, ‘Baby Don’t Like It’, ‘GTA2’, ‘Love del Luna’ dan ‘Blue’.

Penyanyi yang mendaftar militer pada bulan April 2024 ini mengungkapkan pemikirannya tentang hal yang sama dalam sebuah postingan Instagram dan berkata, “Melihat ke masa lalu, saya menyadari betapa saya telah tumbuh berkat kalian dan para anggota. Bersamamu, momennya cerah dan bersinar. Terima kasih telah memberiku hari-hari yang berkesan dan membahagiakan.”

Melihat kesuksesan Taeyong NCT, penasaran nggak seberapa kaya dan besarnya pendapatan yang ia peroleh dari kariernya di industri hiburan? Yuk langsung saja simak penjelasan detailnya berikut ini!

Total Kekayaan Taeyong NCT

taeoxo_nct/instagram
Foto : taeoxo_nct/instagram

Menurut laporan South China Morning Post, total kekayaan bersih Taeyong NCT mencapai THB 333 juta pada tahun 2022. Walaupun sulit untuk mengungkap angka pastinya pada tahun 2024, Taeyong memperoleh penghasilan yang cukup besar dari karier musiknya, kesepakatan dengan brand mewah, iklan dan platform media sosial.

1. Karier dan Penghasilan Taeyong NCT dari Musik

NCTsmtown/twitter
Foto : NCTsmtown/twitter

Pada tahun 2012 inilah Taeyong bergabung dengan salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment. Ia secara resmi diperkenalkan sebagai anggota tim trainee pra-debut, SM Rookies, pada bulan Desember 2013. Namun, baru pada tanggal 3 April 2016 rapper yang sedang naik daun ini menjadi anggota tetap grup idola K-pop NCT. dan sub-unit pertamanya, NCT U.

Pada tanggal 8 April di tahun yang sama, Taeyong melakukan debut resminya dengan single digital NCT U “The 7th Sense”. Belakangan terungkap bahwa penyanyi-rapper tersebut juga ikut ambil bagian dalam proses penulisan lagu single pertama grupnya.

Menyusul kesuksesan debut NCT U, Taeyong diumumkan sebagai anggota dan pemimpin sub-unit kedua NCT, NCT 127. Penyanyi ini melakukan debut NCT 127 pada 6 Juli 2016, dengan single grup “Fire Truck”. Pada tahun yang sama, mereka juga merilis extended play (EP) pertama mereka, NCT #127 yang dipengaruhi hip-hop dan EDM.

Album ini langsung sukses secara komersial dan menduduki puncak Tangga Album Gaon Korea Selatan pada minggu ketiga. Album ini akhirnya menjadi album terlaris ke-32 pada tahun 2016, dengan lebih dari 83.272 eksemplar fisik terjual. Album ini juga memberi grup ini entri pertama mereka di Billboard World Albums Chart di #2.

Kehebatan bermusik Taeyong terus melambung dan pada Januari 2017, bintang K-pop ini ikut menulis empat lagu di EP Limitless milik NCT 127. Sementara lagu “Baby Don't Like It” menandai dia sebagai komposer untuk pertama kalinya, lagu “Cherry Bomb” dari EP ketiga mereka dengan nama yang sama, dinobatkan sebagai salah satu lagu K-pop terbaik tahun ini. oleh Billboard. Sementara itu, EP tersebut terjual sekitar 127.642 kopi fisik, per Desember 2017.

Pada tahun 2018, Taeyong muncul di lima unit yang ditampilkan di album studio pertama NCT, NCT 2018 Empathy — sebuah proyek yang menyatukan semua sub-unitnya. Salah satu album terlaris di chart album akhir tahun Korea, NCT 2018 Empathy terjual sebanyak 330.335 kopi fisik setelah dirilis.

Kesuksesan Taeyong sebagai musisi serba bisa membuatnya terpilih menjadi salah satu anggota SuperM — supergrup K-pop yang dibuat oleh SM Entertainment dan label rekaman Amerika Capitol Records pada 8 Agustus 2019. Taeyong berkolaborasi dengan penyanyi Punch untuk K-drama hit OST “Love del Luna” dari film romantis fantasi yang dibintangi IU, Hotel Del Luna.

Pada bulan Maret 2020, Taeyong ikut menulis tiga lagu untuk album studio kedua NCT 127, Neo Zone. Juga terdiri dari versi yang dikemas ulang, Neo Zone: The Final Round, album ini menduduki puncak daftar Billboard 200 AS di #5, terjual total satu juta kopi di Korea Selatan. Pada bulan September tahun yang sama, NCT merilis proyek grup keduanya, NCT 2020: Resonance. Setelah ini, Taeyong diumumkan sebagai pemimpin grup secara keseluruhan.

Taeyong memulai karir solonya pada tahun 2021 dan pada bulan Maret, membuat akun solo SoundCloud dengan single demo yang ditulis sendiri “Dark Clouds”. Selama bertahun-tahun, anggota NCT ini telah menjadi bagian dari beberapa lagu hit. Ini termasuk “Swimming Pool”, “GTA1”, “GTA2”, “Blue” dan “Monroe,” yang menampilkan Baekhyun dari Exo, dan “Rose” yang menampilkan Seulgi dari Red Velvet.

Rapper asal Korea ini melakukan debut resminya sebagai artis solo pada Juni 2023, dengan mini album pertamanya Shalala. Album tujuh lagu, lirik Shalala semuanya ditulis bersama oleh Taeyong. Dengan hampir 503.952 eksemplar terjual, EP tersebut menjadi salah satu proyek tersukses dalam karier Taeyong.

Upaya terbarunya termasuk konser solo pertamanya, yang diadakan di Olympic Hall dan online melalui Weverse Concert, pada 24 Februari 2024. Taeyong juga merilis EP keduanya yang ditulis bersama sepenuhnya, Tap, pada 26 Februari 2024. EP ini sukses secara komersial dan berada di peringkat #1 di iTunes Top Albums Chart di 33 wilayah di seluruh dunia.

2. Penghasilan Taeyong NCT dari Brand Ambassador

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

Selain dari bidang musik, total kekayaan Taeyong NCT juga didapatkan dari pekerjaannya sebagai brand ambassador. Pekerjaan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap kekayaan bersihnya.

Kolaborasi merek grup idola K-pop tersebut antara lain POM – Sk Telecom, Lotte Duty Free, Coca Cola, Ivy Club, Design United, Masita Seaweed, Oeil Sunglasses, Astell & ASPR dan Elite. Taeyong juga memuji serangkaian dukungan solonya untuk merek-merek populer seperti Sk Telecom, Bulgari, dan Loewe.

Pada Juni 2023, Taeyong menjadi duta merek Loewe. Didirikan pada tahun 1846 di Madrid, Loewe telah menjadi bagian dari Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) sejak tahun 1996 dan dianggap sebagai rumah mode mewah tertua di perusahaan tersebut. Taeyong memastikan untuk menarik perhatian dengan kehadirannya di acara Pakaian Pria Musim Semi merek tersebut selama Paris Fashion Week pada tahun 2024.

Selain itu, pemotretan penyanyi ini juga mencakup majalah bergengsi seperti Arena, Elle, Elle Japan, dan tmrw.

Dengan lebih dari 11,7 juta pengikut pada April 2024, Taeyong juga menjadi salah satu idola K-pop yang paling banyak diikuti di Instagram. Dia dilaporkan menghasilkan sekitar THB 3,70,315 hingga THB 37,03,550 per postingan di platform media sosial. Rapper ini juga memiliki saluran YouTube TAEYONG, yang ia mulai pada tahun 2022.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap terkait total kekayaan Taeyong NCT yang menjadi sosok ikonik di industri KPop, mulai dari penghasilannya dari karier bermusik, hingga pekerjaannya sebagai brand ambassador.

Topik Terkait