img_title
Foto : Lifestyleasia

Korea Selatan – Menyoroti sisi gelap industri KPop, film dokumenter BBC Eye tahun 2024, Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group, menggali lebih dalam skandal seks dan narkoba tahun 2019 yang melibatkan idol KPop terkemuka, Seungri, mantan member boyband KPop BIGBANG.

Film dokumenter ini telah menarik perhatian luas dan ditonton lebih dari 1,6 juta kali di YouTube, hanya dua hari setelah dirilis pada 19 Mei 2024.

Dokumenter yang dibuat oleh tim investigasi pemenang penghargaan BBC World Service, BBC Eye, Burning Sun: Exposing the Secret K-Pop Chat Group menyatukan narasi orang pertama yang mengerikan dari Park Hyo Sil dan Kang Kyung Yoon, dua reporter Korea untuk menyelidiki dan mengungkap pelecehan seksual keji yang dilakukan oleh Seungri ex-BIGBANG dan teman-temannya, serta aktivitas yang terkait dengan klub malam VIP Burning Sun di Seol.

Jika kamu penasaran dengan seluk-beluk skandal Burning Sun yang kembali marak dibicarakan belakangan ini, yuk simak fakta soal Burning Sun berikut ini!

Fakta Soal Burning Sun

Lifestyleasia
Foto : Lifestyleasia

1. Awal mula skandal Burning Sun

Pada bulan September 2016, Park Hyo Sil, seorang reporter berita yang berbasis di Seoul, pertama kali mendapat informasi yang melibatkan penyanyi-penulis lagu populer band K-pop Drug Restaurant, Jung Joon Young. Sumber Park memberitahunya bahwa pacar Jung menuduhnya diam-diam merekamnya saat berhubungan seks, sebuah kejahatan yang disebut molka di Korea Selatan.

Setelah Park mempublikasikan cerita tersebut, tim manajemen Jung dengan cepat mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebut penyelidikan tersebut sebagai “insiden tidak penting yang dibesar-besarkan oleh pers.” Sementara itu, penggemar juga menyalahkan pacar Jung karena berbohong dan penyelidikan kasus ini tidak mendapat perhatian.

Pada tahun 2019, reporter Korea lainnya Kang Kyung Yoon memperoleh data forensik dari telepon Jung yang mengungkapkan bahwa Jung, mantan member BIGBANG Seungri dan Choi Jong Hoon dari band rock FT Island semuanya adalah bagian dari grup obrolan rahasia K-pop di KakaoTalk, wilayah Selatan.

Aplikasi pesan instan Korea, dan terlibat dalam pemberian obat-obatan terlarang dan pelecehan seksual terhadap wanita di sebuah klub malam terkemuka di Gangnam, Seoul. Para idola K-pop juga secara ilegal merekam para korban di Burning Sun dan membagikan rekaman tersebut satu sama lain melalui obrolan grup.

Sementara itu, klip dari film dokumenter BBC Eye tahun 2024 Burning Sun, memperlihatkan Seungri, salah satu direktur klub, meraih lengan seorang wanita dengan kasar dan tampak mengancamnya di salah satu pesta klub sambil berkata, “Diam! Diam, ikuti aku!”, sambil membual tentang menjadi idola K-pop terkenal dari BIGBANG.

Selain itu, reporter Kang juga menemukan percakapan yang meresahkan antara Jung, Seungri, dan Choi, yang merinci pemerkosaan beramai-ramai terhadap seorang wanita yang tidak sadarkan diri. Ketika salah satu pria dalam obrolan tersebut mengakui bahwa wanita tersebut terluka, “Kedengarannya seperti tengkoraknya retak,” Jung menjawab, “Benar-benar malam paling lucu sepanjang hidupku.”

Pengungkapan menjijikkan ini mengejutkan Kang tetapi yang paling mengecewakannya adalah mengambil pesan yang membuktikan bahwa idola KPop yang terlibat dalam skandal Burning Sun dan grup obrolan dilindungi oleh pejabat senior polisi, Yoon Gyu Geun.

Setelah itu, Kang menerbitkan ceritanya yang telah diselidiki secara menyeluruh dan pihak berwenang menangkap pelaku pertama, Jung Joon Young. Dengan demikian, lebih banyak korban perempuan yang angkat bicara dan mengajukan tuntutan terhadap dua bintang K-pop lainnya. Investigasi Badan Kepolisian Metropolitan Seoul juga membuktikan dugaan keterlibatan klub Burning Sun dalam prostitusi, perdagangan narkoba, dan korupsi polisi. Akibatnya, klub ditutup pada 17 Februari 2019.

2. Apa yang terjadi pada Seungri BIGBANG dan terpidana idol KPop lainnya?

Jung mengundurkan diri dari industri hiburan pada 12 Maret 2019 dan dijatuhi hukuman lima tahun penjara karena pemerkosaan berkelompok dan molka.

Choi mengundurkan diri dari jabatannya pada 14 Maret 2019 dan menjalani hukuman dua setengah tahun penjara karena perannya dalam pemerkosaan berkelompok.

Seungri mengundurkan diri dari industri hiburan Korea pada 11 Maret 2019. Ia didakwa melakukan suap seksual, perjudian, mediasi dan pembelian prostitusi, pelanggaran Undang-Undang Kejahatan Ekonomi Tertentu, penggelapan, berbagi foto terlarang, penggelapan, molka dan kekerasan. Dia divonis 18 bulan dan denda di tingkat banding.

Pejabat polisi senior Yoon ditangkap karena suap dan menjadi perantara bantuan untuk klub Burning Sun. Dan seluruh pelaku kini telah dibebaskan.

3. Apa yang terjadi dengan kedua jurnalis yang menyelidiki Burning Sun?

Sementara keadilan ditegakkan, jurnalis Korea Selatan Park dan Jung menjadi subyek troll kejam dan ancaman pembunuhan yang diprakarsai oleh para penggemar idola Kpop yang dihukum, menyusul skandal Burning Sun.

Mengingat hari-hari yang mengerikan, Park mengungkapkan dalam film dokumenter BBC Eye, “Mereka mengirimi saya ancaman pembunuhan. Suami saya sangat khawatir dan menyuruh saya untuk tidak pergi ke kantor, tidak meninggalkan rumah karena kelihatannya sangat berbahaya.”

Membahas bagaimana anaknya yang belum lahir harus menanggung beban stres yang paling berat pada saat itu, Park berkata, “Saya sedang hamil dan saya sangat terkejut. Saya sangat hancur secara mental sehingga keluar rumah pun sulit. Setelah itu, saya mengalami dua kali keguguran dan sekarang saya tidak memiliki anak.”

Meskipun Kang adalah seorang ibu dari seorang putri cantik saat ini, dia mengungkapkan di Burning Sun bahwa dia hamil selama skandal tersebut dan “ini adalah pertama kalinya dalam hampir lima tahun pernikahan saya berhasil hamil, jadi saya sangat takut, kalau-kalau terjadi sesuatu pada bayinya. Hatiku sangat kesepian dan lelah.”

Kang menambahkan bahwa ada juga kampanye pelecehan terhadap dirinya yang berlangsung selama tiga tahun dan beberapa komentar “paling mengejutkan” ditujukan kepada anaknya. Namun, “Saya tidak menyesal”, dia menyimpulkan.

4. Di mana nonton film dokumenter skandal Burning Sun?

Film dokumenter Burning Sun tersedia dan bisa ditonton secara internasional di saluran YouTube BBC World Service di sini. Dokumenter skandal K-pop tersebut juga tersedia untuk ditonton dalam bahasa Korea di saluran YouTube Korea BBC News di sini.

Topik Terkait