img_title
Foto : Berbagai sumber

Korea SelatanAksi boikot Israel hingga saat ini masih terus berlangsung. Tak hanya pada produk saja, beberapa artis yang memakai atau mengiklankan produk Israel atau tidak speak up soal genosida di Israel juga menjadi sasaran boikot.

Bahkan, agensi besar industri KPop hingga Idol KPop pun turut menjadi sasaran boikot karena terlibat dalam mempromosikan produk yang berafiliasi dengan Israel.

Di awal tahun 2024, penggemar KPop mulai ramai menyerukan tagar #StrikeAgaintsThe4 di platform media sosial, yang artinya tidak membeli merchandise dan streaming dari empat agensi besar Korea, yakni SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan HYBE.

Seruan tagar tersebut menjadi bentuk protes para penggemar sekaligus bentuk solidaritas, serta dukungan untuk Palestina di tengah serangan yang hingga saat ini masih terus bergulir.

Brand-brand yang saat ini diboikot karena berafiliasi dengan Israel antara lain ada Starbucks, McDonald’s, Hewlett Packard, Burger King, Disney, dan masih banyak lagi.

Karena banyak artis yang masih menggunakan bahkan mengiklankan sederet produk di atas, para penggemar KPop pun menyerukan pertanggungjawaban perusahaan dan idol/ artis yang terlibat karena telah mendukung, mengambil keuntungan dan mempromosikan atau bekerja sama dengan brand yang diboikot.

Lantas, siapa sajakah artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel? Yuk simak daftar selengkapnya berikut ini!

Choi Siwon

Starnews
Foto : Starnews

Choi Siwon merupakan salah satu member grup KPop di bawah naungan SM Entertainmet yang menjadi artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel. Hal ini dapat dilihat dari unggahan Instagramnya yang tampak sedang mengunggah foto minuman dengan logo Starbucks. Padahal, Starbucks merupakan salah satu produk yang diboikot.

Lee Jaehyun The Boyz

Sama halnya dengan Siwon, Lee Jaehyun member grup KPop The Boyz juga menampilkan unggahan dengan di media sosialnya dengan minuman berlogo Starbucks. Padahal Starbucks merupakan salah satu produk yang diboikot karena berafiliasi dengan Israel. Sejak saat itu, Lee Jaehyun menjadi salah satu artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel.

Geul dan Wonyoung IVE

Dispatch
Foto : Dispatch

Masih dengan kasus yang sama dengan Siwon dan Lee Jaehyun, Geul dan Wonyoung IVE juga merupakan artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel. Hal tersebut terlihat dari unggahan mereka saat memperlihatkan minuman dari brand Starbucks.

Jeon Somi

Instagram.com/somaomi0309
Foto : Instagram.com/somaomi0309

Masih berhubungan dengan produk minuman Starbucks, Jeon Somi dalam salah satu video makeup di media sosial Instagramnya sempat menampilkan tumbler dengan logo brand yang terafiliasi dengan Israel tersebut.

Jisoo Blackpink

Instagram @sooyaa__
Foto : Instagram @sooyaa__

Member grup KPop Blackpink, Jisoo juga diduga telah terlibat dengan aksi boikot karena kedapatan memperlihatkan dirinya tengah memegang minuman Starbucks asal Amerika Serikat tersebut.

AESPA

aespa_official/twitter
Foto : aespa_official/twitter

Salah satu artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel adalah para member AESPA. Pasalnya, AESPA dalam salah satu acara fanmeeting diketahui memajang minuman dengan logo Starbucks.

Bahiyyih dan Yujin Kep1er

Kpopping
Foto : Kpopping

Dua member girlband Kep1er, Bahiyyih dan Yujin terlihat berpose memegang segelas kopi Starbucks di hadapan kamera saat sedang berada di bandara. Hal ini lantas menjadi sorotan publik.

Doyoung NCT

NCTsmtown/twitter
Foto : NCTsmtown/twitter

Salah satu artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel selanjutnya adalah Doyoung NCT. Ia diketahui menjadi model dalam kampanye produk McDonalds. Ia terlihat mengunggah Instagram story dengan logo McDonald’s.

Akibat hal tersebut, warganet pun menyerukan SM Entertainment, agensi yang menaungi NCT untuk menghentikan kerja sama dengan brand burger dan ayam goreng asal Amerika Serikat tersebut.

BTS

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Sama halnya dengan Doyoung, BTS juga pernah berkolaborasi dengan brand McD untuk mempromosikan produk McDonald’s sekitar tiga tahun yang lalu dengan custom kemasan berlogo BTS.

New Jeans

NewJeans_ADOR/twitter
Foto : NewJeans_ADOR/twitter

Masih sama dengan kasus yang dialami BTS, grup KPop di bawah naungan HYBE label, New Jeans juga turut berkolaborasi dengan McDonald’s dengan memasang foto serta logo untuk dicustom pada kemasan makanan dan minuman.

Nah, demikianlah sederet artis KPop yang diboikot karena pakai produk Israel, baik itu sebagai pengguna, pengiklan, atau bahkan berkolaborasi langsung dengan brand tersebut.

Topik Terkait