img_title
Foto : Lifestyleasia

Korea SelatanDrakor thriller Hierarchy baru saja dirilis di Netflix dan meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab. Penuh dengan serangkaian alur cerita dan cliffhangers, series tujuh episode ini dimulai dengan pembunuhan yang mengerikan dan diakhiri dengan protes para penggemar yang tidak menangkap endingnya.

Ditulis oleh penulis naskah terkenal About Time Chu Hye-mi dan dipimpin oleh sutradara legendaris Bae Hyun-jin, yang terkenal dengan hits seperti Alchemy of Souls dan Big Mouth, Hierarchy berpotensi menjadi salah satu K-drama dengan rating tertinggi di tahun 2024.

Drama ini mengikuti daya tarik drama sekolah thriller dan berfokus pada rahasia gelap yang tersembunyi di dalam tembok SMA elit Jooshin di Korea Selatan.

Penasaran ingin tahu siapa yang melakukan kejahatan besar tersebut dan apa yang terjadi pada remaja SMA Jooshin pada akhirnya? Yuk simak lebih lanjut penjelasan ending Hierarchy berikut ini!

Penjelasan Ending Hierarchy

1. Siapa yang Membunuh Kang In Han?

K-drama bulan Juni 2024 dibuka dengan seorang siswa berlari menyeberang jalan sambil berteriak, “Kalian semua gila! Saya akan membeberkan semuanya,” ketika dia ditabrak mobil dan dibiarkan mati.

Adegan kemudian beralih ke SMA elite Jooshin dan pasangan “itu” di sekolah, Jae-i (diperankan oleh Roh Jeong-eui) dan Ri-an (diperankan oleh Kim Jae-won), di mana Ri-an melakukan hubungan tiga-dan-a. Pertandingan balap -setengah menit menentukan masa depan hubungan mereka. Saat Jae-i memenangkan perlombaan dan putus dengan Ri-an, Ri-an tidak dapat menerima kebenaran dan memutuskan untuk memenangkannya kembali dengan cara apa pun.

Di tengah suasana tegang tersebut, masuklah Kang Ha (diperankan oleh Lee Chae-min), anak beasiswa biasa yang tersenyum pada semua orang namun sebenarnya memiliki misi untuk mengungkap kebenaran di balik pembunuhan saudaranya Kang In-han. Daftar tersangkanya mencakup siswa Jooshin yang paling kaya dan terkaya, Jae-i, Ri-an, He-ra (diperankan oleh Ji Hye-won), dan Woo-jin (diperankan oleh Lee Won-jung).

Sementara itu, kilas balik memberikan pemirsa wawasan tentang apa yang terjadi beberapa bulan sebelumnya, ketika In-han juga menjadi siswa penerima beasiswa di sekolah tersebut. Sebelum dia dibunuh pada malam pesta, In-han adalah korban intimidasi brutal di Jooshin. Dia juga cukup dekat dengan ratu sekolah, Jae-i. Ketika Kang Ha mengetahui hal yang sama, dia memutuskan untuk menggunakan Jae-i untuk mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan saudaranya dan mulai membangun ikatan intim dengannya.

Namun, dalam beberapa episode berikutnya, Kang Ha akhirnya jatuh cinta pada Jae-i dan berterus terang tentang alasan sebenarnya dia diterima di Jooshin. Tidak dapat menyimpan rahasia lagi, Jae-i mengaku bahwa dia mungkin menjadi alasan di balik kematian In-han.

Dia menjelaskan bagaimana dia tumbuh dengan ayah yang kejam dan haus kekuasaan, dan tidak ada seorang pun selain Ri-an yang layak dilindungi dalam hidupnya. Kang Ha mengetahui bahwa Jae-i mengandung anak Ri-an dan In-han, teman terdekatnya, berusaha membantunya merahasiakannya. Namun, Jae-i tidak hanya mengalami keguguran di kemudian hari tetapi juga mengetahui bahwa In-han telah tiada.

Karena patah hati, dia putus dengan Ri-an, percaya bahwa cinta mereka membawa tragedi bagi orang-orang terdekat mereka. Jae-i lebih lanjut memberi tahu Kang Ha bahwa meskipun dia tidak yakin siapa yang membunuh In-han, dia menyesali kenyataan bahwa dia berperan dalam menjadikan dia target di Jooshin.

Kemudian, di akhir cerita yang menyayat hati, Kang Ha mengungkap bahwa Ji-soo (diperankan oleh Lee Jin-hong), salah satu guru di Akademi Jooshin, yang membunuh saudaranya.

Sepanjang tujuh episode K-drama thriller Hierarchy, pemirsa menemukan Ji-soo tidur dengan Woo-jin. Pada malam pembunuhan, In-han yang memar melarikan diri dari para pengganggu di pesta sekolah dan menemukan Ji-soo dan Woo-jin bermesraan di lorong. Untuk menyelamatkan pekerjaannya, Ji-soo mengejarnya dengan mobil keluarga Woo-jin dan dia menabraknya. Dia kemudian mengambil ponsel dan pena kamera In-han yang merekam sepanjang malam dan membiarkannya mati.

Woo-jin kemudian menemukan pena kamera dan telepon dan, diliputi rasa bersalah, menyerahkannya kepada Jae-i. Yang terakhir segera memberikan bukti kepada Kang Ha, yang menyerahkannya kepada polisi. Tak lama kemudian, Ji-soo dan para siswa yang memukuli In-han pada malam kematiannya, ditangkap.

Di Mana Jae I Menghilang?

Selama tujuh episode K-drama Hierarchy, Kang Ha, Kim Ri-an, dan Jeong Jae-i terlibat dalam cinta segitiga yang memilukan dan akhirnya berpisah.

Jae-i, dalam konfrontasi terakhir dengan ayahnya, mengatakan kepadanya bahwa dia selalu takut diusir dan ditinggalkan olehnya, sama seperti ibunya. Dia kemudian meninggalkannya karena pilihan untuk memulai hidup baru. Dia pergi dan mencapai sebuah rumah di tepi laut. Di bingkai akhir Hierarchy, pemirsa melihat Jae-i bertemu ibunya.

Apa yang terjadi pada Jooshin pada akhirnya? Akankah ada Season 2?

Pada episode terakhir K-drama Hierarchy, Kang Ha mendobrak hierarki yang ada di Jooshin dan mendesak para siswa penerima beasiswa untuk bersuara melawan penindasan. Dia juga mengungkap korupsi institusional di Jooshin yang melampaui sekolah dan memungkinkan orang tua yang berkuasa memperlakukan hubungan remaja sebagai perpanjangan dari kesepakatan bisnis mereka.

Kemudian, setelah Jae-i tinggal bersama ibunya, adegan pasca-kredit membawa pemirsa kembali ke sekolah, mengisyaratkan kemungkinan musim kedua Hierarchy.

Saat kredit bergulir, He-ra menemukan mayat tenggelam dalam darah di Jooshin. Sementara itu, Kang Ha berjalan menyusuri koridor dengan tampilan yang berbeda dan mengirim pesan kepada seseorang. Adegan kemudian beralih ke Ri-an, yang berdiri di depan mayat bersama He-ra dan teman-teman sekelasnya. Dia menerima pesan yang berbunyi, “Kamu terlihat sedikit khawatir”. Kredit ditutup saat dia mendobrak dinding keempat dan langsung ke kamera.

Demikianlah sederet penjelasan ending Hierarchy yang semoga menjawab pertanyaan-pertanyaanmu tentang drakor ini.

Topik Terkait