• Betrand Peto

IntipSeleb – Nama Betrand Peto semakin disorot publik sejak tinggal satu atap dengan Ruben Onsu. Kini, Betrand sudah resmi menjadi anak angkat Ruben Onsu dan Sarwendah setelah menjalankan prosesi adat Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk adopsi. 

Pertemuannya dengan Betrand berawal dari salah satu acara yang dipandunya, Ruben semakin memikirkan anak asal NTT itu. Tanpa berpikir panjang, akhirnya suami Sarwendah langsung mengangkatnya sebagai anak karena memiliki kedekatan yang spesial.

Seperti anak kandung, Betrand diberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuannya dalam tarik suara. Ruben juga memberikan pelayanan terbaik sebagai orang tua, termasuk pendidikan Betrand, hingga menyebut putra sulungnya sebagai Betrand Peto Putra Onsu.

Keluarga Ruben diterima arwah leluhur

Prosesi adopsi anak menggunakan adat NTT dilakukan selama beberapa hari. Satu hari sebelum kedatangan Onsu Family, keluarga besar Betrand Peto di Manggarai, NTT sudah melakukan upacara adat untuk para leluhur. Upacara ini dilakukan untuk memanggil para leluhur dari keluarga besar Peto agar para arwah tidak merasa kaget dengan datangnya Onsu Family dengan tim.

Selain itu, Ferdinandus Peto, ayah kandung Betrand juga menyampaikan bahwa upacara adat tersebut diselenggarakan agar roh orang meninggal mengenal siapa yang akan datang. Melalui kanal YouTube Mop Channel, prosesi tersebut dikemas menjadi sebuah video yang menarik perhatian publik. Video berjudul Kehadiran Ruben Onsu dan Sarwendah Sudah Diterima Arwah Leluhur Peto – Cuap Cuap Pagi sudah mendapat 1 juta viewers. 

"Untuk menyambut kedatangan Bapak Ruben Onsu dan istri dan juga anak dan tim dari Jakarta, supaya nanti roh orang meninggal tidak bertanya-tanya lagi, siapa yang datang dari Jakarta, sehingga seluruh keluarga besar keturunan Peto ikut menyambut," terangnya.

Melihat dari prosesi adat yang telah dilakukan, Ferdinandus Peto menyimpulkan bahwa para arwah leluhur telah menerima Ruben Onsu dengan suka cita.

Disambut ramai oleh warga lokal

Betrand Peto
Sumber: Instagram/@ruben_onsu

Melalui Instagram pribadi @ruben_onsu ia membagi momen prosesi adat pengangkatan Betrand secara sah sebagai putra sulungnya. Terlihat sebuah potret warga lokal mengenakan pakaian adat setempat menyambut dengan hangat kedatangan keluarga Onsu dengan tim. Ruben juga kagem dengan penyambutan ratusan bahkan ribuan warga lokal atas kedatangannya.

Dan di foto ini tibalah kami di kota kelahiran putra kami @betrandpetoputraonsu Pinggong - Cancar
Entah ratusan apa ribuan orang jumlah nya yg menyambut kami menuju rumah opa oma, kagum dan hormat saya sekeluarga untuj semua warga yg sudah menyambut kedatangan kami sekeluarga dan Tim @mopchannel kemarin,” 
tulis Ruben Onsu.

Betrand menangis haru

Betrand Peto
Sumber: Instagram/@ruben_onsu

Saat tiba di depan rumah, prosesi diawali dengan Betrand menunjukkan tempat tinggalnya selama beberapa tahun sebelum menjadi anak angkat Ruben. Kemudian, sambil menangis haru Betrand disambut haru oleh kakak, adik, dan orang tuanya dengan pelukan hangat. Mereka menuju satu ruangan pribadi dimana hanya boleh keluarganya yang masuk sebagai bagian dari adat NTT. 

Setelah selesai, Betrand dikenakan sehelai kain oleh sang ayah sebagai bentuk ikatan kekeluargaan bahwa roh Betrand tetap selalu ada untuk keluarga Peto. Bahwa ia masih tetap anak kandung orang tuanya yang telah melahirkan Betrand dan akan dibesarkan dan dididik oleh keluarga Onsu. Prosesi tersebut diakhiri dengan Betrand digendong oleh ayah kandungnya dan diserahkan kepada Onsu Family.

Sementara Betrand berada di ruangan, prosesi adat di luar tetap berlangsung untuk mengenakan kain kepada orang tua angkat yang akan membesarkan Betrand. 

Perpisahan dengan sekolah

Betrand Peto
Sumber: Instagram/@ruben_onsu

Prosesi perpisahan juga dilakukan di sekolah Betrand, mereka disambut dengan pemberian tuak curu yang berarti sapaan adat sebagai ucapan selamat datang untuk keluarga Onsu. Ruben membagi momen tersebut dengan mengucapkan terima kasih dan menyatakan selamanya Betrand tidak akan lupa dengan sekolah yang pernah menjadi bagian dalam perjalanan kariernya tersebut.

Dan ini kami sedang berada di sekolah awal kakak, dimana kedatangan kami ingin kakak berpamitan dgn teman2 sekolah, Guru dan Kepala sekolah SMPN 1 RUTENG CANCAR yg sudah mendukung karir putra kami selama ini, sampai kapanpun kakak tidak akan pernah lupa dgn sekolah yg pernah menjadi bagian dlm perjalanan karir nya. Saat awal kedatangan kami sudah di sambut dgn pemberian tuak curu artinya sapaan secara adat sebagai ucapan slmat datang untuk kami sekelurga. Terima kasih untuk keluarga besar sekolah Smpn 1 Ruteng Cancar atas sambutan nya yg istimewa untuk kami,” tulis Ruben Onsu.