• Kaesang dan pacar, Felicia

IntipSeleb – Rabu, 9 Oktober 2019 akhirnya Kaesang Pangarep secara resmi mendapatkan gelar sarjana dari Singapore University of Social Science (SUSS). Putra bungsu Presiden Jokowi itu telah selesai menempuh pendidikan di Kota Singa selama enam tahun.

Menjelang wisuda, cowok 24 tahun ini mengunggah suasana ruang wisuda lewat akun Twitter @kaesangp pada Rabu, 9 Oktober 2019, dengan keterangan foto “Akhirnya”. Foto tersebut menunjukkan sejumlah mahasiswa dengan pakaian khas wisudawan, toga lengkap dengan topinya sedang duduk rapih menghadiri wisuda. 

Dihadiri Presiden RI

Yaialah didatangi Joko Widodo, sebagai orangtuanya Kaesang. Berdasarkan laporan Vivanews.com, Jokowi menghadiri wisuda Kesang yang dimulai pada pukul 09.30 waktu setempat. Menurut agenda  Biro Kepresidenan, Jokowi dijadwalkan langsung pulang saat itu juga setelah acara wisuda selesai.

J​​okowi yang menghadiri upacara wisudaan Kaesang disambut riuh oleh media dan publik. Presiden Halimah Yacob dan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung juga ada hadir dalam acara wisuda tersebut.

Satu hari sebelumnya, Jokowi sudah berada di Singapura untuk bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Beliau mengadakan pertemuan dalam Annual Leaders Meeting di The Istana, Singapura pada Selasa, 8 Oktober 2019 dilansir dari Viva.co.id

Selamat kepada diri sendiri

Seperti diketahui, Kaesang lebih aktif di Twitter yang sudah terverifikasi daripada Instagram. Melalui akun Twitter, Kaesang membagikan sebuah potret dirinya dalam gambar vektor bernuansa kuning.

Dalam foto tersebut tertuliskan “Saya Kaesang Pangarep, Saya Mengucapkan Selamat Wisuda Kepada Diri Saya Sendiri”. Unggahan tersebut mendapat banyak respons lucu dari warganet, mulai dari membandingkan dengan Jan Ethes, ucapan selamat dari netizen, hingga sebuah foto kolase Kaesang dengan Manik Marganamahendra, ketua BEM UI. Ada-ada saja ya

Sepatu mahal ​Kaesang

Kaesang
Sumber: Instagram/@ykhendrawan

Selain kedua orang tuanya yang hadir, seorang YouTuber ternama Kevin Henrawan juga datang ke acara wisuda cowok kelahiran 1994 itu. Melalui akun instagram @ykhendrawan ia mengunggah tiga foto dalam satu postingan, dua foto bersama dengan kekasih Kaesang, Falicia dan satu foto terakhir potret dirinya dengan Kaesang.

“Congrats @kaesangp & @feliciatissue, mudah-mudahan Berguna Bagi Nusa dan Bangsa,” tulis Kevin.

Bukannya komentar soal wisudaan Kaesang, warganet justru salah fokus pada sepatu Gucci buatan Italia warna hitam yang dikenakan Kaesang dalam acara wisuda tersebut.

Mas kaesang, aku mau Gucci nya,” tulis salah satu netter.

Selain itu, masih dalam bahasan sepatu, netizen lain menyindir Kaesang menggunakan produk buatan luar negeri. Pasalnya, Jokowi telah menkankan produk lokal akan sulit berkembang jika masyarakatnya tidak mulai mencintai dan mendukung keberadaan produknya.

"Hmmm sepatunya, padahal kata babenya. Ah sudahlah. terakhir Jokowi menekankan produk lokal akan sulit berkembang jika masyarakatnya tidak mulai mencintai dan mendukung keberadaan mereka, lupa ngomelin anaknya sendiri si bapak ini" tulis lainnya.

Sepatu Gucci yang dikenakan Kaesang mirip dengan Gucci Jordan dilihat dari situs gucci.co. Sepatu kulit itu sengaja dirancang khusus untuk pemilik jari kaki panjang dengan detail Horsebit. Untuk harganya sendiri, sepatu ini dibandrol sebesar US$730 setara dengan Rp 10,34 juta. 

Diwisuda Bareng Pacar

Kaesang dan pacar, Felicia
Lewat foto yang diunggah sahabatnya di Instagram, Kevin Hendrawan, diketahui Kaesang dan Felicia diwisuda secara bersamaan. Kaesang memang mulai berpacaran dengan Felicia sejak sama-sama menempuh pendidikan di SUSS. Sejak 2016, Kaesang tidak sungkan mengunggah foto-foto kebersamaannya dengan pacar di media sosial.  Kira-kira setelah lulus apa rencana mereka ya? Langsung menikah?

Wisudawan lain tidak tahu Kaesang anak Presiden

Kaesang Pangarep

Dilansir dari The Straits Times, Kaesang merupakan salah satu mahasiswa yang terkenal pendiam. Maka tak heran jika mahasiswa lain tidak mengetahui latar belakang anak bungsu Presiden Indonesia, Joko Widodo ini.

Para wisudawan baru mengetahui kabar tersebut setelah salah satu mahasiswa melihat berita beberapa waktu lalu. Dalam berita tersebut disebutkan bahwa “Putra Presiden Indonesia sedang belajar di SUSS”.

Sejak kabar tersebut, semua mata tertuju pada Kaesang Pangarep ketika identitasnya sebagai putra bungsu Presiden Indonesia dikonfirmasi pada upacara pembukaan wisuda SUSS, Rabu 9 Oktober 2019. Kalau kamu sekolah bareng anak Presiden mau ngapain nih,?